5 Sup yang Pas dan Sedap Disajikan Saat Musim Hujan

Musim hujan pasti bikin kamu lebih memilih makan makanan yang hangat seperti bakso atau mie kuah. Akan lebih baik lagi kalau makanan yang kamu santap selain hangat juga bergizi. Kalau mencari makanan yang seperti itu sudah tidak salah kalau kamu memutuskan makan sup.

Selain mudah untuk dibuat, sup juga dapat menjaga dan memperbaiki stamina kita di tengah dinginnya cuaca musim penghujan. Barangkali kamu jadi terinspirasi untuk membuat sup, berikut JadiMandiri suguhkan lima sup yang pas disajikan saat musim hujan.

 

1. Sup Jagung

via wikimedia.org

Sup yang menggunakan jagung yang sudah dipipil ini akan menimbulkan rasa manis ketika menyantapnya. Kamu bisa membuat sup jagung dengan kekentalan sesuai selera. Kalau ingin membuat sup jagung yang kental, tambahkan tepung maizena. Nikmati sup jagung kental bersama sepotong roti kering.

Kalau lebih suka sup jagung yang bening dan cair? Ya enggak apa-apa. Tambahkan potongan wortel supaya hidangan supmu lebih semarak.

 

2. Sup Ayam

via pixabay.com

Sup ayam sudah terkenal sebagai obat ketika sedang tidak enak badan, terutama ketika sedang flu. Kaldu dalam sup ayam memang dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, saat musim hujan datang, rasanya harus, kudu, dan wajib memasukkan sup yang satu ini ke dalam menu sehari-hari.

 

3. Sup Tomat

via pixabay,com

Sup tomat juga bisa jadi sajian pilihan saat musim hujan tiba. Tomat adalah sayuran yang mengandung zat bermanfaat bagi tubuh seperti antioksida, likopen, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Rajin mengonsumsi sup tomat dapat melindungi tubuh bukan hanya dari cuaca dingin, tapi juga dari penyakit jantung dan stroke. Psst, konon sup tomat juga mujarab untuk mengurangi berat badan lho.

 

4. Sup Miso

via pixabay.com

Miso adalah hasil fermentasi dari kacang kedelai, nasi, atau gandum yang dicampur dengan garam dan bakteria yang dinamakan koji. Pasta yang sudah lama digunakan di Jepang dan Cina ini dipercaya memiliki kandungan yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, memperlancar peredaran darah, dan mengurangi risiko penyakit kanker. Dalam penyajiannya, sup miso bisa dimasak bersama dengan tahu atau mi sebagai isinya.

 

5. Krim Sup Jamur

via pixabay.com

Untuk membuat krim sup jamur kamu bisa menggunakan krim sup instan yang ada di supermarket. Di atasnya kemudian tambahkan jamur kancing yang sudah direndam terlebih dulu dalam kaldu ayam bersama bawang bombay, bawang putih, dan seledri. Krim sup jamur ini akan menjadi sup ringan yang pas disantap saat musim hujan. Kalau ingin lebih padat, kamu bisa menghaluskan jamurnya dan menambahkan jagung pipil. Kebayang kan enaknya?

Dari lima sup di atas, mana yang paling kamu suka nikmati di saat dingin melanda?


 

Leave a Reply