Apa itu Rekening Bersama dan Bagaimana Memilih yang Tepat?

Transaksi online sudah menjadi primadona di jaman modern ini. Gimana nggak, hanya dengan klik pada gawai, kita sudah bisa melakukan berbagai transaksi tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Salah satu sistem pembayaran untuk transaksi online adalah Rekening Bersama atau rekber. Terdapat banyak kasus penipuan yang mengatasnamakan pihak penjual online yang menawarkan suatu barang kepada pihak pembeli namun si pembeli tidak pernah menerima barang tersebut. Dengan rekber, penipuan semacam ini bisa ditanggulangi.

 

Pengertian Rekening Bersama

Rekening Bersama adalah perantara atau pihak ketiga yang memiliki rekening untuk digunakan sebagai metode pembayaran bagi transaksi online. Rekber ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dari suatu transaksi. Metode ini juga dinilai sebagai metode pembayaran yang aman dibandingkan dengan pembayaran secara langsung dari rekening pembeli ke rekening penjual.

 

Cara Kerja Rekening Bersama

Rekening Bersama Metode Pembayaran untuk Transaksi Online
Alur Rekening Bersama via marketingjoss.com

Pembeli mengirimkan uang ke rekber (dengan biaya rekber apabila ada) dan melakukan konfirmasi ke pihak rekber. Kemudian rekber akan mengkonfirmasi dan menginformasikan kepada pihak penjual apabila dana sudah masuk.

Ketika penjual sudah mengirimkan produk, ia akan menginformasikannya kepada pihak rekber yang akan menginformasikan ke pihak pembeli. Setelah si pembeli menerima produk maka ia wajib melakukan konfirmasi penerimaan barang kepada pihak rekber. Tanpa adanya konfirmasi dari pihak pembeli maka penjual tidak akan menerima uang penjualan barang tersebut.

Pihak rekber akan memproses pembayaran kepada pihak penjual apabila tidak ada keluhan dari pembeli. Bila barang tidak sesuai atau rusak, maka pembeli harus mengirimkan kembali ke pihak penjual dan dana dari si pembeli akan dikembalikan oleh pihak rekber.

 

Tips Memilih Rekber

Jika pihak penjual dan pembeli bertemu di toko online seperti Lazada atau Tokopedia, maka mereka tidak perlu mencari rekber lagi.  Toko online seperti Tokopedia atau Lazada tersebut udah mempunyai sistem pembayaran seperti rekber. Namun apabila penjual adalah pihak perseorangan maka pihak penjual dan pembeli dapat menentukan rekber yang akan dipakai.

Walaupun dinilai sebagai metode pembayaran yang aman, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih rekber. Rekber dijalankan perseorangan, maka hal-hal yang tidak diinginkan dapat saja terjadi. Pilihlah rekber yang sudah terkenal dan terpercaya. Karena pada awalnya rekber diperkenalkan di Indonesia di komunitas online terbesar di Indonesia yaitu Kaskus, kamu bisa mencari tahu rekber yang mana untuk menjadi perantara transaksi kamu.

Apa kamu pernah memakai Rekening Bersama? Punya tips yang bisa dibagi ke Jadi Mandiri? Yuk share pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini ya?


 

Leave a Reply