5 Tips Mengubah Perilaku Jam Karet Menjadi Tepat Waktu

Apakah kamu sering terlambat datang ke kantor, bertemu dengan klien, atau janjian dengan teman? Kalau dengan teman mungkin mereka masih bisa menolerir kebiasaanmu tersebut, tapi kalau untuk urusan pekerjaan? Wah, perilaku jam karetmu itu bisa berakibat buruk buat karirmu.

Sebelum kejatuhan dampak buruknya, lebih baik segera perbaiki dari sekarang. Sering telat bukan penyakit bawaan kok, tapi cuma suatu bentuk kebiasaan yang terlanjur kamu pelihara dalam jangka waktu yang lama. Simak beberapa tips mengubah perilaku jam karet tersebut di bawah ini.

 

1. Kenali si pencuri waktu

Tips Agar Tepat Waktu Bagi si Jam Karet
via pixabay.com

Apa sih yang membuat kamu terlambat? Apa karena jam di rumah berbeda dengan jam yang ada di kantor? Apa karena wekermu tidak berbunyi sesuai pengaturan yang sudah kamu buat? Atau karena kamu sulit menolak pekerjaan atau masih berhadapan dengan timbunan pekerjaan saat sudah waktunya pulang?

 

2. Cermati rutinitasmu

Tips Agar Tepat Waktu Bagi si Jam Karet
via pixabay.com

Perhatikan hari-hari yang kamu jalani setiap hari. Kalau kamu selalu datang terlambat ke kantor, mungkin ada rutinitas atau pola kerjamu yang berjalan tidak benar. Bisa jadi pangkal masalahmu terletak pada kebiasaan menunda-nunda sehingga membuat pengelolaan waktumu berantakan.

Poin nomor satu dan dua ini adalah langkah awal untuk mengubah perilaku jam karetmu. Kalau sudah tahu masalahnya, tentu akan lebih mudah untuk membereskan masalah tersebut.

 

3. Buat prioritas

Tips Agar Tepat Waktu Bagi si Jam Karet
via pixabay.com

Untuk memudahkanmu mengatur waktu kamu bisa membuat daftar prioritas. JadiMandiri pernah menulis tentang Matriks Eisenhower yang berguna untuk memilah tugas mana yang harus kamu prioritaskan dan mana yang bisa kamu kesampingkan terlebih dulu. Kalau kamu merasa matriks itu terlalu rumit kamu bisa membuat pengaturan prioritas sesuai kebutuhanmu. Intinya kamu harus mampu mengatur waktu dengan baik sehingga mempermudah pekerjaan dan mengubahmu untuk tidak jam karet lagi.

 

4. Persiapkan semuanya dengan baik

Tips Agar Tepat Waktu Bagi si Jam Karet
via pixabay.com

Kebiasaan lain yang perlu kamu terapkan untuk mengubah perilaku jam karet adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Persiapkan segala keperluan yang kamu butuhkan untuk esok hari sejak malam sebelumnya. Begitu pula kalau kamu ingin pulang tepat waktu berarti kamu wajib menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu.

 

5. Lebih baik menunggu daripada telat

Tips Agar Tepat Waktu Bagi si Jam Karet
vi pixabay.com

Bangunlah pola pikir untuk datang sebelum jam yang telah ditentukan atau lebih baik menunggu daripada telat. Dengan datang lebih cepat maka kamu membangun reputasimu di mata orang lain dan juga menumbuhkan rasa penghargaan terhadap sesuatu yang akan kamu lakukan. Selain itu dengan datang lebih cepat maka kamu bisa mempersiapkan dirimu lebih matang atau memulai pekerjaan lebih cepat.

 

Semoga beberapa tips di atas berguna untuk membantu mengubah perilaku jam karetmu. Selamat mencoba.


 

Leave a Reply