Berani Mencoba 7 Kopi Unik dan Enggak Biasa Ini?

Membicarakan kopi seolah enggak ada habisnya. Banyak aspek dari perkopian yang menarik untuk diulik, mulai dari tempat-tempat penghasil kopi enak, metode pemrosesannya, sampai macam-macam minuman yang bisa dibuat dari kopi.

Kali ini JadiMandiri mau membahas soal kopi-kopi unik. Kalau biasanya petani kopi memanen kopi dari tanaman kopi, nah kopi-kopi berikut asal muasalnya enggak seperti itu. Jadi seperti apa? Simak saja sendiri di bawah ini.

 

1. Kopi Luwak

7 Macam Kopi dengan Bahan Dasar yang Unik
via pixabay.com

Kopi unik yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi orang Indonesia. Kopi luwak berasal dari biji kopi yang tidak hancur dicerna oleh luwak. Hewan sejenis musang ini memang dikenal sangat pandai memilih buah-buahan terbaik untuk dimakan, salah satunya adalah buah kopi. Biji kopi yang melewati proses pencernaan di dalam perut luwak menciptakan rasa kopi yang khas; lembut dan tidak terlalu pahit dibandingkan dengan kopi lainnya.

 

2. Kopi Monyet

7 Macam Kopi dengan Bahan Dasar yang Unik
via pixabay.com

Makhluk lain yang hobi makan buah kopi adalah monyet, lebih tepatnya monyet rhesus (Macaca mullata). Monyet rhesus doyan mengunyah buah kopi namun tidak sampai ditelan. Buah kopi itu cuma dikunyah-kunyah dan dihisap sari manisnya. Buah kopi yang sarinya sudah habis dihisap itu ketika diproses menghasilkan rasa vanila yang khas. Kalau kamu penasaran ingin mencoba seperti apa kopi monyet, coba deh berkunjung ke tempat asal kopi ini di Taiwan.

 

3. Kopi Burung Jacu

7 Macam Kopi dengan Bahan Dasar yang Unik
via pixabay.com

Kopi burung jacu didapat dari hasil proses yang kurang lebih sama seperti kopi luwak. Burung khas Brazil ini memilih dan memakan buah kopi yang terbaik. Biji kopi yang tidak hancur dicerna burung jacu, ketika diproses menghasilkan rasa kopi yang pedas dan sedikit asam.

 

4. Kopi Gajah

7 Macam Kopi dengan Bahan Dasar yang Unik
via pixabay.com

Negara Gajah Putih, Thailand, punya kopi gajah. Biji kopi sisa pencernaan hewan raksasa ini setelah diproses menghasilkan kopi yang nikmat. Kopi gajah memiliki rasa dan aroma bebungaan dan coklat. Rasa asamnya juga tidak kuat.

 

5. Kopi Bawang

7 Macam Kopi dengan Bahan Dasar yang Unik
via pixabay.com

Kalau kopi-kopi unik sebelumnya berasal dari proses pencernaan hewan, kopi yang satu ini dihasilkan lewat proses rekayasa sederhana. Kopi bawang terbuat dari bawang putih yang dipanggang dan dihaluskan lalu diseduh dengan air panas. Cengkeh ikut dimasukkan untuk membuat rasa kopi bawang semakin mirip dengan kopi pada umumnya.

Kopi bawang ini diciptakan oleh orang Jepang bernama Yokitomo Shimotai. Karena tidak mengandung kafein, Yokitomo mengklaim minuman ciptaannya ini aman bagi ibu hamil dan orang yang tidak mau begadang setelah minum kopi. Selain itu karena kopi bawang terbuat dari bawang yang sudah matang, mulut orang yang meminumnya pun tidak akan bau bawang. Kalau kamu tertarik, kopi bawang ada di kota Ninhohe, Prefektur Iwate, Jepang.

 

6. Kopi Biji Salak

7 Macam Kopi dengan Bahan Dasar yang Unik
via pixabay.com

Di Jepang ada kopi bawang, di Salatiga ada kopi biji salak. Enggak seperti biji salak Ramadan yang terbuat dari tepung dan ubi, kopi biji salak benar-benar terbuat dari biji salak. Proses pembuatannya, biji salak pondoh dijemur lalu sesudah kering dihaluskan hingga menjadi bubuk.

Kopi unik ini hanya diproduksi saat musim salak tiba. Walau warnanya hitam pekat dan memiliki rasa pahit seperti kopi, tapi minuman ini tidak mengandung asam maupun kafein. Konon, minuman ini berkhasiat mengobati penyakit tekanan darah tinggi. Tertarik mencoba?

 

7. Kopi Biji Pepaya

7 Macam Kopi dengan Bahan Dasar yang Unik
via pixabay.com

Kopi unik ini merupakan karya ilmiah dari mahasiswi-mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta. Mereka berhasil menciptakan minuman menyerupai kopi yang bahan dasarnya dari biji pepaya. Karena bukan berasal dari biji kopi, minuman ini tidak mengandung kafein dan diklaim dapat menurunkan kolesterol.

 

Dari tujuh kopi unik di atas, mana yang paling bikin kamu tertarik untuk mencoba?


 

Leave a Reply