5 Video TED Talks yang Dapat Memotivasimu Agar Tidak Mudah Menyerah

TED yang ini bukan nama orang, tapi organisasi nonprofit yang rutin mengumpulkan tokoh-tokoh berbagai bidang untuk tampil memberikan presentasi singkat. Para tokoh tersebut berbicara dalam konferensi yang disebut TED Talks.

Sesuai dengan slogan TED, yakni “Ideas Worth Spreading”, topik yang disampaikan para tokoh dalam TED Talks memang sangat layak untuk dibagikan. Kalau enggak percaya, lihat video-video di bawah ini. JadiMandiri sudah memilihkan serangkaian video yang cocok untuk memotivasimu agar tidak mudah menyerah.

 

1. Passion, Purpose, Value | Rene Suhardono

Kita mulai dari TED Talks yang diselenggarakan TED cabang Indonesia. Dalam video ini, penulis yang juga career coach Rene Suhardono mengajak kita untuk bahagia sebelum membahagiakan orang lain. Caranya bagaimana? Temukan hal yang menjadi passion, tujuan, dan nilai hidupmu.

 

2. The power of vulnerability | Brené Brown

Brene Brown, profesor riset University of Houston, selama bertahun-tahun meneliti tentang rasa malu dan empati. Dalam rekaman video TED Talks-nya ini, Brene berbagi tentang temuan risetnya. Menurutnya segala sesuatu yang tidak membuat kita bahagia menjadikan kita rapuh, namun di dalam kerapuhan itu, kita bisa menemukan momentum kebangkitan spiritual. Penasaran seperti apa prosesnya? Tonton sendiri saja videonya.

 

3. What I learned from 100 days of rejection | Jia Jiang

Jia Jiang mendalami bidang yang unik. Ia merupakan pemilik perusahaan konsultan yang melatih orang untuk tidak takut menghadapi penolakan. Selain itu, Jia juga membuat rejectiontherapy.com, situs yang menyediakan inspirasi, pengetahuan, dan produk agar orang-orang dapat mengatasi rasa takut untuk ditolak.

Hal yang ia bicarakan dalam TED Talks masih dalam koridor mengatasi ketakutan atas penolakan. Ia berbagi pengalaman ketika mencoba 100 tantangan yang punya potensi besar mendapatkan penolakan dari banyak orang. Kamu harus menonton video Jia Jiang ini untuk mengetahui bagaimana penolakan bisa menjadi kesempatan atau peluang untuk mendapatkan sesuatu yang kamu impikan.

 

4. My philosophy for a happy life | Sam Berns

Sam Berns adalah penderita penyakit progeria, penyakit langka yang menyebabkan penuaan fisik dalam kecepatan yang sangat ekstrem. Perjuangan dan kegiatan sehari-hari Sam sempat direkam dalam dokumenter National Geographic berjudul Life According to Sam. Selain dalam rekaman tersebut, Sam juga sempat tampil berbicara di event TED Talks. Di video ini kita bisa mendengar ceritanya yang walaupun terserang progeria tetap bersemangat untuk terus hidup bahagia.

 

5. Overcoming hopelessness | Nick Vujicic

Nick Vujicic merupakan orang yang tepat untuk memberi inspirasi soal fokus pada apa yang kita punya daripada yang tidak kita punya. Kenapa? Sebab Nick lahir dengan kondisi banyak tidak punyanya. Ia lahir tanpa lengan dan kaki akibat sindrom tetra-amelia yang dibawa sejak lahir.

Alih-alih putus asa atas kondisinya tersebut, ia justru fokus pada hal lain yang ia miliki, seperti kemampuan berbicara. Dari situlah ia kemudian banyak diundang sebagai pembicara, salah satunya di TED Talks.

 

Itu baru sedikit dari sekian banyak video rekaman TED Talks yang ada di situs web TED ataupun di Youtube. Bukan hanya memotivasi untuk terus maju, banyak juga video TED Talks yang jenaka dan bikin penonton terperangah. Apa kamu punya video TED Talks favorit?


 

Leave a Reply