7 Alasan untuk Mulai Rutin Berenang

Kamu ingin mulai hidup sehat dan rutin berolahraga, tapi kok rasa-rasanya pilihan olahraga yang banyak orang lakukan enggak ada yang menarik buatmu. Lari kelihatannya terlalu melelahkan. Olah tubuh di gym terlihat terlalu mengintimidasi. Yoga? Kok kelihatannya enggak seperti berolahraga.

Kalau begitu, bagaimana kalau berenang? Selain menyehatkan, banyak manfaat dan keseruan lain yang bakal bikin kamu tertarik untuk rutin berenang. Enggak percaya? Simak di bawah ini.

 

1. Berenang itu menyenangkan

7 Alasan untuk Mulai Rutin Berenang
via pexels.com

Kita semua waktu kecil pasti doyan banget kalau main air dan basah-basahan. Keseruan itu bisa kamu bawa sampai dewasa dengan cara rutin berenang. Pilih saja lokasi berenang yang paling kamu suka. Kamu bisa melakukannya di kolam renang umum, kolam renang hotek, atau bisa juga berenang di alam terbuka seperti di laut, sungai, dan danau.

 

2. Seluruh tubuh bergerak

7 Alasan untuk Mulai Rutin Berenang
via pexels.com

Renang adalah olahraga yang benar-benar menggerakkan tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki. Saat berenang kita menggunakan lebih dari dua pertiga otot tubuh. Caranya pun simpel. Kamu enggak perlu alat-alat seperti yang ada di gym untuk mengolah tubuh. Kalau bosan, kamu bisa mencoba gaya renang yang berbeda-beda. Rutin berenang dijamin bikin tubuh jadi berbentuk dan fit.

 

3. Bagus untuk pernapasan

7 Alasan untuk Mulai Rutin Berenang
via pixabay.com

Kalau dibandingkan antara saat lari dan berenang, paru-paru kita menyedot oksigen lebih optimal saat berenang. Hal itu ditunjang oleh posisi tubuh yang horisontal yang membantu sekresi pernapasan. Dengan manfaat seperti itu, tidak heran renang menjadi aktivitas yang amat cocok bagi penderita asma atau orang yang napasnya pendek.

 

4. Membakar lemak dan meningkatkan sistem imun

7 Alasan untuk Mulai Rutin Berenang
via pixabay.com

Berhubung olahraga renang merupakan aktivitas yang menggerakkan seluruh otot di tubuh, olahraga ini sangat efektif untuk membakar lemak. Satu jam berenang, kalori yang terbakar bisa sampai 5000 kalori. Selain itu karena memaksa tubuh aktif bergerak, aliran darah pun jadi lancar. Sel darah putih terdistribusi dengan baik yang mengakibatkan sistem imun kita meningkat.

 

5. Meredakan stres

7 Alasan untuk Mulai Rutin Berenang
via pexels.com

Air adalah elemen alam yang bersifat menenangkan. Dengan begitu berenang bisa kamu pilih sebagai aktivitas pereda stres. Saat kamu gembira berenang, otak akan melepaskan endorfin yang dapat memberikan kamu kepuasaan dan euforia.

 

6. Life skill

7 Alasan untuk Mulai Rutin Berenang
via pexels.com

Alasan lain kamu perlu rutin berenang adalah karena aktivitas ini merupakan kecakapan hidup yang amat perlu kamu kuasai. Kalau kamu andal berenang, kamu bisa menyelamatkan diri sendiri dan orang lain. Keuntungan lainnya, kalau kamu andal berenang, kemungkinan besar kamu enggak akan takut mencoba olahraga air lain yang lebih menantang seperti menyelam, selancar, flyboarding, kayak, dan sailing.

 

7.  Cocok untuk segala usia

7 Alasan untuk Mulai Rutin Berenang
via pexels.com

Enggak seperti olahraga lainnya yang membawa risiko besar terhadap sendi-sendi tubuh seiring bertambahnya usia, olahraga renang tidak mengenal kata “pensiun”. Olahraga ini adalah olahraga yang bisa kamu lakukan seumur hidup. Bahkan kalau kamu ingin mengajarkan renang pada anak atau keponakanmu yang masih batita pun boleh-boleh saja.

 

Apa kamu rutin berenang? Yuk share manfaat renang yang sudah kamu dapat pada kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply