7 Tips Memotivasi Diri untuk Menabung agar Kantong Enggak Kosong Terus

Bagi sebagian besar orang, menabung itu sama menyebalkannya dengan pergi ke dokter. Kalau pergi ke dokter menyebalkan karena harus menunggu antrean demi berhadapan dengan peralatan dokter yang bikin nyali ciut, menabung menyebalkan karena butuh komitmen dan kemampuan mengontrol diri dari hari ke hari.

Walau menyebalkan, menabung penting untuk dilakukan. Hidupmu enggak akan kemana-mana kalau enggak bisa menabung. Biar enggak susah-susah amat, yuk coba tips-tips memotivasi diri untuk menabung berikut ini.

 

1. Beri hadiah pada diri sendiri ketika target menabung tercapai

tips memotivasi diri untuk menabung
via publicdomainpictures.net

Supaya bisa menabung kamu sudah membayangkan harus mengetatkan anggaran dan puasa ke kafe. Kok kayaknya suram? Enggak suram kok. Semua usaha penghematan pada saatnya akan bisa kamu nikmati dalam bentuk rumah, dana pensiun, mobil, atau dana liburan ke luar negeri.

Agar tetap termotivasi, coba berikan hadiah-hadiah kecil selama kamu menabung. Misalnya, ketika kamu sudah berhasil mencapai seperempat tabungan yang dibutuhkan, kamu bisa menghadiahi diri makan di restoran enak. Bisa juga kadonya yang enggak perlu keluar uang seperti memanjakan diri nonton maraton serial favorit.

 

2. Gunakan teknik bola salju

via staticflickr.com

Di film-film kartun, bola salju yang menggelinding dari atas bukit lama-lama akan semakin besar. Dalam menabung, filosofi bola salju seperti itu bisa kamu terapkan. Bagaimana caranya? Misalnya target tabunganmu bulan ini adalah 100 ribu. Coba capai target tersebut.

Ketika tercapai, jangan habiskan uang tersebut. Gunakan sebagai “modal” untuk tabungan bulan berikutnya. Target untuk bulan berikutnya pun harus kamu perbesar. Begitu seterusnya sampai kamu semakin pandai menabung dan isi tabunganmu semakin banyak.

 

3. Buat pengingat visual

via wikimedia.org

Kadang impian kita terasa kurang nyata kalau cuma dibayangkan. Supaya lebih semangat menabung, coba buat pengingat visual. Misalnya, letakkan foto calon istri, calon suami, anak, atau kucing kesayangan di dalam dompet. Dengan begitu sewaktu kamu membuka dompet, kamu jadi diingatkan lagi untuk lebih bijak mengeluarkan uang dan semakin giat bekerja.

 

4. Beri waktu tunggu untuk pembelian besar

via pixabay.com

Pernah enggak kamu membeli sesuatu yang harus kamu miliki saat itu juga, ternyata keesokan harinya kamu baru sadar kalau pembelian itu enggak penting-penting banget.

Supaya belanja impulsif seperti itu enggak jadi kebiasaan, coba deh tunda beberapa waktu barang yang ingin kamu beli. Jeda waktu itu bisa membuat kamu berpikir lebih jernih sebelum membeli. Apakah barang tersebut benar-benar kamu butuhkan. Tentu saja hal ini enggak berlaku untuk pembelian penting seperti rumah atau mobil ya.

 

5. Buat daftar pemborosan

via media.defense.gov

Seringkali kita sadar kalau apa yang kita inginkan sama sekali enggak penting, namun tetap saja gatal ingin membeli. Kalau keinginan semacam ini mulai timbul, praktikkan poin nomor empat di atas. Jangan lupa untuk mencatatnya juga.

Kamu bisa menuliskan semua yang ingin kamu beli, simpan daftar tersebut, dan jangan belanja sebelum 30 hari berlalu. Setelah beberapa saat, kamu bisa membaca kembali catatanmu dan menyadari betapa borosnya kamu. Dengan menyadari hal ini, kamu jadi lebih hati-hati ketika melakukan pembelian dan semakin semangat menabung.

 

6. Anggap menabung sebagai permainan

via maxpixel.freegreatpicture.com

Tips lain yang bisa kamu gunakan agar makin semangat menabung adalah menjadikannya seperti permainan. Coba deh berkompetisi melawan dirimu sendiri. Bisa enggak target tabungan yang kamu bukukan bulan ini lebih banyak dibanding bulan lalu? Bisa enggak kamu mencari penghasilan tambahan untuk menambah saldo tabungan? Kira-kira bisa enggak kamu menabung 10% dari gajimu? Permainan semacam ini akan memotivasimu untuk semakin giat menabung tanpa harus merasa terpaksa.

 

7. Baca kisah sukses

via pixabay.com

Kisah sukses orang lain juga sumber motivasi yang baik. Tahu bahwa ada orang lain yang mampu melakukannya akan bikin kamu merasa hal itu sangat mungkin untuk dilakukan. Selain itu kamu juga jadi optimis dan ingin merasakan kebahagiaan saat sukses menabung dan bebas dari utang. Yap, kalau orang lain bisa, kamu pasti bisa.

 

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan supaya makin giat dan semangat menabung. Menurut kamu mana yang paling ampuh untuk memacu semangat menabung?

Leave a Reply