5 Hewan Peliharaan yang Cocok Untuk Orang Sibuk 

Hewan kesayangan sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi manusia. Selain sebagai teman, memiliki hewan peliharaan juga memiliki banyak manfaat kesehatan jiwa dan jasmani.

Menurut studi, orang yang punya hewan peliharaan tingkat stresnya lebih rendah dari yang enggak punya. Bahkan, kini mulai banyak kantor yang memperbolehkan pegawainya membawa hewan peliharaannya untuk meningkatkan produktivitas.

Tapi, bagaimana kalau kamu sibuk terus dan enggak bisa memelihara hewan yang membutuhkan banyak perawatan? Tenang, kamu bisa melirik 5 hewan peliharaan untuk orang sibuk berikut ini.

 

1. Kucing

via pexels.com

Walau terkenal sebagai hewan manja, tapi kucing sebenarnya sangatlah mandiri. Kucing bukan makhluk sosial jadi kamu enggak wajib mencarikannya teman kucing lain.

Kalau kamu memutuskan untuk memiliki kucing, kamu hanya perlu menyediakan makanan dan air minum bersih, tempat buang kotoran yang kamu bersihkan setiap pulang kerja dan tempat yang cukup luas untuk kucingmu bermain-main.

Kucing memang makhluk mandiri, tapi sebagai peliharaan tentu saja jangan dicueki terus menerus. Tetap sayang-sayang dan ajak main kucingmu.

 

2. Parkit

via staticflickr.com

Hewan peliharaan lain yang cocok bagi orang sibuk sepertimu adalah burung parkit. Burung yang penampilannya imut ini enggak terlalu menuntut perhatianmu. Selain itu burung parkit kotorannya enggak bau jadi kamu cukup membersihkan kandangnya seminggu sekali.

Kalau kamu ingin memelihara parkit, coba deh pelihara mereka dari kecil. Mereka akan lebih mudah dekat denganmu. Kalau sudah dekat, kamu bisa menyodorkan jari ke hadapannya dan ia bakal bertengger tenang di jarimu. Ia juga bisa menirukan kata-kata yang kamu ucapkan.

Parkit adalah makhluk sosial dan ia akan menganggapmu sebagai kawanannya. Kalau kamu enggak bisa terus menerus bermain-main dengannya, coba pelihara 2 parkit supaya peliharaanmu enggak terlalu kesepian.

 

3. Ikan koki

via pixabay.com

Ikan koki atau yang bisa kita sebut sebagai ikan mas koki enggak memerlukanmu ada terus di rumah. Bahkan mereka enggak akan peduli kamu ada atau enggak selama kebutuhannya terpenuhi.

Beri ikanmu makan sekali sehari sesuai dengan kebutuhannya. Semakin besar ikanmu tentu semakin banyak makanan yang ia perlukan. Bersihkan kolam atau tangki airnya seminggu sekali. Saat membersihkan, cukup ganti seperempat air kotor dengan air bersih supaya ia tetap kenal dengan lingkungannya. Ikan koki kesayanganmu pasti sehat dan bahagia.

 

4. Ikan cupang

via staticflickr.com

Zaman dulu, anak-anak sering berburu ikan dengan warna cerah ini di selokan untuk dijadikan ikan aduan. Di alam bebas, ikan cupang memang bisa hidup di lingkungan yang airnya tidak terlalu jernih seperti selokan.

Ikan ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang sibuk atau kepingin punya peliharaan tapi terlalu malas untuk merawatnya. Cukup sediakan wadah air dan bersihkan tempat hidupnya seminggu sekali. Jangan satukan dua ikan jantan dalam satu wadah karena mereka akan beradu.

 

5. Semut

via staticflickr.com

Ini bukan bercanda. Binatang kecil penggemar makanan yang manis-manis ini bisa jadi hewan peliharaan yang seru untuk diamati. Mereka enggak perlu disayang-sayang dan hanya perlu diberi makan seminggu sekali dengan makanan apapun yang ada di rumah dan air bersih setiap beberapa hari sekali.

Sebagai wadah untuk memeliharanya, kamu bisa membeli atau membuat akuarium berisi tanah atau jel khusus. Pastikan wadahnya tertutup rapat agar mereka enggak jalan-jalan ke luar dan menghabiskan kue-kuemu. Di dalam wadah tersebut, kamu bisa melihat mereka hilir mudik membangun sarang di kerajaan semut.

Demikianlah contoh-contoh binatang peliharaan yang bisa kamu pertimbangkan kalau kamu sibuk. Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, tentu saja mereka akan lebih bahagia jika kamu berikan perhatian dan kasih sayang.


 

Leave a Reply