Selain Bahasa Inggris, Ini 5 Bahasa Asing yang Penting untuk Dipelajari

Globalisasi dan akses informasi yang begitu cepat membuat kita makin terhubung dengan negara-negara di dunia. Akibatnya, ada begitu banyak bahasa asing yang harus dipelajari dan digunakan selain bahasa Inggris.

Kalau sekarang cas cis cus berbicara bahasa Inggris sudah menjadi hal yang biasa, hal ini membuat banyak orang menyadari pentingnya belajar bahasa asing lainnya untuk dapat lebih maju dan berkembang di bidangnya masing-masing.

Ada dua kriteria yang menentukan suatu bahasa menjadi penting untuk dipelajari, yaitu jumlah pengguna dan relevansinya dalam ekonomi dan politik. Jiika kamu tertarik dengan bahasa asing selain bahasa Inggris dan atau sedang merencanakan karir internasional, berikut adalah lima bahasa yang dapat kamu pelajari.

 

1. Mandarin

via kremlin.ru

Cina adalah negara dengan populasi terbesar di dunia. Belum lagi banyak penduduknya yang bermigrasi ke negara-negara lain dan masih menggunakan bahasa Ibu mereka. Enggak heran kalau pengguna Bahasa Cina adalah salah satu yang terbesar di dunia. Apalagi kini Cina menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Kalau kamu tertarik bekerja di bidang bisnis, terutama bisnis internasional, mahir berbahasa Cina akan menjadi keahlian yang sangat berharga. Banyak kesempatan akan terbuka untukmu. Dari 12 dialek bahasa Cina, bahasa Mandarin adalah yang paling banyak digunakan.

2. Spanyol

via wikimedia.org

Spanyol digunakan sebagai bahasa ibu di 44 negara pada 4 benua dan digunakan oleh lebih dari 400 juta orang di dunia. Tentu saja bahasa ini layak untuk dipertimbangkan.

Kalau kamu berencana untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan negara-negara Amerika Latin, kamu perlu mempelajarinya. Terutama kalau kamu ingin bergerak di bidang hukum, kesejahteraan sosial dan bisnis. Kamu akan dapat menjual keahlianmu berbahasa Spanyol kalau ingin bekerja di Amerika Serikat dan Eropa.

3. Perancis

via pixabay.com

Bahasa Perancis adalah bahasa ke dua paling banyak digunakan setelah Inggris dan memiliki pengguna lebih dari 290 juta orang di 29 negara seperti Perancis, Kanada, Swiss, Luksemburg, Senegal, Pantai GadingHaiti, Belgia, Rwanda, Togo, Mali dan seterusnya. Negara Perancis sendiri menjadi negara terdepan di bidang farmasi, telekomunikasi, aeronautika, energi, dan lain sebagainya.

Kalau kamu ingin menjadi tenaga ahli dan salah satu profesional di bidang-bidang tersebut, tentu saja kamu perlu datang ke Perancis dan mempelajari bahasanya. Bahasa Perancis juga menjadi salah satu bahasa resmi di Perserikatan Bangsa-Bangsa, Palang Merah, dan berbagai organisasi internasional di dunia.

Banyak negara-negara yang dibantu oleh berbagai organisasi internasional meliputi negara-negara Afrika yang masih banyak menggunakan bahasa Perancis. Sehingga bahasa Perancis akan sangat berguna kalau kamu mau jadi konsultan, adminsitrasi dan staf dari organisasi internasional tersebut.

4. Jerman

via maxpixel.freegreatpicture.com

Keadaan ekonomi dan pembangunan Jerman yang sangat stabil menjadikan negara ini menjadi salah satu kekuatan ekonomi di dunia. Jerman juga menjadi negara resmi dari beberapa negara-negara maju dengan perekonomian kuat.

Bahasa Jerman digunakan sebagai bahasa ibu oleh 90 juta orang di seluruh dunia, bahasa Jerman juga merupakan bahasa yang penting untuk dipelajari kalau mau menghasilkan banyak uang.

Menurut statistik, orang-orang yang bisa bahasa Jerman memiliki penghasilan lebih banyak dari mereka yang mahir berbahasa yang lebih umum seperti Spanyol dan Mandarin. Dengan memanfaatkan celah untuk bahasa yang lebih enggak umum digunakan, kamu jadi punya nilai jual lebih.

5. Arab

via wikimedia.org

Bahasa Arab adalah bahasa ke tiga yang paling banyak digunakan di dunia. Dengan lebih dari 300 juta orang yang tersebar di 57 negara menggunakannya sebagai bahasa ibu. Negara-negara di jazirah Arab ini memang memiliki banyak kekayaan dan sumber daya yang membuat mereka menjadi kekuatan ekonomi di dunia.

Wilayah Arab dianggap sebagai salah satu daerah terkaya di dunia yang memiliki PDB lebih dari $ 600 miliar dan pertumbuhan ekonominya mencapai 120 persen dalam lima tahun terakhir. Bagi kamu yang ingin bekerja di bidang jurnalisme, industri turisme dan pekerjaan politik serta militer, akan sangat memerlukan keahlian berbahasa Arab.

Selain bahasa Inggris, bahasa asing apa lagi yang menarik untuk kamu pelajari saat ini?


 

Leave a Reply