10 Tips Keamanan Dasar Bagi Pegawai Bank

Bank sebagai lembaga layanan finansial menangani aset dan uang yang jumlahnya besar. Sebagai pegawai bank tentu saja kamu harus memperhatikan keamanan diri dan bank tempat kamu bekerja.

Berikut ini JadiMandiri berikan sejumlah tips keamanan dasar bagi pegawai bank. Barangkali banyak di antaranya yang sudah kamu ketahui dan hafal, tapi enggak apa-apa, JadiMandiri ingatkan lagi supaya kamu senantiasa mawas. Ayo simak sama-sama.

 

1. Jaga informasi bank

tips keamanan dasar untuk pegawai bank
via wikimedia.org

Banyak orang yang beranggapan kalau menjadi bankir dan pegawai bank punya keistimewaan tersendiri. Setiap hari profesi ini bersinggungan dengan hal-hal penting yang bisa mempengaruhi kehidupan orang banyak. Keistimewaan tersebut sebanding dengan tanggung jawab yang diemban.

Bankir dan pegawai bank harus bisa menjaga informasi dengan baik. Dengan begitu, niat pihak lain untuk mengambil keuntungan dengan merugikan bank dapat dicegah. Untuk itu kamu perlu memperhatikan segala yang kamu sampaikan di muka dan media sosial. Selalu anggap serius masalah keamanan agar kamu terhindar dari hal-hal yang merugikan dan membahayakan.

 

2. Cari tahu berita terbaru

via wikimedia.org

Sebagai pegawai bank, kamu kudu update berita terbaru. Berita yang dimaksud di sini bukan yang dari situs hoaks atau akun gosip ya, tapi yang riil sesuai fakta. Paling tidak kamu wajib tahu informasi keuangan terkini ataupun perubahan kebijakan yang dilakukan bank tempatmu bekerja.

Informasi merupakan hal yang sangat vital pada zaman sekarang. Ketinggalan informasi bisa bawa pengaruh buruk terhadap pekerjaanmu.

 

3. Jaga informasi pribadi

via deviantart.net

Sebagai bagian dari lembaga layanan finansial yang menangani uang dalam jumlah banyak, kamu juga perlu hati-hati dalam menjaga informasi pribadimu. Jangan pernah memberikan nomor telepon pribadi dan alamat rumahmu kepada nasabah untuk alasan apapun. Selalu ada kemungkinan kamu akan mendapatkan gangguan dari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan dari bank melalui dirimu.

 

4. Ikut pelatihan keamanan

via staticflickr.com

Agar lebih waspada dan siap dengan isu keamanan, kamu bisa mengikuti pelatihan dan seminar keamanan, terutama keamanan perbankan. Lakukan secara berkala untuk mendapatkan perkembangan terbaru. Hal ini perlu dilakukan untuk memperluas pengetahuan dan kesiapanmu untuk menjaga keamanan dirimu dan bank tempatmu bekerja.

 

5. Diskusikan masalah keamanan dengan rekan tim

via wikimedia.org

Biasakan untuk berdiskusi dan berbagi informasi dan perkembangan isu keamanan dengan kolega serta anggota timmu. Hal ini sangat dibutuhkan karena kalian bisa saling belajar dan mengisi kekosongan informasi satu sama lain.

 

6. Hanya menerima perintah dari atasan

via pixabay.com

Jika ada nasabah yang datang kepadamu dan meminta pelayanan perbankan yang enggak biasa, penting untuk selalu menanyakan atasanmu. Hanya lakukan perintah atau komando dari atasanmu. Hal ini untuk menghindarkan orang yang berniat jahat dan mencari celah.

 

7. Mawas akan orang yang lalu lalang

via wikimedia.org

Kantor bank selalu penuh dengan orang-orang dan nasabah yang keluar masuk. Biasakan untuk memperhatikan setiap orang yang keluar masuk. Kamu bisa saja menyadari plot pencurian atau penipuan. Kalau kamu melihat ada yang berniat enggak baik seperti ini, segera laporkan kepada manajemen atau polisi.

 

8. Jaga informasi nasabah

via staticflickr.com

Jangan pernah membocorkan informasi pribadi atau data klien maupun nasabah. Selalu utamakan kerahasiaannya karena hal-hal ini dapat membahayakan aset bahkan hidup mereka. Hati-hati dan simpan semua detil.

 

9. Jangan setujui pelanggan yang tidak sesuai aturan

via staticflickr.com

Kalau kamu menemukan nasabah yang ingin melakukan transaksi atau kegiatan finansial yang enggak biasa, kamu harus segera melakukan tindakan pencegahan. Jadi, jika ada yang ingin melakukan penarikan melebihi batas maksimal atau ingin melakukan transaksi namun nama, informasi pribadi dan fotonya enggak muncul dalam data bank, segera koordinasi dengan pihak manajemen.

 

10. Jaga keamanan komputermu

via pixabay.com

Selalu jaga keamanan komputermu. Gunakan password yang unik dan enggak bisa diketahui oleh orang lain. Hal ini diperlukan agar informasi rahasia yang terdapat pada komputermu enggak bocor kepada orang lain.

 

Semua tips di atas enggak bermaksud membuat kamu jadi selalu paranoid dan curigaan, tapi ya enggak ada salahnya juga untuk berhati-hati.


Leave a Reply