5 Film Animasi dengan Pesan yang Baik dan Mendidik

Masa liburan seperti sekarang biasanya film animasi banyak berseliweran entah di TV ataupun di bioskop. Bisa juga kamu mengunduhnya sendiri untuk jadi pengisi masa liburan. Selain kocak dan jenaka, film animasi juga banyak yang menyajikan pesan yang oke. Berikut beberapa contoh film animasi dengan pesan yang baik dan mendidik.

 

1. Kung Fu Panda

 

“There is no secret ingredient. To make something special, you just have to believe it’s special”

Angsa penjual mi yang juga ayah angkat si panda Po, Mr. Ping, mengatakan tidak ada bumbu rahasia di dalam mi yang ia buat selama ini. Untuk membuat sesuatu yang spesial hanya butuh rasa PERCAYA bahwa hal tersebut adalah istimewa.

“Quit. Don’t quit. Noodles. Don’t noodles. You are too concerned with what was and what will be. There’s a saying: “Yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift. That is why it is called the ‘present’”

Kata-kata ini diucapkan oleh Master Oogway, suhu berwujud penyu. Tentu di dalam kehidupan kita selalu dihadapkan oleh masalah dan pilihan, tapi terkadang kita hanya fokus dengan masa lalu dan masa depan. Ini yang membuat kita melupakan bahwa kita hidup di masa sekarang. Sekarang adalah waktu terbaik, maka sekarang adalah hadiah.

There are no accident

Kata-kata ini kembali diucapkan oleh Master Oogway. Kalau dalam bahasa Indonesia sehari-hari kira-kira artinya, “Percaya aja deh. Enggak ada sesuatu yang kebetulan.” Semua yang kita alami pasti sudah ada mengatur dan pasti ada hikmah di belakangnya. Kita harus selalu berpikir positif atas segala sesuatu yang kita hadapi.

 

2. The Lion King

“Oh yes, the past can hurt. But the way I see it you can either run from it or learn from it”

Ini adalah kata-kata bijak dari Rafiki, si monyet dukun (mandrill) kepada Simba. Dari perkataannya itu kita belajar untuk tidak terpaku dengan masa lalu. Kalau masa lalu yang kita alami menyakitkan, cobalah move on, dan petik pelajaran dari sana.

“Hakuna matata”

Ungkapan ini berasal dari bahasa Swahili yang kira-kira artinya jangan khawatir. Hidup memang keras, tapi bukan berarti kamu harus menderita karena khawatir. Hidup adalah pilihan. Kamu bisa memilih untuk bahagia atau membiarkan rasa khawatir menguasai hidupmu.

 

3. Inside Out

Film ini mengisahkan tentang Riley dan lima emosi yang ada dalam dirinya yakni Joy (bahagia), Sadness (sedih), Anger (marah), Disgust (jijik), dan Fear (takut). Di film ini kita bisa melihat bagaimana Joy berusaha untuk menjaga Riley tetap jadi anak yang periang meski lingkungan baru Riley tidak sesuai dengan ekspektasi.

Dari sini kita bisa belajar untuk melihat suatu hal dari perspektif yang berbeda dan lebih luas. Hal-hal yang seringkali tidak sesuai ekspektasi seringkali menjadi cara semesta menguji kita untuk semakin dewasa dalam bersikap.

 

4. Up

Impian Carl dan mendiang istrinya adalah tinggal di Paradise Falls. Impian itu baru bisa terwujud ketika ia sudah tua. Keputusannya yang terbilang nekat menciptakan petualangan baru ditemani bocah Russel. Dari film ini pesan yang bisa kita ambil seperti:

  • Kamu tidak pernah terlalu tua untuk mencapai impian. Jangan pernah melupakan impianmu. Mungkin butuh waktu lama untuk mewujudkannya, namun dengan usaha dan tekad, impianmu pasti bisa terwujud.
  • Rumah adalah di mana tempat cinta berada. Rumah yang penuh dengan kehangatan pastinya akan selalu membawamu kembali untuk pulang.
  • Jangan takut berpetualang. Kamu tidak akan tahu apa yang akan kamu dapatkan. Mungkin lebih dari apa yang kamu pernah bayangkan.

 

5. Snoopy and Charlie Brown: The Peanuts

Film animasi Snoopy, Charlie Brown, dan kawan-kawan dalam bentuk tiga dimensi ini rilis tahun 2015 lalu. Film ini punya pesan tentang persahabatan yang sangat bagus. Snoopy selalu mendukung Charlie Brown dan mencintainya apa adanya. Ia selalu ada untuk membantu dan mendukung ketika Charlie membutuhkannya.

Dari banyak hal yang dianggap kebahagiaan hidup, punya teman yang dekat dan akrab layak masuk dalam daftar tersebut. Punya teman yang selalu ada di masa susah ataupun senang akan membuatmu merasa lebih kuat menjalani hidup. Ingatlah untuk berterima kasih kepada teman-temanmu atas persahabatan yang sudah kalian jalani.

 

Dari banyak film animasi, film apa yang paling berkesan buatmu?


 

Leave a Reply