8 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara

Di Indonesia tradisi malam pergantian tahun pada umumnya orang-orang akan berkumpul bersama keluarga dan atau teman-teman sambil menyalakan kembang api dan meniup terompet. Namun di berbagai negara lainnya di dunia ada banyak tradisi unik dan berbeda satu sama lainnya. Berikut adalah tradisi unik di seluruh dunia yang menarik untuk diketahui:

 

1. Swiss

8 Tradisi Unik untuk Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara
via pixabay.com

Jika kamu pencinta es krim dan sedang traveling di Swiss pada saat malam tahun baru, jangan heran ataupun sedih jika kamu melihat banyak orang Swiss yang menjatuhkan satu sendok es krim ke lantai. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan peruntungan yang bagus di tahun depan.

 

2. Denmark

Di Denmark ada beberapa tradisi unik berbeda yang dilakukan untuk menyambut tahun baru oleh masyarakat Denmark . Seperti ada tradisi menonton film “Dinner For One” pada malam tahun baru. Lalu saat lonceng berdentang menunjukkan pergantian tahun, biasanya mereka akan loncat dari kursi atau sofa mereka bersama-sama. Semoga tidak perlu membeli furnitur baru ya setelah loncat.

Selain itu mereka akan memecahkan piring yang telah mereka simpan sepanjang tahun di depan pintu rumah orang yang mereka sayangi. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan kesetiaan, persahabatan dan harapan akan banyaknya cinta di tahun depan. Banyaknya pecahan piring di depan pintu, menandakan banyaknya teman atau saudara yang menyayangi dan mendoakannya.

 

3. Guatemala

8 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara
via pixabay.com

Ingin memiliki keuangan yang bagus dan stabil di tahun depan? Kamu bisa melakukan apa yang masyarakat guatemala lakukan yaitu ambil dua belas buah uang koin lalu keluar rumah dan berdiri di depan pintu sambil menghadap jalan. Lalu buang koin tersebut melewati pundakmu. Tradisi ini memberikan kepercayaan kalau pundi-pundi keuanganmu akan terisi di tahun depan.

 

4. Spanyol

8 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara
via pixabay.com

Tradisi malam tahun baru di Spanyol, tepat sebelum jam menunjukkan angka dua belas, setiap orang akan memakan dua belas butir buah anggur yang berbeda. Cara memakannya yaitu satu per satu yang diikuti dengan bunyi lonceng. Tradisi ini diyakini dua belas bunyi lonceng tersebut menandakan dua belas bulan yang penuh dengan keberuntungan.

 

5. Filipina

8 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara
via pixabay.com

Di Philipina ada tradisi untuk membuka semua kaca, lemari, pintu dan menutupnya tepat sebelum tengah malam dan tidak lupa menyalakan semua lampu yang ada di dalam rumah. Hal ini diyakini dapat mengeluarkan semua energi negatif yang tersimpan di dalam rumah dan menggantikannya dengan energi positif.

Selain membuka semua pintu-pintu, orang Filipina ternyata akan penuh dengan hal-hal yang berbentuk bulat. Seperti adanya buah-buahan berbentuk bulat seperti semangka, jeruk,

 

6. Belgia

8 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara
via pixabay.com

Jika di India, hewan ternak Sapi di berkati oleh masyarakat India, ternyata di Belgia hewan ternak ini juga tidak lupa diberikan ucapan selamat tahun baru oleh para peternak. Mereka akan mengucapkan “Gelukkig Nieuwjaar” ke sapi-sapi ternak mereka dengan harapan kesehatan dan kesejahteraan akan selalu menyertai mereka semua.

Selain itu anak-anak di Belgia mempunyai tradisi mengumpulkan uang untuk membeli kertas surat atau dekorasi untuk menulis surat kepada orangtua dan orangtua baptisnya masing-masing. Lalu mereka akan membacakan suratnya tersebut pada saat kumpul keluarga. Tradisi ini dinamakan “Nieuwjaarrsdag” atau New Year’s Day.

 

7. Kolombia

8 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara
via pixabay.com

Di Kolombia, banyak orang akan terlihat membawa-bawa koper kosong sebelum tahun baru. Tradisi unik ini dilakukan karena dipercaya mereka dapat sering melakukan perjalanan di tahun berikutnya. Jadi, jika tahun depan kamu ingin sering traveling, kamu bisa berjalan-jalan dengan kopermu yang kosong keliling komplek sambil menghirup udara segar.

 

8. Turki

8 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara
via pixabay.com

Pada malam tahun baru masyarakat Turki memiliki tradisi melemparkan buah Delima dari atas balkon ke arah jalanan di bawah. Jika buahnya pecah, maka nasib di tahun depan dianggap baik “pecah”.

 

Apakah kamu tahu tradisi unik lainnya di negara-negara lain pada malam pergantian tahun?


 

Leave a Reply