5 Pekerjaan yang Muncul Berkat Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi enggak hanya menambah kemudahan bagi banyak orang. Lebih daripada itu, perkembangan teknologi juga memunculkan profesi dan lapangan kerja baru yang belum ada lima atau sepuluh tahun lalu. Apa saja contoh pekerjaan yang muncul berkat perkembangan teknologi dewasa ini?

 

1. Pengembang Aplikasi Game

5 Pekerjaan yang Belum Ada 10 Tahun Lalu
via pixabay.com

Nokia 6610 menjadi ponsel pertama yang memasang fitur permainan dan terbukti sukses besar. Sejak saat itu, tiap perusahaan ponsel enggak mau ketinggalan menyematkan fitur permainan di dalam gawai yang mereka buat.

Perkembangannya semakin pesat ketika era ponsel pintar (smartphone) tiba. Sistem operasi terbuka seperti Android memfasilitasi banyak orang menekuni dunia game. Alhasil banyak pengembang-pengembang aplikasi game baru bermunculan.

Kalau sepuluh tahun yang lalu game berarti game konsol seperti PlayStation, Nintendo, atau Sega. Sekarang, itu bisa berarti game konsol bisa juga game aplikasi ponsel.

 

2. Analis Web

5 Pekerjaan yang Belum Ada 10 Tahun Lalu
via pixabay.com

Semakin vitalnya peran internet, semakin penting pula keberadaan situs web. Selain sebagai tempat mencantumkan informasi, situs web juga berguna untuk kepentingan pemasaran dan penjualan. Di sinilah keberadaan analis web makin dibutuhkan.

Analis web bertanggung jawab untuk mengembangkan, memodifikasi, dan memelihara situs web agar dapat diakses dengan mudah oleh warganet. Tanggung jawabnya yang lain adalah mengenali kemungkinan masalah dan mencari solusi untuk berbagai masalah mengganggu keoptimalan suatu situs web.

 

3. Manajer Media Sosial

5 Pekerjaan yang Belum Ada 10 Tahun Lalu
via pixabay.com

Media sosial adalah wadah bagi berbagai kalangan untuk berbagi informasi sekaligus kanal pemasaran yang amat menjanjikan. Hal ini juga menjadi tren yang akan terus berkembang seiring berkembangnya dengan teknologi. Untuk itu dibutuhkan posisi khusus yang bertanggung jawab mengelola media sosial. Yap, manajer media sosial.

Manajer media sosial yang baik tidak cukup berbekal bisa membalas komen dan unggah-unggah gambar atau video saja. Ia harus mampu membuat perencanaan yang tepat untuk kesuksesan suatu promosi. Pembicaraan apa yang sedang hangat di media sosial? Bagaimana ia bisa memanfaatkan topik tersebut untuk mempromosikan atau menyebarkan seluas-luasnya hal yang ingin ia jual? Hal-hal seperti itu harus bisa manajer media sosial kuasai.

 

4. Pengemudi Angkutan Berbasis Online

5 Pekerjaan yang Belum Ada 10 Tahun Lalu
via pixabay.com

Kalau sepuluh tahun lalu, taksi atau ojek harus dipesan langsung di tempat atau paling banter via telepon, kini untuk memesannya kita bisa menggunakan aplikasi smartphone. Kendaraan bisa langsung menghampiri posisi kita berada untuk kemudian mengantarkan ke tempat tujuan.

Perkembangan teknologi ini sangat membantu di tengah kondisi layanan transportasi publik di Jabodetabek dan Indonesia yang begitu carut marut. Besarnya permintaan pengguna menyebabkan semakin banyak pula orang yang tertarik menjalankan profesi sebagai pengemudi angkutan berbasis online.

 

5. Youtuber

5 Pekerjaan yang Belum Ada 10 Tahun Lalu
via pixabay.com

Berkat Youtube dan perkembangan teknologi, musisi amatir seperti Justine Bieber dan Raisa popularitasnya terangkat dan berlanjut jadi musisi profesional. Di ranah video game, gamer PewDiePie berhasil mendulang uang hingga 70,5 miliar dolar AS dari kanal-kanalnya di Youtube. Cerita-cerita sukses itu yang membuat banyak anak muda berlomba-lomba unjuk bakat dan kreativitas di Youtube, menghasilkan artis-artis Youtube atau biasa juga disebut Youtuber.

 

Kira-kira apa lagi profesi yang muncul berkat perkembangan teknologi?


 

Leave a Reply