5 Tempat Wisata Alam Bandung yang Instagrammable

Bandung mempunyai banyak sekali destinasi yang menarik dikunjungi. Berbagai macam wisata pun bisa kita lakukan di kota berjuluk kota kembang ini, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, hingga wisata sejarah. Yang akan dibahas kali ini adalah wisata alam. Berikut 5 tempat wisata alam Bandung yang indah dan instagrammable banget.

 

1. Air Terjun Maribaya

A post shared by Yanuar 蔡文峰 (@yanuarhadi) on

Air terjun atau Curug Maribaya terletak di Kampung Cikondang, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Dari pusat Kota Bandung jaraknya kurang lebih 21 kilometer. Pemandangan alam di sana sangat asri dan udaranya pun sejuk.

Curug Maribaya ketinggiannya 15 meter dan terdiri dari tiga curug, yakni Curug Cikawari, Curug Cigulung, dan Curug Cikoleang. Orang-orang sih biasanya bermain di Curug Cikawari karena lebih dangkal dibanding curug yang lain.

 

2. Air Terjun Malela

Air terjun atau curug paling populer di Bandung ini terletak di Desa Cicadas, Kabupaten Bandung Barat. Air terjun ini terkenal akan keindahannya sampai-sampai dijuluki Niagara Mini. Ketinggian Curug Malela berkisar 60-70 meter dengan lebar 70 meter.

Curug Malela Terkenal akan keindahannya, curug ini dijuluki Air Terjun Niagara Mini. Dari pusat Kota Bandung kamu perlu berkendara kurang lebih 10 kilometer untuk mencapai Desa Cicadas. Sesampai di sana, perjalanan perlu kamu lanjutkan dengan berjalan kaki 3-4 kilometer karena lokasinya memang agak di tengah hutan.

 

3. Patahan Lembang di Gunung Batu

Nama Gunung Batu memang agak pasaran. Supaya tidak nyasar, Gunung Batu yang ini terletak di Patahan Lembang, tidak jauh dari Pasar Lembang yang terkenal dengan kemacetannya.

Walau namanya Gunung Batu, tapi tempat wisata ini enggak setinggi Gunung Papandayan ataupun Gunung Semeru. Mungkin lebih tepat disebut bukit. Puncaknya yang relatif datar biasa dimanfaatkan anak-anak muda untuk melakukan kemping bersama. Yang paling seru sih, kalau cuaca mendukung, kita bisa melihat Lembang dan Bandung dari atas sana.

 

4. Bukit Moko

Bukit Moko terletak di Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung. Kalau dari Kota Bandung kira-kira jaraknya 15 kilometer. Di sini terdapat restoran yang asyik menikmati keindahan Kota Bandung dari ketinggian.

Kalau ingin berlama-lama kamu bisa berkemah sebab tersedia area perkemahan yang cukup luas. Kalaupun enggak membawa kemah, kamu bisa menyewa tenda dan kayu bakar untuk membuat api unggun.

Waktu yang cocok untuk menikmati wisata Bukit Moko adalah sore sampai dengan malam hari. Pada saat itu kita bisa melihat matahari terbenam yang kemudian berganti oleh pemandangan Kota Bandung berhias jutaan lampu.

Harga tiket masuk ke Bukit Moko adalah 15 ribu rupiah. Kalau ingin berjalan menanjak sampai ke puncak ada tambahan biaya sebesar 8 ribu rupiah.

 

5. Tebing Keraton

A post shared by PriyatnAsep (@priyatna_a) on

Tebing dengan ketinggian 1.200 mdpl ini terletak di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Bandung. Pastikan kamu berhati-hati karena jalan menuju tempat ini cukup curam dan berbatu-batu. Udara di sana juga cukup dingin jadi pastikan kalian membawa jaket yang agak tebal.

Di Tebing Keraton kamu dapat menikmati indahnya sunrise dan sunset. Kalau ingin melihat sunrise jangan lupa membawa perlengkapan yang memadai sebab penerangan di sana saat subuh cukup minim. Harga tiket masuk ke tempat ini adalah 12 ribu rupiah per orang plus biaya parkir 5 ribu rupiah untuk motor atau 10 ribu rupiah untuk mobil.

 

Sungguh indah alam negeri kita. Dari kelima tempat wisata di atas, kamu paling suka yang mana? Atau kamu punya rekomendasi tempat wisata lain yang tidak kalah menarik? Share di kolom komentar ya.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari pembaca. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply