5 Hal yang Dapat Membuat Karir Mandek

Dunia kerja memiliki tantangannya masing-masing. Apalagi dengan perkembangan saat ini. Kalau kita mau mengembangkan karir, sekarang enggak cukup hanya dengan kemampuan dan bakat. Supaya kamu bisa tetap berkembang dan maju sesuai dengan ekspektasi diri sendiri dan perusahaan, ada hal-hal lain yang perlu diperhitungkan. Berikut adalah lima hal yang perlu kamu hindari jika tidak ingin karirmu mandek:

 

1.      Tidak terorganisir

5 Hal yang Dapat Membuat Karir Mandek
via pixabay.com

Kalau pekerjaanmu menumpuk, nggak bisa menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu, berarti kemampuan manajemenmu mungkin kurang baik. Kurangnya kemampuan manajemen dapat disebabkan oleh banyak hal. Kamu mungkin enggak mempersiapkan terlebih dahulu, enggak membuat rencana yang matang, enggak menyusun dan mengevaluasi pekerjaan yang kamu lakukan dan lain sebagainya. Hal ini juga bisa menimbulkan banyak kesulitan dan akhirnya kamu stres terhadap pekerjaan.

 

2.     Menolak perubahan

5 Hal yang Dapat Membuat Karir Mandek
via pixabay.com

Selama dunia berputar maka selalu ada perubahan dan perkembangan yang ada. Jika merasa selalu ada yang salah dalam pekerjaan atau merasa enggak ada perkembangan dalam karir, komplain dengan situasi yang ada enggak akan membawa perubahan apapun. Oleh karena itu jangan menolak ide, metode, dan teknologi baru. Bisa-bisa kamu ketinggalan jaman.

 

3.     Menyalahkan orang lain

5 Hal yang Dapat Membuat Karir Mandek
via pixabay.com

Kesalahan dalam pekerjaan dapat saja terjadi kapan saja. Namun ketika kamu melakukan kesalahan segera cari penyebab dan solusinya. Kalau kamu enggak sigap dan justru fokus pada menyalahkan orang lain maka kamu bisa dinilai sebagai orang yang enggak bertanggung jawab. Dengan fokus mencari solusi maka kamu akan terdorong untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan profesional.

 

4.     Mementingkan diri sendiri

5 Hal yang Dapat Membuat Karir Mandek
via pixabay.com

Seorang karyawan yang bekerja di suatu organisasi tentunya melakukan pekerjaan untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. Namun, ketika seseorang terlalu mementingkan diri sendiri dan menjadi “one man show” tanpa memperdulikan orang lain, kamu bisa dilihat sebagai orang yang arogan, narsis, egois, dan bukan seorang team player. Kamu enggak bisa melakukan semuanya sendiri.

 

5.     Terlalu Sibuk

5 Hal yang Dapat Membuat Karir Mandek
via pixabay.com

Apakah pekerjaan menyita semua waktumu, bahkan jam istirahat sehingga kamu enggak memikirkan hal lain selain pekerjaan? Kalau kamu terlalu memforsir dirimu pada pekerjaan, bukannya maju, karirmu malah bisa mandek. Hal ini disebabkan karena kamu jadi lupa untuk berinvestasi ke dirimu sendiri untuk berkembang dan membekali dirimu sendiri. Walaupun bekerja keras, kamu juga perlu ingat untuk mengasah kemampuan dan menambah kemampuan lain yang dapat meningkatkan karirmu ke level selanjutnya.

Nah, kira-kira dari lima poin di atas mana yang biasa kamu lakukan di dalam melakukan pekerjaan? Bagi pendapatmu di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply