5 Entrepreneur Perempuan Paling Sukses di Indonesia

Sudah enggak zaman lagi kehidupan perempuan Indonesia cuma berkisar seputar dapur, sumur, dan kasur. Perempuan Indonesia harus maju dan ikut membantu perekonomian negeri, misalnya dengan jadi entrepreneur. Kalau butuh sosok untuk diteladani, kamu bisa mencontoh para entrepreneur perempuan Indonesia berikut ini.

 

1. Nyonya Meneer

Nyonya Meneer diabadikan dalam prangko via wikimedia.org

Nyonya Meneer sebenarnya adalah nama merek dagang yang digunakan oleh Lauw Ping Nio, entrepeneur perempuan yang bergerak di industri jamu. Ia membuat jamu dengan merek dagang cap potret Nyonya Meneer pada tahun 1919. Idenya bermula ketika suami Lauw Ping Nio sakit keras. Perempuan keturunan Tionghoa itu kemudian mencoba meramu jamu jawa untuk menyembuhkan suaminya. Setelah suaminya sembuh ia merasa ramuan yang ia buat tersebut dapat berguna untuk menolong orang lain.

Tahun ini sempat tersiar kabar perusahaan jamu Nyonya Meneer yang dikelola oleh generasi ketiga mengalami masalah keuangan. Beruntung pengusaha nasional Rachmat Gobel bersedia menyuntikkan dana untuk mencegah tumbangnya perusahaan yang pada 2019 nanti usianya tepat seabad.

 

2. Martha Tilaar

Entrepreneur Perempuan Ikonik di Indonesia
Martha Tilaar menerima penghargaan Lifetime Achievement dalam Martketplus Conference 2017 via marthatilaargroup.com

Sama seperti Nyonya Meneer, Martha Tilaar juga seorang entrepreneur yang bergerak di bidang jamu dan kosmetika. Pada tahun 1977, ia mendirikan PT Martina Berto, perusahaan yang menjadi induk merek-merek seperti Sari Ayu, PAC, Caring, Belia, Biokos, Mirabella, Cempaka, dan Rudy Hadisuwarno Cosmetics.

Dalam berbisnis, perempuan kelahiran Kebumen ini punya prinsip berbisnis dengan hati dan menerapkan filosofi DJITU, yakni Disiplin, Jujur, Inovatif, Tekun, dan Ulet. Keren ya..

 

3. Dewi Motik

Entrepreneur Perempuan Ikonik di Indonesia
Dewi Motika masa muda via dewimotik.com

Jiwa entrepeneur yang dimiliki Dewi Motik sepertinya menurun dari ayahnya HBR Motik, seorang pengusaha asal Palembang. Dewi Motik merupakan entrepeneur perempuan yang bergerak di usaha pelatihan kewirausahaan dan katering. Selain sebagai entrepreneur, ia juga aktif di berbagai organisasi perempuan serta bergelut di dunia pendidikan sebagai pengajar bidang kewirausahaan.

 

4. Pia Alisjahbana

Entrepreneur Perempuan Ikonik di Indonesia
Pia Alisjahbana via wikimedia.org

Perempuan kelahiran Bondowoso ini adalah sosok penting di dunia penerbitan Indonesia. Pada tahun 1972, Pia bersama Mirta Kartohadiprodjo dan Widarti Gunawan mendirikan majalah Femina. Ia juga mendirikan majalah Gadis setahun kemudian. Ini adalah cikal bakal Femina Group yang saat ini bukan hanya bergerak di bidang penerbitan tapi meluas ke usaha lain seperti radio dan agensi model.

Selain di bidang bisnis, nama Pia Alisjahbana juga harum di dunia pendidikan. Ia merupakan pendorong munculnya AMINEF (American-Indonesian Exchange Foundation), program beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di Amerika Serikat.

 

5. Susi Pudjiastuti

Entrepreneur Perempuan Ikonik di Indonesia
Susi Pudjiastuti via wikimedia.org

Nama terakhir ini pasti tidak asing lagi di telingamu. Sebelum menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan di pemerintahan Presiden Jokowi, sosok yang terlihat sangat rock n roll ini sukses membangun perusahaan yang bergerak di bidang transportasi udara dan perikanan.

Hebatnya, Susi Pudjiastuti membangun bisnisnya benar-benar dari nol. Berhenti sekolah di kelas 2 SMA, Susi putar haluan menjadi pengepul ikan di Pangandaran lalu ke ke Cirebon untuk mengembangkan bisnisnya. Dari sanalah perlahan-lahan bisnisnya berkembang sampai sekarang ini.

 

Itu tadi beberapa sosok entrepreneur perempuan Indonesia yang paling sukses dan ikonik. Kalau kamu, siapa entrepreneur perempuan Indonesia yang kamu idolakan?


 

Leave a Reply