5 Makanan Penyelamat Saat Gangguan Pencernaan Melanda

Hati-hati memilih makanan saat cuaca tidak menentu seperti sekarang. Salah makan bisa bikin kamu kena gangguan pencernaan. Bukan hanya repot karena harus bolak-balik ke toilet, gangguan pencernaan juga bisa bikin pekerjaan dan hari-harimu terganggu.

Kalau sudah seperti itu, coba konsumsi 5 makanan penyelamat saat gangguan pencernaan berikut. Mudah-mudahan perutmu bisa tenang dan aktivitas bisa kembali berjalan seperti biasa.

 

1. Pisang

makanan penyembuh gangguan pencernaan
via pexels.com

Pisang sudah digunakan selama turun-temurun sebagai obat alami untuk meringankan gangguan perut. Pisang kaya akan potasium yang berguna menggantikan potasium yang hilang saat kita dehidrasi atau muntah akibat diare. Selain itu kandungan gulanya yang tinggi memberi kita cukup kalori tanpa perlu makan banyak. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang enggak bikin enek memudahkan lidah dan perut untuk mencernanya.

 

2. Nasi

makanan penyembuh gangguan pencernaan
via publicdomainpictures.net

Seperti halnya kentang atau gandum, nasi kaya akan zat pati yang berguna membantu memberi perlindungan lapisan perut, melancarkan pencernaan, dan membuat perut nyaman. Selain itu sebagai makanan bertepung, nasi tidak tinggal terlalu lama di dalam sistem pencernaan sehingga enggak mengakibatkan asam lambung naik. Satu lagi, nasi juga bisa membantu mengatasi diare karena bersifat menyerap cairan dan memadatkan kotoran.

 

3. Teh herbal

via pixabay.com

Teh herbal berguna untuk membantu menenangkan pencernaan yang terganggu. Dari berbagai macam teh herbal, teh kamomil yang paling digemari karena dapat mengurangi peradangan dan meringankan sakit perut.

Hindari mengonsumsi teh yang mengandung kafein atau teh pepermin. Baik teh berkafein ataupun teh pepermin dapat menyebabkan asam lambungmu naik. Gangguan pencernaanmu nanti enggak selesai-selesai deh.

 

4. Pepaya

via staticflickr.com

Walau beberapa orang enggak terlalu suka dengan baunya, buah pepaya sangat efektif untuk meredakan gangguan pencernaan dan sembelit. Enzim papain dan chymopapain yang terkandung di dalamnya berfungsi membantu mencerna protein dan menetralkan asam lambung sehingga perut kita jadi nyaman. Jadi, kalau perutmu sudah mulai bergejolak, segera datangi gerobak penjual buah atau toko buah untuk membeli pepaya.

 

5. Jahe

via pixnio.com

Sejak dulu jahe sudah menjadi bahan terpercaya untuk menenangkan dan menyembuhkan sakit perut. Berbagai studi membuktikan khasiat jahe sebagai obat anti mual serta obat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa langsung mengunyah jahe segar atau makan permen jahe. Bisa juga menggunakan cara yang paling sering dilakukan, yakni menyeduh jahe lalu airnya diminum selagi suam-suam kuku. Jahe untuk diseduh enggak perlu banyak-banyak, kamu hanya perlu 4 gram jahe per hari.

 

Sudah tahu kan makanan apa yang bisa segera harus kamu dapatkan ketika gangguan pencernaan melanda? Kalau kamu punya resep lain yang enggak kalah cespleng, boleh lho berbagi ke JadiMandiri. Silakan tuliskan di kolom komentar.


 

Leave a Reply