Usaha Kecil Hasil Maksimal dengan Mandiri Kredit Usaha Mikro

Ketika pada tahun 2008 banyak negara di dunia mengalami krisis ekonomi, Indonesia beruntung bisa bertahan dan tidak mengalami dampak yang terlalu parah. Salah satu alasannya adalah karena peran Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM). Kelompok usaha tersebut lah yang menggenjot perekonomian Indonesia.

Saat ini kira-kira ada 57 juta UMKM yang ada di seluruh Indonesia. Keberadaannya makin berkembang saat krisis dan saat usaha skala besar bertumbangan. Hanya saja, kehadiran UMKM tidak ditopang oleh pembiayaan yang kuat sehingga sulit berkembang. Oleh sebab itulah Bank Mandiri sebagai badan usaha milik negara berkomitmen menyediakan bantuan pembiayaan lewat produk Mandiri Kredit Usaha Mikro.

 

via flickr.com

Produk pembiayaan ini ditujukan bagi pengusaha yang membutuhkan Kredit Investasi (KI) dan atau Kredit Modal Kerja (KMK) untuk mengembangkan usaha skala kecilnya. Semua pemilik usaha baik berbentuk perusahaan, kelompok usaha, ataupun perorangan (seperti pedagang, petani, peternak, dan nelayan) dapat mengajukan Mandiri Kredit Usaha Mikro.

Kredit ini memiliki angsuran tetap (aflopend plafond) dengan jangka waktu kredit maksimal 36 bulan. Agunannya berupa objek yang dibiayai dan fixed assets seperti tanah, bangunan, kendaraan, ataupun perabotan. Mandiri Kredit Usaha Mikro ini terdiri atas 2 jenis produk kredit:

 

1. KUM (Kredit Usaha Mikro)

via wikimedia.org

Kredit ini khusus untuk keperluan usaha misalnya untuk modal membeli bahan baku atau peralatan pendukung. Maksimum limit kreditnya adalah Rp100 juta. Kalau kamu minta penambahan fasilitas top up limitnya diperkenankan hingga Rp 200 juta.

Syarat pengajuan KUM antara lain kamu harus berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah. Maksimal 60 tahun saat kredit lunas. Usahamu sudah berjalan minimal 2 tahun dengan lokasi dan bidang usaha yang sama. Jadi enggak boleh sering pindah-pindah atau gonta-ganti bidang usaha. Kamu juga sedang tidak dalam kondisi kredit bermasalah atau pernah memperoleh fasilitas kredit sebelumnya.

Kelengkapan dokumen yang diperlukan antara lain KTP, Kartu Keluarga (KK), Surat Nikah (bagi yang menikah), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bagi kredit Rp 50 juta ke atas, dan Surat Keterangan Usaha dari Desa/Kelurahan atau Dinas Pasar atau otoritas setempat atau Surat Izin Usaha.

 

2. KSM (Kredit Serbaguna Mikro)

via pixabay.com

Kredit ini bisa untuk keperluan usaha atau keperluan lain yang tidak berkaitan dengan usaha seperti membayar uang pangkal sekolah anak, modal nikah, dan lain sebagainya. Maksimum limit kreditnya adalah Rp 50 juta.

Apa saja syaratnya? Usiamu minimal 21 tahun atau sudah menikah. Kamu setidaknya sudah berstatus pegawai tetap minimal 1 tahun dengan penghasilan di atas Upah Minimum Regional (UMR) di daerah domisili. Jangan lupa juga berbagai dokumen kelengkapan seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami istri, Kartu Keluarga (KK), dan Surat Nikah/Cerai (bagi yang sudah menikah/cerai).

Kalau kamu sedang kesulitan mencari pembiayaan untuk usaha kecil, coba deh ajukan Kredit Usaha Mikro dari Bank Mandiri ini. Percayalah, semua jerih payahmu pasti akan membawa hasil.


 

Leave a Reply