5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Pengusaha Pemula

Apakah salah satu resolusimu di tahun yang baru ini adalah punya bisnis sendiri? Untuk merintis usaha sendiri selain butuh keberanian juga butuh banyak menyerap pengetahuan. Pengetahuan seperti apa yang kamu perlukan? Tentu saja pengetahuan yang berguna untuk mendorong bisnismu semakin berkembang. Misalnya, kamu perlu tahu kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan pengusaha pemula. Dengan begitu kamu bisa awas dan tidak terperosok pada kesalahan yang dilakukan pengusaha pemula lainnya.

Berikut adalah contoh-contoh kesalahan pengusaha pemula tersebut.

 

1. Takut keluar uang

Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Pengusaha Pemula
via pixabay.com

Uang jadi kekhawatiran semua orang, enggak terkecuali pengusaha pemula. Banyak pengusaha pemula yang benar-benar irit mengeluarkan uang didorong dua macam pemikiran yaitu enggak boleh banyak-banyak keluar uang sampai arus kas lancar dan uang yang keluar harus jadi pendorong supaya lebih banyak uang yang masuk.

Prinsip seperti itu sebenarnya oke-oke saja selama enggak menjadi momok yang menghalangi untuk bergerak. Prinsip itu baru jadi masalah kalau dipatuhi sampai-sampai membuat pengusaha pemula takut untuk bergerak.

Supaya bebas dari ketakutan semacam itu, ada baiknya pengusaha pemula mengatur keuangan secara bijak. Pelajari untung rugi setiap tindakan yang perlu diambil sebelum memutuskan keluar uang untuk action.

 

2. Tidak punya perencanaan yang baik

Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Pengusaha Pemula
via pixabay.com

Ketika kamu sebagai pengusaha pemula merasa punya ide yang bagus, jangan terlena dengan ide tersebut. Rancang pemikiran yang matang dan terukur untuk menggarap ide tersebut. Buatlah target dan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang. Jalankan perencanaan untuk mencapai target-target tersebut. Dari situ kamu bisa mengetahui apakah langkah dan strategi yang kamu ambil sudah benar dan dapat dilanjutkan.

 

3. Terlalu banyak pertimbangan

Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Pengusaha Pemula
via pixabay.com

Sebagai pengusaha pemula kamu wajib bisa memikirkan bisnis secara menyeluruh. Kamu wajib mengerti cara merencanakan produk hingga menyediakan layanan purnajual kepada konsumen atau pelanggan.

Kok terdengar seperti manusia super ya? Kamu boleh-boleh saja kok minta saran dan pendapat dari orang lain. Tapi supaya enggak bikin bingung dan bikin banyak pertimbangan, pilihlah saran dari orang yang memang ahlinya. Seperti contoh ketika kamu bingung bagaimana mempromosikan produkmu, kamu bisa menanyakan kepada seseorang yang kamu anggap pintar dan ahli di bidang marketing.

 

4. Mempekerjakan orang yang salah

Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Pengusaha Pemula
via pixabay.com

Ketika pengusaha pemula yang sangat irit uang butuh bantuan biasanya mereka akan mempekerjakan pekerja dengan upah yang rendah. Hal tersebut akan memberikan dampak terhadap berjalannya bisnis. Pekerja yang dibayar murah pasti enggak jauh-jauh dari pekerja yang keterampilannya tidak memadai atau tidak punya pengalaman. Kalaupun punya pengalaman, bisa jadi ia tidak dapat dipercaya. Daripada bisnismu rugi gara-gara mempekerjakan orang yang salah, lebih baik mempekerjakan orang yang kompeten walau upahnya lebih mahal.

 

5. Terlalu fokus pada produk hingga mengabaikan pelayanan

Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Pengusaha Pemula
via pixabay.com

Banyak pengusaha pemula yang amat menomor satukan produk. Kesalahan ini perlu kamu hindari karena bukan hanya produk, konsumen juga mementingkan pelayanan. Beri tanggapan atas keluhan yang diberikan konsumen dengan baik. Dengan begitu nama baik bisnismu akan tetap terjaga dan konsumen tidak lari ke pesaing.

 

Yuk belajar dari kesalahan yang dilakukan pengusaha pemula lain supaya kamu enggak ikut terperosok pada kesalahan yang sama.


 

Leave a Reply