5 Pelajaran Entrepreneurship dari Sosok Oprah Winfrey

Oprah Winfrey adalah figur legendaris dalam dunia media. Dia merupakan perempuan kulit hitam pertama yang berhasil memiliki kekayaan menembus 1 miliar dolar AS. Nama dan logo acaranya begitu terkenal bahkan orang-orang yang enggak pernah menonton acaranya pun tahu.

Sosok Oprah yang luar biasa ini bukan tanpa alasan. Etika kerja dan visinya membuat dia berhasil menjadi salah satu entrepreneur dunia yang sukses. Ingin mengikuti jejaknya? Apa pun bisnismu, kamu bisa mengambil manfaat dengan mempelajari tips entrepreneurship dari Oprah Winfrey berikut ini:

 

1. Uji pasar

tips entrepreneurship dari Oprah Winfrey
via staticflickr.com

Oprah melakukan banyak tes dan uji pasar sebelum meluncurkan produk-produknya seperti Oprah Winfrey Show dan majalah O. Begitu pun saat memasukkan program-program acara untuk stasiun televisi jaringan miliknya OWN, semua harus melalui uji pasar terlebih dahulu. Kalau publik suka, baru konsep acara tersebut akan dibawa ke OWN.

Oprah melakukannya karena sadar bahwa asumsi pribadi dengan kondisi pasar seringkali berbeda. Kamu bisa saja menganggap idemu bagus, namun belum tentu banyak yang berminat. Penting untuk membuat riset atau contoh produk dalam skala kecil. Kalau produk tersebut laku di pasar, baru lakukan langkah selanjutnya.

 

2. Hasil harus sebanding dengan risiko

via obamawhitehouse.archives.gov

Oprah merupakan figur entrepreneur yang jeli dalam melihat peluang bisnis. Ketika memutuskan suatu hal, ia sudah mempertimbangkan risiko dan keuntungannya. Contohnya ketika ia memutuskan menyudahi Oprah Winfrey Show di jaringan TV nasional Amerika tahun 2011. Acara TV andalannya memang sudah tidak ada, tapi sebagai gantinya ia membuat saluran TV kabel khusus bernama OWN (Oprah Winfrey Network).

 

3. Mantapkan eksekusi

tips entrepreneurship dari Oprah Winfrey
via wikimedia.org

Beda orang yang biasa-biasa saja dengan entrepreneur sukses adalah kemampuan dalam menerapkan ide. Ide bisnis sekeren apa pun enggak ada gunanya kalau eksekusinya kacau.

Lihat acara Oprah sebagai contohnya. Oprah adalah merek dagang yang sudah dikenal oleh orang banyak di seluruh dunia. Kesuksesan acara itu enggak akan tercapai kalau tim produksi tidak mampu membuat dan menjalankan konsep acara yang bagus setiap harinya. Eksekusi dari hari ke hari sangatlah penting.

 

4. Personal branding baik untuk bisnis

via wikimedia.org

Banyak CEO dan pebisnis sukses yang mengerti bahwa bisnis mereka akan sangat diuntungkan jika mereka enggak hanya menjual merek bisnisnya, namun juga nama mereka sebagai influencer. Apalagi sekarang peran media sosial semakin penting dalam menentukan kesuksesan suatu bisnis.

Oprah mampu meningkatkan penjualan novel Anna Karenina dari 11.648 buku menjadi 643.122 buku dalam 12 minggu setelah memasukkannya dalam daftar baca klub bukunya. Bayangkan kekuatan nama besar Oprah ketika dia menjual produk yang dia usung.

 

5. Bantu dirimu dengan menolong orang lain

via flickr.com

Oprah punya prinsip bahwa hal yang paling penting dalam menjadi entrepreneur yang sukses adalah menyebarkan kebaikan kepada orang lain. Wujud konkretnya, Oprah kerap memberi donasi dan melakukan kegiatan sosial untuk membantu sesama lewat yayasan sosialnya Oprah’s Angel Network.

Sebagai seorang entrepreneur, nilai dan integritas diri dapat terlihat ketika kita melakukan kebaikan. Lagipula melakukan kebaikan untuk orang lain adalah melakukan kebaikan untuk diri sendiri. Kita harus memberi untuk menerima.

 

Itu tadi beberapa pelajaran entrepeneurship yang bisa kita petik dari sosok Oprah Winfrey. Apa kamu punya tokoh idola yang jadi inspirasi berbisnis?


 

Leave a Reply