7 Kota Tujuan Wisata Kuliner di Asia

Saat traveling, wisata kuliner biasanya jadi salah satu agenda yang enggak boleh terlewatkan. Kita bisa icip-icip makanan enak sambil melihat-lihat pemandangan yang unik. Tidak heran kini makin banyak tur wisata yang sengaja memfokuskan pada wisata kuliner.

Kalau kamu pencinta kuliner yang sedang merencanakan perjalananmu selanjutnya, mungkin kamu mau mencoba 7 kota tujuan wisata kuliner di Asia di bawah ini.

 

1. Bangkok, Thailand

kota tujuan wisata kuliner di Asia
via staticflickr.com

Bangkok adalah kota yang penuh warna. Budaya, atraksi, dan makanannya, semua serba istimewa. Dari makanan kelas atas sampai makanan murah bisa kamu temukan di Bangkok. Walau begitu yang membuat Bangkok terkenal sebagai kota tujuan kuliner justru jajanan pinggir jalannya.

Baik turis asing maupun warga lokal sepakat makanan pinggir jalan di Bangkok lebih nikmat daripada makanan restoran. Hal ini disebabkan budaya Thailand yang lebih suka makan sering namun dengan porsi kecil-kecil. Variasi makannya pun jadi beragam.

Mulai dari makanan asin hingga manis, mie goreng khas Thailand Pad Thai sampai pizza buatan orang Italia berjejer di pinggir jalan kota Bangkok. Mau cari sate jangkrik juga ada. Kamu pasti puas cuci mata sambil memanjakan lidah.

 

2. Chengdu, China

kota tujuan wisata kuliner di Asia
via staticflickr.com

Walau lebih terkenal dengan pandanya dan kota transit menuju ke Tibet, Chengdu menyimpan kekayaan kuliner yang luar biasa. Ibu kota provinsi Sichuan ini terkenal dengan makanan pedasnya. Contoh kuliner Chengdu yang sudah populer misalnya saus szechwan dan ayam Kung Pao.

Orang Chengdu, sama seperti kebanyakan orang di Indonesia, suka dengan cabai. Mereka juga enggak ragu-ragu membuat hidangan pedas. Saking enaknya, para turis yang mencicipi hidangan Chengdu sampai berpikir makanan itu dicampur opium!

 

3. Hong Kong

via wikimedia.org

Hong Kong selain surga belanja juga surga makanan. Dari makanan yang sangat murah sampai makanan yang berhasil memenangkan Michelin Star ada di Hong Kong. Salah satu alasan kuliner Hong Kong enak-enak adalah karena banyak mendapat pengaruh dari kuliner Inggris, Portugis, Makau, dan Guangzhou di China.

Kalau kamu ke Hong Kong, jangan lupa mencoba dim sumnya yang pasti beda dengan yang ada di Indonesia. Coba juga bakpau isi kacang hitam dan nanas, hidangan hot pot, dan tentu saja egg tart ala Hong Kong yang terkenal itu. Makanan yang rada eksotis seperti sup sirip hiu juga bisa kamu temui di sana.

 

4. Osaka, Jepang

via staticflickr.com

Kota Osaka punya budaya makan yang kuat. Istilah Jepang kuidaore yang artinya makan sekenyangnya sangat tepat untuk menggambarkan penduduk Osaka. Orang Jepang sampai punya guyonan, kalo orang Kyoto akan bangkrut beli kain sutra sedangkan orang Osaka akan bangkrut karena kebanyakan beli makanan.

Kalau ke Osaka, jangan melewatkan mencicipi sukiyaki dan takoyaki. Kamu akan terkesima dengan kenikmatan takoyaki khas Osaka. Untuk buah tangan dibawa pulang ke tanah air, kamu bisa membeli makanan berbahan dasar rumput laut dan salmon berkualitas tinggi.

 

5. Penang, Malaysia

via wikimedia.org

Kalau kamu tertarik untuk menikmati kuliner asli Malaysia coba bertandang ke Penang. Kamu akan melihat kalau jajanan pinggir jalan begitu merajai kuliner di kota ini.

Sama seperti Hong Kong, kekayaan kuliner Penang merupakan hasil percampuran budaya. Penduduk Penang terdiri dari etnis China, India, dan Melayu. Dari sekian banyak jajanan yang enak-enak, kamu enggak boleh melewatkan Masakan Peranakan. Makanan khas Penang tersebut merupakan perpaduan cita rasa Melayu dengan China.

 

6. Kalkuta, India

via pixabay.com

Kecintaan orang Bengali di Kalkuta terhadap makanan mungkin sama besarnya dengan orang Osaka. Di kota ini, kamu akan dimanjakan dengan berbagai makanan yang lezat dan kue-kue manis yang enak. Kalkuta terkenal dengan kue-kue dan manisan yang terbuat dari nolen gur (kurma). Kalau kamu lebih suka makanan India yang pedas dan berempah, Kalkuta terkenal dengan hidangan ikan air tawarnya seperti hilsa dan bhetki yang dimasak dengan mustar.

 

7. Jogjakarta, Indonesia

via wikimedia.org

Jogjakarta merupakan destinasi wisata kuliner yang fantastis. Dari makanan tradisional yang dijajakan di warung legendaris sampai kafe kekinian ada di Jogja. Harganya pun enggak bikin kantong bolong. Sebagai contoh, di Jogja kamu masih bisa mendapatkan gudeg pinggir jalan dengan harga lima ribu rupiah. Sajian gudeg itu tidak kalah dibanding restoran besar di Jakarta.

 

Menurutmu kota mana lagi yang layak jadi tujuan wisata kuliner? Yuk sampaikan pendapatmu di kolom komentar.


 

Leave a Reply