5 Keuntungan Berkarir di Organisasi Non-Profit

Banyak milenial yang ingin melakukan sesuatu yang berbeda dan dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Salah satu cara untuk melakukan perubahan adalah dengan memilih karir di organisasi non-profit. Pasalnya banyak keuntungan yang dapat diambil dengan bekerja di organisi non-profit. Terlepas dari keuntungan secara material, berikut adalah keuntungan berkarir di sektor non-profit:

1.     Atmosfir dan budaya kerja yang berbeda

5 Keuntungan Berkarir di Organisasi Non-Profit
via pixabay.com

Organisasi non-profit memiliki atmosfir dan budaya kerja yang berbeda-beda, seperti halnya organisasi profit. Namun biasanya atmosfir dan budaya kerja di organisasi non-profit cenderung terbuka, dinamis dan bersifat kekeluargaan. Setiap orang yang bekerja di bidang ini memiliki passion yang kuat untuk menjalankan misi yang ada dan berbuat sesuatu untuk masyarakat.

Biasanya organisasi non profit internasional memiliki karyawan dengan latas belakang, ras, etnis, negara bahkan pandangan politik yang berbeda namun bekerja untuk membuat perubahan di masyarakat untuk menjadi lebih baik.

 

2.     Kaya akan pengalaman

5 Keuntungan Berkarir di Organisasi Non-Profit
via pixabay.com

Organisasi non profit biasanya tidak mempunyai banyak staff seperti halnya di sebuah perusahaan. Oleh karena itu organisasi ini memberikan wewenang yang cukup pada karyawan dalam melakukan pekerjaannya dan mempunyai banyak kesempatan untuk belajar banyak hal.

Seperti contoh karyawan dilibatkan untuk ikut menyumbangkan ide atau pendapat dalam hal pembuatan keputusan. Bekerja di organisasi ini akan membuat karyawan kaya akan pengalaman dalam melakukan banyak hal selain posisinya.

 

3.     Menambah banyak ilmu dan kemampuan

5 Keuntungan Berkarir di Organisasi Non-Profit
via pixabay.com

Bekerja di organisasi ini adalah peluang besar untuk belajar banyak hal. Siapapun bisa melamar bekerja sebagai relawan atau pekerja di bidang ini. Tentunya hal ini akan menantang bagi siapa saja untuk menambah ilmu dan kemampuan baru. Dengan latar belakang yang berbeda, karyawan dapat belajar hal lain yang bukan bidang studinya.

Seperti membuat rencana, strategi dan proposal untuk menjalankan sebuah projek dimana harus bekerjasama dengan anggota tim lainnya. Hal ini selain akan membantu karyawan untuk membangun kompetensi dan kredibilitas, kamu akan memiliki berbagai keahlian yang dapat mempermudah karirmu selanjutnya.

 

4.     Membuat banyak networking

5 Keuntungan Berkarir di Organisasi Non-Profit
via pixabay.com

Budaya kerja di organisasi profit dapat memberikan kamu akses untuk bertemu dengan banyak orang. Tidak hanya level bawah saja, namun juga kesempatan bertemu dan menjalin komunikasi dan atau kerjasama dengan orang-orang dari level atas atau para petinggi di dalam ataupun di luar organisasi.

 

5.     Memberikan kesan dan perubahan mendalam

5 Keuntungan Berkarir di Organisasi Non-Profit
via pixabay.com

Bekerja di organisasi non profit bisa dibilang sangat menantang karena tidak sekedar hati yang baik untuk kerja di bidang ini. Seperti halnya bekerja di perusahaan profit oriented, diperlukan kemampuan dan juga kesediaan untuk bekerja dengan jam kerja yang panjang dan kerja keras.

Namun kamu bisa mendapatkan kepuasan yang tidak ternilai yang membuat pekerjaanmu sangat berarti bagi dirimu dan orang lain. Hal ini tentunya akan memberikanmu motivasi untuk bekerja dan menolong orang lain.

Apakah kamu tertarik untuk bekerja di organisasi non profit?


 

Leave a Reply