Snapseed versus VSCO, Mana Aplikasi Edit Foto yang Lebih Oke?

Produsen smartphone semakin getol meningkatkan kemampuan kamera smartphone. Salah satu brand bahkan punya produk yang mereka pasarkan dengan embel-embel selfie phone alias ponsel yang kemampuan khususnya untuk swafoto.

Secanggih-canggihnya smartphone kadangkala hasil jepretanmu enggak sesuai ekspektasi. Di sinilah peran aplikasi edit foto dibutuhkan. Dari banyak aplikasi edit foto yang beredar di luar sana, JadiMandiri mencoba membandingkan dua aplikasi yang populer saat ini: Snapseed dan VSCO.

 

 Snapseed

 

Snapseed adalah aplikasi edit foto yang sekarang banyak digunakan oleh pengguna Android dan iPhone. Aplikasi ini bisa kamu unduh gratis di Play Store ataupun App Store. Snapseed punya banyak fitur dan filter serta mudah digunakan.

Fitur yang tersedia di Snapseed antara lain tune image, details, crop, totate, transform,white balance, brush, selective, healing, vignette, text, curves, dan expand. Sedangkan untuk filter yang ada di aplikasi ini antara lain lens blur, glamour glow, tonal contrast, HDR scape, drama, grunge, grainy film, vintage, retrolux, noir, black & white, frames, dan double exposure.

Kamu enggak perlu bingung dengan banyaknya menu yang ada. Kalau kamu senang mengutak-atik ponsel dan mengedit foto, aplikasi ini sangat menunjang kreativitasmu untuk menjadikan foto lebih hidup dan menarik.

Dengan berbagai fitur dan filter tersebut kamu bisa mengatur pencahayaan secara keseluruhan atau spesifik di area tertentu, mempertajam gambar, memperluas bidang gambar, membuat double exposure (dua foto berbeda dalam satu frame), menambahkan teks di foto dan masih banyak lagi.

 

VSCO

 

VSCO adalah aplikasi yang tergolong komplet. Aplikasi ini punya fitur kamera, editor foto, dan berbagi foto. Filter dalam VSCO disebut dengan nama presets. VSCO dilengkapi dengan beberapa presets gratis, namun ada juga koleksi presets yang berbayar.

Cukup dengan mengeklik presets yang kamu suka, tampilan dan nuansa fotomu akan berubah total. Kamu bisa juga mengedit foto lebih lanjut menggunakan pengaturan manual. Untuk mengedit dengan mode manual, kamu akan menemukan ikon-ikon yang tidak punya caption, jadi kamu perlu mengeklik untuk mengetahui nama dan fungsinya.

 

Apakah kamu sudah pernah mencoba dan membandingkan dua aplikasi edit foto yang terbilang populer di atas? Kalau sudah, kamu lebih suka yang mana: Snapseed atau VSCO?


 

Leave a Reply