5 Tips Mengatasi Insomnia Bagi Kamu yang Susah Tidur

Semua orang butuh cukup tidur. Jika kita enggak memberi tubuh kesempatan untuk beristirahat dengan cukup, akibatnya kesehatan kita bisa terganggu. Susahnya, ada orang yang ingin tidur seperti biasa tapi tidak kesampaian karena mengalami insomnia atau sulit tidur. Kalau kamu termasuk dari orang-orang yang mengalami gangguan ini, yuk baca tips mengatasi insomnia di bawah ini.

 

1. Kurangi aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran menjelang tidur

tips mengatasi insomnia
via staticflickr.com

Saat sudah memasuki jam tidur, hindari kegiatan-kegiatan terlalu aktif yang sarat stimulan seperti berolah raga, nonton film horor, main game seru, atau merinci catatan keuangan. Bukannya bikin mengantuk, kegiatan-kegiatan itu malah bikin pikiran berada dalam mode siaga.

Kegiatan sebelum tidur yang JadiMandiri sarankan adalah yang membuat tubuh rileks dan pikiran santai seperti menulis jurnal, membaca buku, atau mendengarkan musik yang lembut. Tunda hal-hal yang membuatmu stres atau perlu berpikir keras sampai besok. Malam ini, tidur dulu.

 

2. Segera bangun dari kasur kalau tidak kunjung mengantuk

via staticflickr.com

Kamu sudah naik ke tempat tidur, memejamkan mata, dan berusaha tertidur. Tapi kok sesudah beberapa lama tetap enggak mengantuk?

Kalau kira-kira lima belas menit mengulet-ulet kamu tetap tidak bisa tidur, daripada semakin stres lebih baik bangun dari tempat tidur. Lakukan kegiatan santai seperti di poin pertama. Kamu bisa coba keluar kamar, baca buku, nonton TV, minum minuman hangat (jangan teh atau kopi tapi lho ya), atau mandi air hangat agar badanmu makin rileks.

 

3. Jadikan kamarmu ruang untuk istirahat

tips mengatasi insomnia
via pixabay.com

Tips lain yang bisa kamu lakukan adalah mendedikasikan kamar tidur sebagai tempat istirahat. Hindari meletakkan TV atau bekerja di dalam kamar. Hindari pula sarapan breakfast in bed ala -ala film barat atau baca buku di kasur.

Jadikan kamarmu ruangan yang nyaman untuk tidur. Beli tirai yang tidak tembus cahaya. Matikan lampu kamar saat tidur. Kalau kamu terbiasa tidur dengan lampu menyala, beli lampu khusus untuk tidur yang cahayanya temaram.

Suhu ruangan juga perlu kamu atur. Buat suhu kamar sejuk dengan AC atau kipas angin. Selain berguna menyejukkan udara, AC dan kipas angin juga mengeluarkan white noise yang bisa membuatmu cepat tidur. Kalau perlu putar musik yang menenangkan.

 

4. Konsumsi makanan dan minuman tertentu

via pixabay.com

Perbanyak mengonsumsi makanan dan minuman alami yang dapat membantumu untuk tertidur seperti pisang, susu, dan teh herbal. Susu dan pisang mengandung asam amino tryptophan yang meningkatkan kadar serotonin sebagai zat penenang alami di dalam tubuh. Sementara teh herbal seperti teh kamomil mengandung zat flavonoid yang punya efek menenangkan. Kamu bisa konsumsi teh ini dengan porsi 2 sampai 3 cangkir sehari.

 

5. Konsultasi ke dokter

via publicdomainpictures.net

Kalau kamu sudah mencoba segala cara dan hasilnya tetap nol, berarti sudah saatnya kamu pergi ke dokter. Konsultasikan ke dokter mengenai gangguan sulit tidur yang kamu alami. Selain sebagai akibat, insomnia tidak jarang juga menjadi gejala penyakit lain yang lebih serius seperti depresi, Lyme, apnea, dan jantung.

Saat berkonsultasi, jelaskan gangguan tidurmu dengan detail kepada dokter. Sebutkan juga obat-obatan atau ramuan herbal yang kamu konsumsi karena bisa jadi obat atau ramuan itu yang menyebabkan kamu insomnia.

 

Kalau kamu, biasanya kegiatan atau ritual apa yang kamu lakukan supaya bisa cepat tidur? Yuk berbagi di kolom komentar JadiMandiri.


 

Leave a Reply