5 Resep Ikan Khas Nusantara yang Sedap dan Bikin Ketagihan

Sebagai negara maritim, Indonesia sebenarnya punya stok ikan yang melimpah. Namun sumber daya yang melimpah itu enggak diimbangi dengan tingkat konsumsi yang tinggi. Kalau dipukul rata, setiap orang Indonesia hanya makan 41 kg ikan per tahun. Angka ini masih kalah dibandingkan Singapura (80 kg per tahun) atau pun Malaysia (70 kg per tahun).

Apa ya kira-kira penyebab konsumsi ikan kita tidak terlalu tinggi? Kalau alasannya enggak tahu mau dimasak apa, sebenarnya banyak contoh resep ikan khas nusantara yang dijamin bakal bikin kita lahap makan. Berikut ini contohnya.

 

1. Ikan Bumbu Arsik (Naniura)

5 Aneka Masakan Ikan Nusantara yang Lezat dan Bikin Nagih
via wikimedia.org

Ikan bumbu arsik atau disebut dengan naniura adalah hidangan ikan khas Tapanuli, Sumatera Utara. Makanan ini biasanya disajikan di acara-acara adat. Ikan yang digunakan adalah ikan mas yang di-fillet (dibelah dua) lalu dikeluarkan isinya. Keunikan naniura adalah pengolahannya enggak pakai minyak. Saat diolah pun sisik ikan masih melekat di badan ikan.

Coba deh cicipi resep ikan khas nusantara ini. Dijamin bikin lidah bergoyang mengecap rasanya yang beraneka ragam. Asam, manis, pedas, dan gurih bercampur jadi satu.

 

2.  Balado Ikan Teri

5 Aneka Masakan Ikan Nusantara yang Lezat dan Bikin Nagih
via wikimedia.org

Balado ikan teri adalah sajian ikan khas Minang. Warna merah pada hidangan berasal dari cabai merah keriting yang dihaluskan bersama dengan rempah-rempah. Kalau tidak ada cabai merah, kadang-kadang ada juga yang menggunakan cabai hijau.

Balado ikan teri sangat lezat disantap bersama dengan nasi hangat. Mau lebih nikmat lagi? Santap bersama dengan sayur asam. Segarnya pol!

 

3. Pepes Ikan Bandeng & Kembung

5 Aneka Masakan Ikan Nusantara yang Lezat dan Bikin Nagih
via wikimedia.org

Orang Sunda punya teknik pepes (atau pais) dalam mengolah makanan. Bahan yang dijadikan pepes bisa bermacam-macam, tapi yang paling sering dipepes adalah ikan bandeng atau kembung.

Ikan yang sudah dibumbui dibungkus dalam daun pisang. Kelengkapan seperti tomat, cabe rawit, dan kemangi turut dimasukkan bersama ikan. Proses selanjutnya adalah menusukkan lidi di setiap ujung lalu dibakar sampai daun mengering. Sesudah matang, pepes siap disantap.

 

4. Asam Ikan Padeh

5 Aneka Masakan Ikan Nusantara yang Lezat dan Bikin Nagih
via wikimedia.org

Resep Asam Ikan Padeh berasal dari Sumatera Barat. Ikan yang digunakan adalah ikan kembung. Kalau tidak ada bisa diganti dengan ikan jenis lain. Sementara bumbu khas yang digunakan adalah kecombrang, asam, cabai, dan rempah-rempah. Santap Asam Ikan Padeh untuk merasakan sensasi segar di mulut.

 

5. Ikan Pesmol

5 Aneka Masakan Ikan Nusantara yang Lezat dan Bikin Nagih
via wikimedia.org

Ikan Pesmol merupakan resep ikan khas Sunda dan Betawi. Untuk membuatnya, pertama kita perlu menggoreng ikan gurame. Kalau tidak ada gurame, bisa diganti dengan ikan mujair, lele, nila, atau ikan air tawar lainnya.

Sesudah digoreng, baru kita tambahkan bumbu kuning yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, lengkuas, daun salam, sereh, dan garam. Kita bisa juga menambahkan cabe rawit secukupnya untuk membuat rasanya agak pedas.

 

Dari kelima resep ikan di atas mana yang paling kamu suka? Atau kamu punya resep favorit sendiri?


 

Leave a Reply