5 Tanaman Rempah Khas Nusantara yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sejak dulu kala, rempah menjadi komoditas buruan bangsa asing yang datang ke nusantara. Bagaimana tidak, selain berguna sebagai bumbu masak, tanaman rempah juga dapat dijadikan obat, minuman, dan sejuta kegunaan lain. Sebagai pewaris kekayaan ini, sudah sepatutnya kita mengenal tanaman-tanaman rempah nusantara. Ini beberapa di antaranya:

 

1. Andaliman

5 Tanaman Rempah Khas Nusantara
via wikimedia.org

Andaliman merupakan rempah khas Sumatera yang bentuknya bulat kecil, mirip seperti lada atau leunca. Mungkin itu sebabnya andaliman sering juga disebut merica batak. Tanaman ini biasa digunakan untuk makanan-makanan khas Sumatera seperti ikan arsik, rendang, aneka masakan balado, dan gulai.

 

2. Bunga Telang

5 Tanaman Rempah Khas Nusantara
via pixabay.com

Tanaman rempah ini berbentuk bunga cantik berwarna biru. Di banyak tempat, bunga telang kadang disebut sebagai teleng atau temen releng. Selain bisa menjadi hiasan di depan rumah, bunga ini dapat dimanfaatkan untuk jadi bahan pewarna makanan alami, bahan dasar pembuatan minuman teh, dan berbagai kegunaan lainnya.

 

3. Bunga Lawang

5 Tanaman Rempah Khas Nusantara
via pixabay.com

Kebanyakan orang mengenal tanaman yang bentuknya seperti bintang delapan sisi ini dengan nama pekak. Tanaman ini rasanya sedikit manis dan harus sehingga dapat menambah cita rasa masakan.

Bunga lawang biasa digunakan dalam masakan yang berbumbu tajam seperti gulai, rendang, sop buntut, atau kari. Di Kabupaten Demak, malahan bunga lawang digunakan sebagai bahan dasar wedang pekak.

Selain dapat mengatasi masalah pencernaan, pekak dipercaya dapat menenangkan dan membuat orang yang mengonsumsinya dapat tidur lebih lebih nyenyak.

 

4. Kemukus

5 Tanaman Rempah Khas Nusantara
via wikimedia.org

Daun tanaman merambat ini mirip seperti daun sirih sedangkan buahnya kecil hijau kemerahan. Bagian yang biasa dijadikan sebagai bumbu masak adalah bijinya. Biji kemukus yang kecil putih kecoklatan itu terkenal dengan sebutan lada jawa.

Biji kemukus punya aroma yang kuat dan rasa yang pedas. Selain sebagai bumbu masak, tanaman rempah khas nusantara ini juga biasanya digunakan sebagai penguat rasa pada rokok. Kalau ingin menjadikannya sebagai obat, coba seduh dengan air panas lalu tambahkan madu. Asma dan sesak napas bisa sedikit reda dengan minum ramuan tersebut.

 

5. Pulosari

5 Tanaman Rempah Khas Nusantara
via pixabay.com

Tanaman yang punya nama ilmiah Alyxia stellata ini merupakan tanaman rempah asli Indonesia. Selain digunakan sebagai bumbu masak kari dan hidangan ikan-ikanan, tanaman ini juga berkhasiat sebagai tanaman obat. Pulosari berguna untuk meredakan batuk, mulas, susah tidur, memperlancar asi, hingga jadi campuran untuk membuat minyak telon.

 

Sudah pernah melihat secara langsung tanaman-tanaman rempah di atas? Kalau belum, coba deh mulai cari.


 

Leave a Reply