7 Tips Mempraktikkan Feng Shui Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pernah dengar atau tahu soal feng shui? Kalau belum, rasanya kamu perlu menengok seni yang usianya sudah berabad-abad ini. Feng shui (secara harfiah artinya angin dan air) adalah seni tata letak dari Cina yang bertujuan menyelaraskan lingkungan tempat manusia hidup dengan chi, aliran energi alam semesta.

Kalau feng shui suatu tempat bagus, maka bisnis bisa berjalan lancar dan kehidupan bisa berjalan baik. Walau sifatnya memang seperti percaya enggak percaya, tidak ada ruginya kok kalau kamu mau mempraktikkan prinsip feng shui dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa mulai dari tips-tips feng shui dasar berikut ini.

 

1. Pintu masuk yang berkarakter kuat

via flickr.com

Dalam feng shui, pintu masuk dinamakan Mulut Chi dan sangat menentukan dalam menarik energi kemakmuran. Buat pintu masukmu baik pintu rumah maupun pintu kantor dengan karakter kuat, misalnya dengan membuat pintu dengan warna mencolok seperti warna merah. Jangan lupa berikan proteksi dan simbol keberuntungan untuk menambah keberuntunganmu.

 

2. Rapikan meja kerjamu

via pexels.com

Menurut feng shui, produktivitas kerja dan kemakmuran bisa ditingkatkan dengan membersihkan dan merapikan meja kerja. Jika meja kerja bersih dan rapi, chi bisa mengalir dengan baik. Pikiran kita juga jadi tidak sumpek dan pergerakan lebih bebas.

Singkirkan barang-barang yang tidak kamu gunakan setiap hari dari atas meja kerja. Jangan lupa tambahkan tanda kemakmuran seperti barang berwarna merah atau ungu di sudut tenggara. Di sisi timur, letakkan barang dengan elemen kayu, bisa berupa tanaman hijau atau foto dengan pigura terbuat dari kayu.

 

3. Kelola area penghasil uang

via goodfreephotos.com

Menurut feng shui, area penghasil uang ada pada sisi tenggara atau kiri atas kantor atau rumah. Letakkan barang atau warna simbol kemakmuran pada sisi tersebut. Kalau sebagian area penghasil uangmu terpotong atau berada di tempat yang enggak hoki, kamu perlu meletakkan penangkal sial. Apa saja benda penangkal sial itu? Lanjutkan membaca ke poin berikutnya.

 

4. Penangkal sial

via pixabay.com

Kalau area uangmu berada pada tempat yang enggak hoki seperti kamar mandi, garasi, ruang cuci, atau lemari, kamu perlu meletakkan benda penangkal sial. Benda tersebut misalnya kristal. Letakkan kristal pirit menggunakan pohon permata feng shui di sudut tersebut. Selain diletakkan di ruangan, jenis kristal seperti kristal citrine ampuh untuk meningkatkan kepercayaan diri sehingga baik kamu gunakan sebagai perhiasan.

 

5. Simbol kemakmuran

via wikimedia.org

Selain kristal penangkal sial, kamu juga perlu meletakkan simbol kemakmuran. Feng shui punya berbagai jenis simbol kemakmuran namun salah satu simbol yang paling kuat adalah air.

Gunakan dekorasi yang menggunakan air seperti akuarium atau air mancur dengan air mengalir untuk menarik rezeki. Kamu bisa menambahkan miniatur kapal dan ikas mas sebagai perlambang emas dan energi kemakmuran.

Enggak perlu memaksakan diri membuat akuarium atau kolam yang besar, air mancur dan akuarium kecil pun sudah cukup. Kalau belum mampu membuat kolam atau membeli akuarium, lukisan atau foto air mengalir pun bisa jadi simbol kemakmuran.

 

6. Tanaman

via pxhere.com

Selain indah dipandang, tanaman dalam feng shui dipercaya dapat mengalirkan energi positif. Kamu perlu meletakkan tanaman hidup supaya feng shui di tempatmu baik. Pastikan kesegaran dan kesehatan tanamanmu terjaga. Kalau mati segera singkirkan karena malah akan membawa sial.

Oh iya, saat memilih tanaman yang cocok hindari tanaman dengan daun runcing seperti kaktus. Kalau enggak memungkinkan memasukkan dan memelihara tanaman, kamu bisa menggunakan tanaman imitasi. Syaratnya, jaga kebersihan dan kondisi tanaman tersebut.

 

7. Kantor di rumah

via pixabay.com

Feng shui menekankan pada pentingnya memisahkan antara bisnis dan kehidupan pribadi. Bagaimana kalau kamu kerja di rumah? Usahakan untuk memiliki pintu yang berbeda dari pintu rumahmu. Kalau enggak memungkinkan, pilih ruangan di dekat pintu depan atau belakang rumah. Kalau kantormu adalah bagian dari ruangan yang lebih besar, berikan partisi untuk memisahkan bagian kantor.

Tingkatkan chi-mu dengan selalu berpakaian rapi, menjaga kesehatan, dan kebersihan penampilanmu. Hindari menggunakan baju tidur dan enggak mandi saat mulai bekerja. Pisahkan juga pikiranmu saat bekerja dan bersantai.

 

Itu tadi beberapa tips feng shui dasar yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tertarik mencoba?


 

Leave a Reply