5 Tips Memilih Kartu Kredit untuk Traveling Bagi Kamu yang Suka Melancong

Bagi kamu yang suka melancong entah untuk keperluan bisnis atau liburan pribadi perlu mempertimbangkan untuk punya kartu kredit. Kartu kredit dapat memudahkan perjalananmu. Dengan kartu kredit kamu lebih mudah untuk pesan tiket atau tiket. Kamu juga bisa membuat diri lebih aman karena enggak perlu bawa uang tunai banyak-banyak.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana cara memilih kartu kredit terbaik untuk traveling? Tawaran dari bank dan perusahaan kartu kredit kelihatannya menggiurkan semua. Supaya tidak bingung, simak tips memilih kartu kredit untuk traveling di bawah ini.

 

1. Tentukan target traveling-mu

via wikimedia.org

Sebelum pilah pilih kartu kredit terbaik, sudah pasti kamu harus tahu dulu target dan keperluanmu. Sebagai contoh, kamu lebih suka menggunakan kartu kredit untuk mengumpulkan point reward atau untuk pesan hotel? Reward kartu kredit dapat memberi keuntungan kalau kamu gunakan secara strategis.

 

2. Ketahui kebiasaan pengeluaranmu saat traveling

via pixabay.com

Sesudah menentukan target, kamu perlu mengenali kebiasaanmu saat traveling sehingga dapat mengumpulkan reward lebih banyak. Pengeluaran apa yang paling sering kamu lakukan selama traveling? Apakah kamu sering menggunakan layanan dari perusahaan tertentu? Apakah perusahaanmu sudah bekerjasama dengan maskapai tertentu sehingga semua perjalanan bisnis selalu menggunakan maskapai tersebut?

Kalau sudah memetakan kebiasaan pengeluaranmu, baru deh kamu bisa menentukan kartu kredit mana yang sebaiknya kamu pilih.

 

3. Bonus pendaftaran yang besar

via pixabay.com

Dari sekian banyak kartu kredit, pilihlah kartu kredit yang memberikan bonus pendaftaran besar. Bonus seperti itu baik untuk meningkatkan poin mileage-mu sehingga kamu lebih cepat dapat bonus penerbangan gratis. Jadi cek dan cermati baik-baik ya keterangan bonus pendaftaran di kartu kredit.

 

4. Bonus poin reward dan berbagai keuntungan tambahan

via staticflickr.com

Kartu kredit terbaik untuk traveling adalah kartu yang sering memberi poin reward dan memberi poin ekstra ketika kamu berbelanja. Secara umum ada dua jenis kartu kredit untuk travel. Kedua jenis kartu ini menawarkan bonus dan keuntungan yang berbeda.

Kartu kredit jenis pertama adalah kartu hasil kerjasama perusahaan kartu kredit dengan perusahaan yang bergerak di bidang perjalanan seperti maskapai, hotel, atau penyewaan kendaraan. Kamu akan mendapatkan berbagai kemudahan ketika menggunakan jasa yang diberikan oleh perusahaan mitra tersebut.

Sebagai contoh, kamu memilih kartu kredit hasil kerja sama dengan maskapai X. Setiap kali kamu terbang menggunakan maskapai X, kamu akan mendapat pelayanan khusus seperti jadi penumpang prioritas untuk boarding, pemeriksaan keamanan bandara yang lebih cepat, gratis biaya bagasi, dan sebagainya.

Kartu kredit jenis kedua adalah kartu kredit travel umum. Kartu kredit ini memungkinkan kamu untuk mengumpulkan poin dan memindahkannya ke kartu perusahaan mitra. Biasanya kartu jenis ini punya banyak perusahaan mitra dan tidak mengikat kerja sama eksklusif dengan satu perusahaan saja.

 

5. Biaya transaksi luar negeri

via staticflickr.com

Kebanyakan kartu kredit mengenakan biaya tambahan tiga persen dari transaksi ketika kamu gunakan di luar negeri. Kalau kamu suka traveling keluar negeri, biaya itu tentu perlu kamu perhitungkan. Jadi, pilihlah kartu yang biaya transaksinya rendah atau bahkan gratis dan kursnya menguntungkan. Kekurangannya, kartu seperti itu biasanya enggak memberikan reward yang besar saat dipakai jalan-jalan.

 

Demikian tadi tips memilih kartu kredit untuk traveling. Apakah kamu sering menggunakan kartu kredit sewaktu traveling? Yuk berbagi cerita di kolom komentar.


 

Leave a Reply