5 Situs Crowdfunding Indonesia Buat Kamu yang Butuh Suntikan Dana

Sistem crowfunding atau urun dana berbasis online semakin populer belakangan ini. Peminatnya, generasi milenial yang melek teknologi dan enggak suka ribet, menggunakan sistem ini untuk membiayai proyek-proyek nonprofit maupun untuk tujuan komersil.

Kalau kamu membutuhkan suntikan dana untuk membiayai proyek inovatifmu, enggak ada salahnya mencoba sistem pembiayaan ini. Bagaimana cara menjalankannya? Kamu bisa menggunakan beberapa situs crowdfunding Indonesia berikut ini.

 

1. Akseleran

Situs crowdfunding karya anak bangsa ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya. Akseleran dapat menyediakan pinjaman dengan bunga pengembalian yang ringan, mulai dari 6,48% – 17% flat per tahun (setara dengan 11,75% – 30% efektif per tahun) bagi para pelaku UKM. Keuntungan lain, para pelaku UKM diberikan jangka waktu pengembalian pinjaman yang fleksibel plus dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan.

Kalau kamu lebih tertarik untuk berinvestasi sambil berderma, Akseleran juga platform yang tepat. Cukup dengan Rp 100 ribu rupiah, kamu sudah bisa berkontribusi sekaligus berinvestasi. Kamu dapat menikmati bunga yang lebih tinggi ketimbang deposito bank, yakni antara 11,75% – 30% per tahun. Proses untuk investasinya pun amat praktis. Situs Akseleran sudah punya sistem untuk menangani semua prosedur yang diperlukan, mulai dari proses administrasi, analisis kredit, pembayaran, penyelesaian transaksi, hingga dokumentasi hukum.

 

2. Kitabisa

Ini kisah Radika dan Akbar. Pasangan ini sudah menjalin hubungan dekat hampir 3 tahun. Tahun ini mereka merencanakan menikah. Sebagai persiapan, mereka bertanya ke teman yang sudah menikah sampai ke tukang persewaan tenda pernikahan. Hasilnya: Mereka menyadari biaya pernikahan masih jauh dari tabungan mereka. Kisah Radika dan Akbar hanya satu dari banyak cerita pasangan lain. Yang ingin menikah namun tak punya biaya. Tergerak dengan pasangan yang mengalami kendala biaya untuk mengadakan pernikahan, Pemprov DKI mengadakan nikah massal di malam tahun baru. Sejumlah 524 pasangan akan ikut dalam nikah massal ini. Untuk merayakan hari bahagia 524 pasangan tersebut, Pemprov DKI bekerja sama dengan Tamasia Indonesia mengajak berdonasi untuk pembelian mahar 1 gram emas bagi setiap pasangan. Kamu bisa ikut berdonasi dengan cara, klik: kitabisa.com/kadomaharemas . Kamu juga bisa memberi ucapan selamat untuk 524 pasangan nikah massal ini. Cara paling gampang: Kasih emotikon hati di kolom komentar! #KadoMaharEmas #Tamasia #Jakarta #NikahMassal #OrangBaik #kitabisa

A post shared by Kitabisa.com (@kitabisacom) on

Kitabisa merupakan situs crowdfunding Indonesia pertama yang dibuat tahun 2013. Dengan mengusung kampanye bertagar #OrangBaik di media sosial, Kitabisa menggugah warganet untuk mau menggalang dana untuk berbagai misi sosial. Dalam perkembangannya, situs ini melebarkan sayap ke bidang selain sosial, seperti teknologi, kreativitas, dan bisnis.

Proyek-proyek yang ada di Kitabisa sudah terjamin bukan proyek abal-abal. Sebelum diterbitkan ke publik, proyek tersebut terlebih dulu harus melalui proses validasi yang dilakukan tim Kitabisa. Alasan lain Kitabisa layak jadi wadah urun dana adalah karena Kitabisa sudah tercatat di Kementerian Hukum dan HAM, sudah mendapatkan izin PUB (Penggalangan Uang dan Barang) dari Kementerian Sosial, serta rutin diaudit oleh Kantor Akuntan Publik.

 

3. Halallauncher

via Halallauncher.com

Situs ini merupakan situs pertama dan satu-satunya di dunia yang fokus pada penggalangan dana proyek halal di seluruh dunia. Sebagai pengguna, kamu dapat meluncurkan proyek halal dari negara manapun, dan begitu juga sebaliknya, saat menjadi investor kamu dapat mendanai proyek halal dari negara manapun.

Halallauncer tersedia dalam 10 pilihan bahasa serta dengan mata uang dan opsi pembayaran yang beragam. Untuk meluncurkan proyek, pengguna hanya perlu memenuhi dua kriteria. Pertama, proyek atau ide tersebut harus halal. Artinya, tidak melanggar norma-norma Islam. Kedua, proyek atau ide tersebut harus memenuhi persyaratan penggunaan dan nilai-nilai perusahaan.

 

4. Zford

via zford.ilearning.co

Zford merupakan hasil karya Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang. Walau situs crowdfunding ini kurang terdengar, namun perkembangannya sudah mulai terlihat. Zford menawarkan keunikan tersendiri di mana sistemnya dijalankan menggunakan konsep gamifikasi.

 

5. Gandengtangan


Berbeda dengan situs lainnya,Ā Gandengtangan adalah situs crowdlending yang mengharuskan peminjam untuk mengembalikan uang pinjaman ketika proyek sudah menghasilkan keuntungan. Misalnya, ketika kamu menyumbangkan Rp 100 ribu ke salah satu proyek di GandengTangan, uangmu akan kembali ketika proyek telah mendapatkan keuntungan.Ā Pihak GandengTangan akan mengambil potongan sebesar lima persen dari dana yang berhasil dikumpulkan oleh setiap proyek.

Situs ini adalah wadah kolaborasi bagi pemilik usaha mikro yang membutuhkan pembiayaan. Return investasinya cukup menarik bagi investor, yakni sekitar 12% per tahun. Kalau kamu tertarik menjadi investor, kamu bukan hanya melakukan investasi tapi juga memberikan kontribusi dalam memberdayakan usaha mikro secara aman dan transparan.


 

Leave a Reply