5 Restoran Vegan di Jakarta yang Rasanya Ngalahin Aslinya

Kebanyakan orang akan mengernyitkan dahi ketika diminta untuk mencoba makanan vegan atau vegetarian. Hal ini karena makanan vegan identik dengan rasa yang nggak gurih dan tekstur yang aneh.

Padahal, perkembangan teknik memasak dan teknologi pangan saat ini sudah memungkinkan makanan berbahan dasar tumbuhan untuk memiliki cita rasa yang enak. Bahkan banyak yang bilang daging imitasi yang terbuat dari olahan jamur atau kedelai lebih enak dari daging asli.

Sekarang makanan vegan atau vegetarian sudah banyak tersedia dan harganya pun sudah terjangkau. Buat kamu yang masih asing namun penasaran ingin mencoba, yuk kunjungi 5 restoran vegan di Jakarta berikut.

1. Namy House

Restoran ini penampakan luarnya mirip banget sama restoran Padang kebanyakan. Dari tampilan kaca dan penyajian makanan, sampai menu masakannya. Memang restoran ini nggak akan terlihat beda kalau nama yang terpampang di depannya nggak menyebut vegetarian.

Restoran Padang ini memang unik. Semua bahan-bahannya nggak menggunakan daging sama sekali. Namun soal rasa? Jangan tanya. Penikmat daging pun akan kecele. Kalau sudah puas terpesona melihat-lihat makanannya, kamu bisa memesan langsung di depan atau meminta pelayan untuk menyusun piring-piring lauk di mejamu.

Yak, memang nggak ada bedanya dengan restoran Padang biasa. Hidangan yang paling direkomendasikan adalah nasi rendang, gulai ampela, dan goreng pete daging. Bumbunya pas banget. Teksturnya nggak ada bedanya dengan daging asli, dari kekenyalan, serat sampai lemaknya!

2. Loving Hut


Nama Loving Hut sudah terkenal di kalangan vegan dan vegetarian. Pasalnya restoran ini adalah salah satu dari restoran waralaba vegan di Indonesia yang jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Yang menarik, tujuan utama restoran ini adalah menyebarkan prinsip vegan.

A post shared by AmiiiPendiam (@oderan_baju_) on


Itu sebabnya semua pelayan di restoran ini menguasai pengetahuan mengenai hidup sebagai vegan dan fakta-fakta ilmiah lainnya. Kalau nggak percaya, coba ajak ngobrol salah satu pelayan di sana. Mereka akan dengan senang hati menerangkan. Variasi makanan di Loving Hut perlu diacungi jempol.

Walaupun mayoritas adalah makanan Indonesia dan oriental, namun kamu juga bisa menemukan masakan barat. Kamu bahkan bisa memesan cake vegan sehat, yang rasanya tentu saja enak. Di Loving Hut, kamu nggak akan merasa sedang makan di restoran yang beda dari restoran lainnya. Bedanya adalah, kamu bisa makan lebih sehat.

3. Soto Betawi Kim’s Vegetarian

via Jadimandiri

Restoran ini berlokasi di Jl. Rasa Sayang No. 20U, Grogol, Jakarta Barat. Namun, kamu bisa memesan mereka lewat jasa antar makanan online. Soto betawi dari Kim’s vegetarian ini terbuat dari susu kedelai asli, tidak memakai santan dan tidak memakai susu sapi. Bumbu-bumbu andalannya menggunakan bumbu khas Kim’s dan semua bahan-bahannya diperbolehkan untuk vegan dan vegetarian.

Via Jadimandiri

Selain lebih sehat karena nggak mengandung daging dan santan, rasanya enak banget! Creamy, gurih namun ringan menjadi kombinasi yang bikin kamu ketagihan untuk pesan lagi dan lagi. Potongan daging vegannya juga menyerupai daging asli. Pokoknya kamu nggak akan nyesel deh.

4. Dharma Kitchen


Restoran waralaba vegan ini adalah kesayangan dari komunitas vegan di seluruh dunia. Tempatnya yang nyaman dan berkelas, makanannya yang bervariasi dan lezat, serta harganya yang terjangkau membuat Dharma Kitchen dielu-elukan di Jakarta.Baca saja menunya dan kamu akan melihat betapa bervariasinya restoran ini.


Dari bakso sampai spaghetti ada di sini. Dari makanan Indonesia, oriental sampai barat lengkap tersedia. Begitu makanannya terhidang di depanmu, kamu nggak akan bisa membedakannya dengan makanan biasa.

Semua masakannya dibuat agar mampu memuaskan pencinta kuliner dimanapun tanpa mengabaikan kaidah vegan. Jangan lupa untuk mencoba pencuci mulutnya. Tiramissu-nya juara!

5. Vmad vegetarian Madness

via tripadvisor.com

India adalah salah satu negara yang terkenal dengan budaya vegan vegetariannya. Nggak heran banyak restoran dan makanan vegan yang enak-enak. Salah satunya adalah VMad Vegetarian Madness.

Awalnya restoran ini bernama Komala’s Indian Vegetarian Restaurant dan hanya menyajikan makanan India. Namun kini mereka memperbanyak variasi menu agar cocok untuk lidah lebih banyak orang seperti spaghetti dan burger. Namun tentu saja menu andalan mereka tetap masakan Indianya.

via tripadvisor.com

Kamu nggak akan rugi untuk mencoba Masala Pappad-nya, yaitu cemilan India yang disajikan dengan saus tomat, bawang dan bubuk cabe. Coba juga Pav Bhaji-nya yaitu kari kentang yang dimakan dengan roti. Kalau kamu tertarik, datang saja ke dua lokasi mereka di sarinah Building, LG dan Jl. Danau Sunter Utara Raya Blok R No. 46 – 48, Sunter, Jakarta.

Apakah kamu tahu tempat makan vegan lainnya selain restoran di atas? Yuk share info kamu di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply