7 Cara Menghargai Diri Sendiri

Ada peribahasa yang bilang kalau kamu mau orang lain menghargaimu, kamu harus mulai dari menghargai diri sendiri. Pasalnya, kalau kamu enggak mencintai diri sendiri terlebih dulu, kamu jadi enggak mencintai dirimu sendiri. Lagipula, mencintai diri sendiri membuat kualitas hidupmu jadi membaik loh. Enggak percaya? Coba praktekkan cara menghargai dirimu sendiri seperti di bawah ini:

 

1. Mencintai dan menghargai diri sendiri

7 Cara Menghargai Diri Sendiri
via pixabay.com

Orang pertama yang harus kamu cintai adalah diri sendiri. Kenapa? Karena kamu memiliki hubungan seumur hidupmu dengan dirimu sendiri. Dengan mencintai dan menghargai diri sendiri, kamu juga bisa mencintai orang lain dan memperlakukan orang lain sebagaimana kamu juga ingin diperlakukan. Lebih baik kan?

 

2. Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri

7 Cara Menghargai Diri Sendiri
via pixabay.com

Setiap orang itu unik dan mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Luangkan waktumu untuk berpikir sejenak mengenai kelebihan dan kekuranganmu. Tulislah kelebihan dan kekuranganmu dengan jujur. Kamu juga bisa meminta pendapat atasan, teman, dan keluarga. Apapun hasilnya, berikan penghargaan dan motivasi untuk dirimu sendiri. Fokus pada kelebihanmu dan apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kekuranganmu.

 

3. Tidak membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain

7 Cara Menghargai Diri Sendiri
via pixabay.com

Kalau kamu selalu melihat kelebihan orang lain dibandingkan diri sendiri, kamu akan selalu merasa kurang. Bahkan kamu bisa berhenti memperbaiki diri dan malah menyalahkan orang lain atas masalahmu. Berhenti membanding-bandingkan dan fokuslah dengan apa yang kamu miliki sekarang. Nikmati hidupmu dan penuhi pikiranmu dengan hal positif untuk membangun semangatmu.

 

4. Mempunyai tujuan

7 Cara Menghargai Diri Sendiri
via pixabay.com

Salah satu cara untuk menghargai diri sendiri adalah dengan memiliki tujuan.  Kalau memahami apa yang kamu inginkan di dalam hidup kamu jadi bisa melakukan yang terbaik. Pikirkan dan tulislah apa yang benar-benar kamu inginkan. Apakah kamu ingin memiliki hubungan yang baik dengan orang terdekat, memiliki pekerjaan yang bagus, atau memulai bisnis? Kamu bebas bermimpi.

 

5. Memaafkan diri sendiri dan orang lain

7 Cara Menghargai Diri Sendiri
via pixabay.com

Semua orang pasti pernah berbuat salah. Enggak sedikit juga orang yang sulit untuk memaafkan. Padahal dengan memaafkan kita bisa belajar dari kesalahan tersebut. Selain itu, memaafkan juga akan membuat hidup kita lepas dari beban di masa lalu. Alhasil langkah kita ke depan jadi lebih ringan.

 

6. Memotivasi diri sendiri

7 Cara Menghargai Diri Sendiri
via pixabay.com

Perjalanan hidup semua orang pasti mengalami naik dan turun. Ketika sesuatu enggak sesuai dengan rencanamu, jangan bersedih. Enggak ada hidup yang sempurna. Daripada bersedih dan hilang semangat, lebih baik lihat sisi positifnya.

 

7. Dengarkan dirimu dan bangun percaya diri

7 Cara Menghargai Diri Sendiri
via pixabay.com

 

Jangan biarkan pendapat orang lain mengatur hidupmu. Kamu berhak menghargai dirimu sendiri tanpa persetujuan orang lain. Abaikan perkataan orang yang negatif dan enggak bermanfaat. Percayalah pada diri sendiri karena kamu yang memegang kendali atas hidupmu.

Apakah kamu mempunyai cara lainnya untuk menghargai dirimu sendiri? Beri tahu JadiMandiri ya.


 

Leave a Reply