Baru Mulai Merintis Usaha? Berhati-Hatilah Terhadap 5 Masalah Ini

Ketika mulai merintis usaha, rasa-rasanya semua sudah kamu rencanakan dengan matang. Modal sudah kamu rancang ke mana saja peruntukannya. Rencana kegiatan pemasaran sudah kamu susun dengan rapi. Pokoknya kamu yakin semua akan berjalan lancar jaya.

Apakah semua bakal terjadi sesuai dengan rencana? Belum tentu. Bisa saja hal-hal yang enggak kamu pikirkan sebelumnya justru yang terjadi. Sebagai langkah pencegahan, kenali masalah-masalah yang umumnya menimpa pengusaha pemula di awal merintis usaha

 

1. Pengeluaran tidak terduga

5 Tantangan yang Harus Diketahui ketika Memulai Usaha
via popsugar.com

Sebagai entrepreneur pemula mungkin kamu merasa sudah mempersiapkan segala keperluan bisnis dengan baik, termasuk urusan anggaran. Walau begitu, tetap saja akan ada hal mendadak yang menimbulkan pengeluaran tidak terduga. Jika tidak kamu antisipasi dengan baik pengeluaran tidak terduga bisa bikin anggaran bocor. Solusinya, saat merencanakan anggaran bisnis, sebaiknya buat juga anggaran untuk pengeluaran tidak terduga.

 

2. Penipuan

5 Tantangan yang Harus Diketahui ketika Memulai Usaha
via hedgeconnection.com

Bisnis erat kaitannya dengan rasa percaya. Perjanjian kerjasama bisnis yang kamu buat pasti melibatkan rasa percaya. Walau begitu, namanya hidup, tidak tertutup kemungkinan orang yang kamu ajak kerjasama lari dan mengelak dari tanggung jawab. Untuk itu kamu perlu selalu waspada akan potensi penipuan yang bisa terjadi.

 

3. Hilang motivasi

5 Tantangan yang Harus Diketahui ketika Memulai Usaha
via pixabay.com

Saat mulai berbisnis kamu harusnya sudah tahu apa tujuan bisnismu sehingga kalau menemui halangan dan tantangan saat menjalankannya, kamu enggak patah semangat dan hilang motivasi.

Miliki support system tempat kamu bisa mengeluarkan semua unek-unek saat menjalankan bisnis. Di antara mereka barangkali ada yang tidak bisa memberi pertolongan teknis, tapi paling tidak mereka dapat mengingatkan untuk kembali pada jalur yang benar.

 

4. Keseimbangan hidup terganggu

5 Tantangan yang Harus Diketahui ketika Memulai Usaha
via pixabay.com

Merintis usaha tentu tidak mudah. Banyak kasus entrepreneur merelakan waktu pribadi tersita demi mengurus bisnis. Di sini kamu perlu melatih diri mengatur waktu dengan baik. Jangan sampai gara-gara bisnis, segi kehidupanmu yang lain jadi berantakan. Semua harus berjalan dengan seimbang.

 

5. Kesepian dan kelelahan

5 Tantangan yang Harus Diketahui ketika Memulai Usaha
via pixabay.com

Harus memutar otak agar bisnis bisa untung, harus mengatur dan mengarahkan pegawai, harus menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan bisnis, dan berbagai tekanan lain sudah pasti akan membuat kamu kelelahan. Kalau kamu tidak punya support system, tidak jarang kamu juga akan kesepian. Tidak ada yang mengerti perasaanmu.

Pada saat seperti itu, mungkin tidak ada salahnya berjalan sedikit lebih lambat demi kewarasan pikiran. Carilah orang yang bisa diajak berdiskusi untuk semua hal yang kamu hadapi.

 

Menurut kamu dari lima masalah di atas, masalah mana yang paling sering terjadi? Ayo utarakan pendapatmu di kolom komentar.


 

Leave a Reply