5 Wisata Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Kepulauan Seribu

Bagi kamu warga Jakarta, kalau jelang akhir tahun seperti sekarang ingin merasakan suasana luar kota tapi tetap masih di Jakarta, enggak ada salahnya lho kamu menyeberang ke Kepulauan Seribu. Selain letaknya enggak terlalu jauh, Kepulauan Seribu juga punya fasilitas dan objek wisata yang menarik. Enggak percaya? Simak deh beberapa macam wisata yang bisa kamu lakukan di sana.

 

1. Wisata Kemah

A post shared by @raple.s on

Kalau ingin merasakan berkemah di alam terbuka, kamu bisa ke Pulau Semak Daun atau Pulau Pari. Kedua pulau tersebut biasa jadi tujuan orang-orang yang melakukan wisata kemah. Di sana kamu enggak akan mendengar semua kebisingan khas Jakarta, yang ada hanya suara laut dan burung.

 

2. Wisata Bawah Laut

A post shared by mocho_cino (@nadamochocino) on

Kepulauan Seribu dengan gugusan pulau dan arus tenangnya merupakan lokasi yang tepat untuk melakukan snorkeling atau diving. Beberapa titik yang ciamik untuk mengamati kehidupan bawah laut di antaranya adalah Bintang Rama di Pulau Pari, Terusan Penyu di Pulau Pramuka, Pulau Sepa, Pulau Panggang, Pulau Gosong Perak dan masih banyak lagi.

 

3. Wisata Permainan

Kalau kamu mau melakukan rekreasi air yang seru dan menyenangkan, Kepulauan Seribu punya fasilitasnya juga. Pulau-pulau seperti Pulau Tidung, Pulau Putri, atau Pulau Pramuka punya wahana banana boat, sofa boat, donut boat, water bee, hingga undersea aquarium.

Hanya saja untuk menikmati wisata seperti ini kamu perlu menyiapkan kocek lebih. Biayanya lebih besar ketimbang sekadar menggelar tenda dan main gitar di pinggir laut.

 

4. Wisata Sejarah

A post shared by Yunita (@yuni989) on

Bagi kamu pencinta wisata sejarah, Kepulauan Seribu punya beberapa tempat yang cocok untuk kamu datangi, seperti Pulau Kelor dan Pulau Onrust. Pulau Kelor punya galangan kapal dan Benteng Martelo peninggalan VOC yang dibangun pada abad 17. Sisa-sisa benteng yang pernah kena hantam tsunami akibat letusan Gunung Krakatau tahun 1883 masih ada sampai sekarang.

Pulau Onrust terletak tidak jauh dari Pulau Kelor. Pulau ini sempat jadi tempat pembuangan bagi orang-orang Batavia yang terkena TBC. Pernah juga sebagai tempat karantina jemaah haji agar orang-orang yang baru pulang dari Mekkah itu tidak menyebarkan semangat antikolonial di Hindia Belanda. Saat ini bangunan yang tersisa di Pulau Onrust adalah bangunan museum bekas rumah sakit, aula bekas gereja, dan penjara.

 

5. Wisata Alam

Di Kepulauan Seribu kamu juga bisa melihat hewan yang terbilang langka seperti hiu dan penyu sisik. Kamu bisa melihat hiu dan penyu sisik itu di penangkaran di Pulau Pramuka. Selain sebagai pusat penangkaran satwa langka, Pulau Pramuka juga menjadi kawasan konservasi alam yang ditanami berbagai jenis tanaman bakau.

 

Kalau kamu sudah pernah ke Kepulauan Seribu, ayo share pengalaman kalian di kolom bawah ini!


 

Leave a Reply