5 Kunci Menjadikan Hidup Lebih Bahagia

Kalau kamu merasa hidupmu begitu-begitu saja, sumpek, dan membosankan, itu tanda kamu tidak bahagia. Saat menghadapi kondisi yang tidak membahagiakan seperti itu, langkah yang paling tepat adalah memeriksa diri sendiri. sebab kunci kebahagiaan sebenarnya ada pada diri sendiri. Inilah beberapa hal terkait diri sendiri yang bisa menjadikan hidup lebih bahagia.

 

1. Definisikan kebahagiaanmu sendiri

5 Kunci Hidup Lebih Bahagia yang Dimulai dari Diri Sendiri
via pixabay.com

Kunci kebahagiaan yang pertama adalah sadar dan paham hal-hal yang membuatmu bahagia dan yang tidak. Jangan menyontek kebahagiaan versi orang lain. Latar belakang, perjalanan hidup, nilai yang kamu pegang, hal-hal yang kamu percayai berbeda dengan orang lain. Ketimbang menerapkan standar orang lain atas dirimu, lebih baik ciptakan kebahagiaan versimu sendiri. Di atas semuanya itu, tetap berpikir dan lakukan hal-hal positif.

 

2. Beri waktu pada diri sendiri

5 Kunci Hidup Lebih Bahagia yang Dimulai dari Diri Sendiri
via pixabay.com

Bekerja boleh. Sibuk boleh. Yang tidak boleh itu melupakan istirahat. Mesin sekalipun butuh istirahat atau masa pemeliharaan agar tidak rusak. Oleh karena itu selalu luangkan waktu untuk menikmati waktu sendiri. Waktu sendiri itu bisa kamu gunakan untuk kontemplasi, meditasi, sekadar istirahat dari hiruk pikuk aktivitas.

 

3. Menjadi diri sendiri

5 Kunci Hidup Lebih Bahagia yang Dimulai dari Diri Sendiri
via pixabay.com

Setiap orang mempunyai gaya dan pribadi yang berbeda. Hal itu yang membuat setiap orang adalah unik. Jangan menghabiskan waktumu dengan meniru orang lain, tapi jadilah diri sendiri. Dengan menjadi diri sendiri kamu bisa dapat mengeluarkan ide, kekuatan, dan keunggulan yang berbeda dengan orang lain.

 

4. Berani bermimpi dan mewujudkannya

5 Kunci Hidup Lebih Bahagia yang Dimulai dari Diri Sendiri
via pixabay.com

Bermimpilah sebelum bermimpi itu dilarang. Mimpi adalah sesuatu yang akan membuatmu tetap bersemangat untuk menjalani hari-hari. Carilah kesempatan dan tantang dirimu untuk mewujudkannya melalui kesempatan yang ada. Kalau belum berhasil, belajarlah dari kegagalan tersebut dan bangkit kembali. Semangati dirimu sendiri untuk belajar lebih banyak, tumbuh, dan berkembang lagi.

 

5. Dengarkan kata hati

5 Kunci Hidup Lebih Bahagia yang Dimulai dari Diri Sendiri
via pixabay.com

Apakah kamu pernah ragu akan sesuatu atau ada suara di dalam hatimu yang mendorongmu untuk melakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya? Mungkin itu kata hatimu yang berbicara.

Banyak orang yang tidak mendengarkan kata hatinya atau bahkan tidak pernah berpikir kalau itu ada. Padahal kata hati atau nurani atau intuisi membantu kita untuk menentukan mana yang tepat atau cocok dan yang tidak. Kalau kamu ingin lebih jelas mendengar kata hati, coba ikuti poin dua di atas, yakni beri waktu bagi diri sendiri.

 

Kalau kamu, apa yang kamu lakukan untuk membuat dirimu bahagia?


 

Leave a Reply