7 Keuntungan Menjadi Vegan dan Vegetarian

Gaya hidup vegan dan vegetarian sebenarnya sudah ada sejak lama, hanya saja di Indonesia gaya hidup ini belum sepopuler di negara-negara maju. Mungkin karena tidak terlalu populer itu juga banyak orang yang meragukan manfaat jadi vegan dan vegetarian bagi kesehatan.

Perlu kamu ketahui, gaya hidup ini lebih sehat ketimbang pola makanan yang mengonsumsi hewan lho. Kalau enggak percaya, baca 7 keuntungan menjadi vegan dan vegetarian berikut ini.

 

1. Mengurangi risiko penyakit kronis

Keuntungan Menjadi Vegan dan Vegetarian
via pixabay.com

Kalau kamu jadi vegan atau vegetarian, otomatis kamu membiasakan diri untuk hidup lebih sehat. Imbasnya, risiko kamu terkena penyakit kronis lebih kecil.

Satu studi yang membandingkan kesehatan vegan/vegetarian dengan non vegan/non vegetarian menunjukkan bahwa jumlah grup vegan/vegetarian punya tubuh yang jauh lebih sehat. Jumlah penderita tekanan darah tinggi dan obesitas di grup vegan/vegetarian lebih sedikit dibanding grup non vegan/non vegetarian.

 

2. Berat badan terjaga

Keuntungan Menjadi Vegan dan Vegetarian
via pixabay.com

Para vegan dan vegetarian umumnya memiliki Indeks Massa Tubuh dan berat badan yang lebih rendah dari orang kebanyakan. Hal ini karena para vegan/vegetarian biasanya memiliki kesadaran dan kedisiplinan untuk menjaga kesehatan mereka.

Di benak vegan/vegetarian sudah tertanam kewajiban memakan makanan yang sehat, segar, dan rendah kalori. Alasan lain, makanan yang vegan/vegetarian santap biasanya kaya serat dan penuh nutrisi sehingga jauh dari konstipasi.

 

3. Menghindarkan dari kanker

Keuntungan Menjadi Vegan dan Vegetarian
via wikimedia.org

Makanan vegan dan vegetarian kaya zat antioksidan yang efektif untuk mencegah kanker. Satu studi menunjukkan mereka yang menerapkan gaya hidup vegan dan vegetarian secara signifikan memiliki risiko kanker yang lebih rendah ketimbang mereka yang secara reguler mengonsumsi daging.

 

4. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Keuntungan Menjadi Vegan dan Vegetarian
via static.pexels.com

Gaya hidup ini juga membuat tingkat kolesterol dan tekanan darah menjadi rendah. Pasalnya tumbuhan enggak punya kadar kolesterol buruk, termasuk yang kaya lemak seperti kelapa dan cokelat. Pola makan yang kaya kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan ini juga tinggi asupan potasium. Potasium menurunkan tekanan darah sehingga kamu jadi bebas depresi dan stres.

 

5. Jantung yang sehat

Keuntungan Menjadi Vegan dan Vegetarian
via cdn.pixabay.com

Satu studi kesehatan menyebutkan bahwa vegan dan vegetarian memiliki tingkat kematian akibat penyakit jantung yang lebih rendah dibanding non vegan/non vegetarian. Hal itu cukup masuk akal mengingat sayur-sayuran dan buah-buahan adalah sumber antioksidan. Kalau kamu cukup mengonsumsi kedua makanan tersebut efeknya adalah kadar kolesterol dan tekanan darah menurun. Efek lanjutannya, risiko terkena penyakit jantung juga berkurang.

 

6. Mencegah diabetes

Keuntungan Menjadi Vegan dan Vegetarian
via pixabay.com

Cara yang paling efektif untuk menurunkan kadar gula darah adalah dengan memakan banyak makanan berserat. Makanan berserat memperlambat penyerapan gula ke dalam darah sehingga kamu enggak cepet lapar dan gula darahmu stabil. Apa makanan dengan kadar serat yang tinggi? Tentu saja buah dan kacang-kacangan, bukan daging, telur, dan produk hewani lainnya.

Sebuah studi menunjukkan dari 40.000 responden, pengidap diabetes 4 kali lebih banyak dari kelompok orang-orang yang bukan vegan dan vegetarian. Oleh sebab itu, gaya hidup ini merupakan pencegahan yang sangat baik bagi penyakit diabetes.

 

7. Awet muda

Keuntungan Menjadi Vegan dan Vegetarian
via publicdomainpictures.net

Satu studi menunjukkan bahwa pola makan vegan dan vegetarian memiliki nutrisi yang tinggi sehingga menghasilkan metabolisme yang sehat. Pola makan ini juga kaya fitokimia yang membuat seseorang jadi awet muda dan panjang umur.

 

Setelah membaca berbagai keuntungan menjadi vegan dan vegetarian di atas, apakah kamu tertarik untuk menjadi vegan atau vegetarian?


 

Leave a Reply