Nggak Perlu Sebal Gara-Gara Becek, Ini 7 Tips Traveling Saat Musim Hujan

Bulan Juni sampai Agustus adalah musim puncak liburan. Tempat-tempat wisata dibanjiri turis domestik dan asing. Banyak orang merencanakan liburan pada periode tersebut karena cuaca sedang cerah-cerahnya.

Kalau ingin liburan yang agak lengang, cobalah wisata di luar periode tersebut. Risikonya, wisata pada bulan September sampai Maret akan lebih basah karena periode itu masuk musim hujan. Tapi tenang, walau cuaca kurang mendukung, kamu bisa siasati agar travelingmu tetap menyenangkan. Simak tips-tips traveling saat musim hujan berikut ini.

 

1. Eksplorasi tempat

Tips Traveling di Musim Hujan
via pixabay.com

Traveling saat off season punya keuntungannya tersendiri. Kamu bisa mendapatkan harga tiket dan akomodasi yang lebih murah dibandingkan liburan saat peak season. Penghematan bujet tiket dan akomodasi bisa kamu alokasikan untuk eksplorasi tempat wisata lain. Tempat yang bisa kamu kunjungi jadi bisa lebih banyak. Suasana juga lebih asyik karena lengang dan tidak seramai musim liburan.

 

2. Jalan-jalan ringkas

Tips Traveling di Musim Hujan
via pixabay.com

Traveling saat musim hujan sangat disarankan untuk membawa barang-barang seperlunya dan ringkas. Utamakan juga barang yang bahannya ringan. Pastikan pakaian yang kamu bawa bisa dipadupadankan sehingga dapat digunakan pada kesempatan yang berbeda. Kamu bisa membawa pakaian dari bahan sintetis agar mudah kering. Jangan lupa juga bawa handuk kecil dan kaus kaki yang mudah kering.

 

3. Bawa obat-obatan

Tips Traveling di Musim Hujan
via pixabay.com

Kita rentan sakit saat musim hujan. Yang paling umum, kita terserang flu dan batuk saat musim hujan. Supaya rencana travelingmu tidak berantakan gara-gara sakit saat di destinasi wisata, bawalah selalu obat-obatan pribadi. Jangan lupa juga konsumsi vitamin agar stamina tubuh dapat terjaga.

Oh iya, perlu juga membawa obat nyamuk oles untuk jaga-jaga kalau ada serangan nyamuk atau serangga lain ketika kamu berjalan di tempat terbuka.

 

4. Sedia tas tahan air

Tips Traveling di Musim Hujan
via pixabay,com

Kamu pasti enggak mau bawaanmu rusak gara-gara kebasahan kena hujan, kan? Karena itu kamu perlu membawa tas yang bahannya anti air. Dengan begitu semua peralatan elektronik seperti kamera, smartphone, atau tablet bisa terlindungi meski hujan yang turun enggak kunjung reda.

 

5. Hunting kuliner hangat

Tips Traveling di Musim Hujan
via pixabay.com

Kalau kamu senang wisata kuliner, musim hujan jadi momen yang seru untuk berburu makanan atau minuman hangat. Tempat-tempat makan biasanya enggak terlalu ramai. Kamu bisa mencicipi menu yang menghangatkan badan sekaligus menikmati suasana saat musim hujan yang menjurus mellow.

 

6. Bawa alas kaki yang cocok

Tips Traveling di Musim Hujan
via pixabay.com

Pastikan kamu membawa alas kaki yang cocok untuk traveling selama musim hujan. Tentunya kamu harus menghindari alas kaki yang memiliki hak atau berbahan kulit. Pilihlah alas kaki yang nyaman, mudah dibersihkan, dan tidak licin. Pilihan alas kaki itu seperti sandal gunung, sepatu olahraga yang gampang kering, atau sepatu dari bahan karet.

 

7. Bawa jaket, payung, dan ponco

Tips Traveling di Musim Hujan
via pixabay.com

Perlengkapan seperti payung, ponco, atau jaket harus siap sedia kamu bawa. Pilihlah jaket dari bahan parasut yang bukan saja anti air tapi juga anti angin. Pastikan dirimu untuk tetap kering walau hujan deras melanda.

 

Sudah siap traveling di musim hujan ini?


 

Leave a Reply