7 Alasan Kamu Perlu Belajar Kerajinan Tangan

Ngiler lihat hasil kerajinan tangan yang cantik-cantik di Pinterest? Pastinya kamu pengen banget belajar cara membuatnya. Tapi mungkin kamu merasa enggak punya bakat atau waktu untuk mempelajarinya. Duh! Sayang banget. Padahal membuat kerajinan tangan itu manfaatnya segudang loh. Masih enggak yakin? Baca deh 5 manfaat belajar kerajinan tangan di bawah ini.

1. Mengurangi sampah

Salah satu hal unik dan sangat bermanfaat dari membuat kerajinan tangan adalah banyak barang-barang yang sudah enggak terpakai lagi yang bisa digunakan. Hampir semua sampah dan barang-barang yang kita buang masih bisa dialih fungsikan.

Berbagai macam benda seperti kaleng bekas, botol bekas, kardus jajanan, kantong plastik, dan lain sebagainya, akan jadi benda cantik setelah diolah. Karena dibuat dengan menggunakan tangan, maka sumber daya dan energi yang digunakan juga jauh lebih sedikit dari barang hasil produksi pabrik.

Jadi, tentunya lebih ramah lingkungan. Kamu enggak nyangka kan dengan membuat tempat pensil dari kaleng bekas kamu sudah membantu lingkungan hidup?

2. Mengalihkan dari gawai

Salah satu kebiasaan buruk manusia modern saat ini adalah ketergantungannya kepada gawai. Rasanya mustahil untuk lepas walau hanya beberapa jam saja. Kalau untuk hal yang berguna sih enggak apa-apa, tapi kalau menjadi kebiasaan buruk yang merugikan? Jelas enggak bagus kan?

Sayangnya karena sudah sangat tergantung kita jadi susah untuk melepaskan diri dari gawai. Kalau kamu salah satu milenial yang ketergantungan gawai, kamu bisa mencoba kerajinan tangan.

Membuat kerajinan tangan selain menyenangkan juga memberikan kita aktivitas berguna untuk menghabiskan waktu luang dan relaksasi. Akibatnya, kamu enggak ingin lagi membuang waktu dengan gawai.

3. Pengobatan kecanduan

via pixabay.com

Sebuah studi menunjukkan kalau membuat kerajinan tangan bisa menghindarkan dan mengobati orang dari kecanduan zat terlarang seperti narkoba dan minuman keras. Mereka yang sedang menjalani rehabilitasi dari ketagihan zat terlarang biasanya akan dimasukkan ke dalam program kerajinan tangan.

Program semacam ini terbukti sangat efektif untuk terapi. Membuat kerajinan tangan memperbaiki keadaan emosi, pengalaman sensori, pola tingkah laku dan pikiran sehingga dapat mengubah persepsi mereka terhadap dunia. Akibatnya, mereka sedikit demi sedikit enggak perlu menggunakan zat terlarang dalam menghadapi hidup.

4. Meditasi

via pexels.com

Kerajinan tangan bisa menyerap konsentrasi seseorang sehingga mereka akan berada pada kondisi seperti meditasi. Pada kondisi ini, semua kecemasan dan ketakutan akan hilang dan orang bisa lupa waktu.

Kamu juga bisa memilih jenis dan tingkat kesulitan kerajinan tangan sehingga bisa memiliki kendali penuh atas pencapaianmu. Ketika seseorang berhasil menyelesaikan kerajinan tangan atau naik tingkat keahlian, rasa puas dan kebanggaannya bisa membuat kondisi mental seseorang membaik.

5. Menyembuhkan depresi

via pixabay.com

Kegiatan kerajinan tangan terbukti bisa menghindarkan dan menangani depresi. Aktifitas ini memicu bagian otak yang memproduksi zat kimia yang membuat perasaan jadi senang.

Bahkan, kerajinan tangan bisa sama efektif-nya dengan obat anti depresan dalam memerangi penyakit mental. Daripada meracuni tubuh dengan obat-obatan, lebih sehat dan murah untuk mencoba terapi kerajinan tangan.

6. Meningkatkan ketangkasan pikiran

via pxhere.com

Kerajinan tangan adalah cara yang sangat mudah untuk dilakukan dalam mengambil kendali pada lingkungan yang enggak pasti. Ketika seseorang berada pada situasi yang baru atau penuh tekanan, mengambil waktu sejenak untuk membuat kerajinan tangan dapat membuat perasaan jauh lebih tenang.

Pencapaian dalam membuat sesuatu yang berguna juga meningkatkan kepercayaan diri akan kemampuannya dalam beradaptasi. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mereka yang melakukan aktivitas kreatif seperti kerajinan tangan mengalami peningkatan ketangkasan mental.

7. Bisnis yang menguntungkan

via pexels.com

Salah satu keuntungan yang sangat menarik tentu saja celah bisnis yang bisa kamu dapatkan. Kerajinan tangan menghasilkan barang-barang yang unik dan enggak bisa didapatkan dari pabrik. Enggak heran kerajinan tangan menjadi cara pertama untuk mengurangi pengangguran.

Semua orang bisa meluangkan waktu untuk mempelajari teknik kerajinan tangan yang cocok bagi mereka. Bahan produksinyapun melimpah dan murah. Apapun bisa dijadikan bahan material seperti sudah ditunjukkan pada poin pertama. Apakah kamu tertarik untuk belajar kerajinan tangan di atas?


Leave a Reply