Sebagai Pengguna Kendaraan Online, Ini 7 Etiket yang Penting Kamu Lakukan

Kendaraan online sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang, terutama mereka yang rumahnya enggak tersentuh transportasi umum atau jauh dari jalan utama. Sayangnya, kita sering terbuai dengan slogan pelanggan adalah raja sehingga kadang-kadang lupa memperlakukan pengemudi kendaraan online dengan benar.

Biar enggak jadi pengguna kendaraan online yang petantang petenteng, yuk lakukan etiket berikut ini.

 

1. Sopan

Etika pengguna kendaraan online
Berlaku ramah dan kalau perlu beri senyuman ke pengemudi kendaraan online via pexels.com

Etiket pertama sebagai pengguna kendaraan online yang perlu kamu terapkan adalah berlaku sopan. Perlakukan pengemudi kendaraan online sebagaimana kamu ingin diperlakukan oleh orang lain. Misalnya, ucapkan selamat pagi/siang/malam dengan ramah. Utarakan tujuan atau instruksimu dengan sopan. Kalau berlaku ramah begitu, semua jadi sama-sama enak kan?

 

2. Tepat waktu

Etika pengguna kendaraan online
Sambil menunggu kendaraan datang, bisa ngobrol-ngobrol sama teman via pexels.com

Bukan hanya bos atau klien yang berhak dihargai waktunya. Bagi pengemudi kendaraan online waktu juga berarti uang. Jangan biarkan dia menunggumu lama, apalagi kalau lokasi penjemputanmu susah untuk berhenti lama-lama. Perkirakan waktu agar kamu sudah siap dan menunggu di lokasi jemputan ketika pengemudi sampai.

 

3. Berikan keterangan jelas

Etika pengguna kendaraan online
Tandai patokan yang jelas via pixabay.com

Pengemudi kendaraan online dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik. Salah satunya adalah tepat waktu. Oleh sebab itu, pastikan agar informasi lokasi yang kamu berikan lengkap dan tepat. Jangan buat pengemudi kendaraan online bingung dan akhirnya telat atau malah tersasar. Situasi bakal makin enggak enak kalau pengemudi yang datang kamu sambut dengan marah-marah. Wah, jangan sampai ya.

 

4. Jangan asal membatalkan orderan

Etika pengguna kendaraan online
Kalau kamu rasa sudah menunggu terlalu lama, baru deh batalkan orderan via flickr.com

Menggunakan kendaraan online sangatlah praktis. Cukup mengeklik aplikasi di smartphone, kamu bisa memesan kendaraan kapan pun kamu butuh. Di sisi lain, kepraktisan ini bisa bikin kita dengan mudahnya membatalkan pesanan.

Eits, jangan suka begitu ya. Kalau memang kamu enggak terburu-buru, coba tunggu dulu. Hubungi pengemudi untuk mengarahkan kendaraannya ke lokasi penjemputan agar ia bisa lebih cepat sampai. Kalau kamu sudah menunggu terlalu lama atau jarak si pengemudi dengan lokasi penjemputan terlalu jauh, baru deh kamu bisa mempertimbangkan membatalkan orderan.

 

5. Bertanggung jawab atas kesalahan sendiri

Salah mengarahkan titik lokasi penjemputan? Kamu yang harus tanggung sendiri via pexels.com

Kalau kamu melakukan kesalahan yang merugikan pengemudi seperti salah memasukkan alamat, enggak sengaja memesan dua kali, atau salah memberikan instruksi, kamu wajib bertanggung jawab. Walau enggak ada peraturan resmi yang akan memberatkanmu tapi sebagai orang yang tahu adab, kamu perlu menebus kesalahanmu.

Misalnya kamu salah memasukkan alamat, jangan bersikeras untuk enggak mau bayar. Bisa jadi menurutmu nominal ongkosnya kecil, tapi bagi pengemudi bisa jadi nominalnya sangat berarti.

 

6. Tip

Etika pengguna kendaraan online
Uang tip enggak harus banyak-banyak kok via staticflickr.com

Kamu memang enggak wajib memberikan uang tip kepada pengemudi kendaraan online, tapi kalau kamu mampu, apa salahnya menyisihkan sedikit uangmu. Uang tip enggak harus banyak, yang penting layak untuk diberikan.

 

7. Jaga kebersihan

Etika pengguna kendaraan online
Tinggalkan keadaan mobil sesuai dengan keadaan awal sebelum kamu masuk ya via flickr.com

Etiket yang satu ini paling cocok dilakukan ketika kamu menggunakan taksi online. Jagalah selalu kebersihan di dalam mobil. Kalau kamu makan atau minum, jangan sampai tumpah-tumpahan dan mengotori bagian dalam mobil.

 

Demikian tadi beberapa etiket seputar menggunakan layanan kendaraan online. Pada dasarnya etiket tersebut tidak jauh beda dengan etiket saat naik kendaraan umum. Oh iya, kalau menurutmu ada etiket lain yang perlu ditambahkan, tuliskan saja langsung di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply