5 Cara untuk Mencintai Pekerjaan Saat Jenuh Mulai Muncul

Menurut Steve Jobs, pekerjaan kita akan mengambil waktu yang sangat besar dalam hidup. Oleh sebab itu kamu perlu percaya bahwa kamu bekerja untuk alasan yang baik, dan syukur-syukur bisa mencintai pekerjaan.

Sayangnya, hal itu lebih gampang untuk diucapkan ketimbang dilakukan. Jadi kalau kamu sekarang sedang jenuh-jenuhnya dengan pekerjaan, enggak usah takut. Ada banyak cara untuk mencintai pekerjaan dan enggak terburu nafsu untuk hengkang.

 

1. Buat daftar hal-hal yang kamu suka dari pekerjaanmu

Cara untuk Mencintai Pekerjaanmu
via pexels.com

Sadar kalau ada hal-hal yang kamu sukai dari pekerjaanmu akan membuatmu bersyukur serta memberikan kekuatan menghadapi hari-hari berat yang mesti kamu lalui. Barangkali kamu punya rekan kerja yang menyenangkan, proyek yang menarik, tugas dinas yang membuatmu bisa traveling, dan lain sebagainya.

Catat sebanyak-banyaknya hal yang menyenangkan dalam pekerjaamu. Semakin banyak semakin baik. Buka catatan itu setiap kali kamu mulai merasa jenuh atau mengalami hambatan dalam bekerja.

 

2. Ketahui tujuan jangka panjangmu

via i.vimeocdn.com

Bekerja jangan asal bekerja. Pekerjaanmu sebisa mungkin dapat membantumu mencapai impian jangka panjang. Apa yang kamu anggap penting? Kenapa kamu bekerja di sini? Apakah posisimu berkaitan dengan misi hidupmu?

Kalau kamu meluangkan waktu untuk memikirkan pertanyaan-pertanyaan ini, niscaya kamu akan lebih mantap dalam bekerja. Selanjutnya kamu bisa mulai memikirkan strategi yang tepat untuk memilih proyek-proyek yang sesuai dengan impianmu. Tentukan pula tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang membuatmu bersemangat dan bisa memotivasimu.

 

3. Buat perubahan walau sekecil apapun

via staticflickr.com

Rasa jenuh dan bosan adalah akar dari semua ketidakbahagiaan di dalam pekerjaan. Kamu bisa melakukan perubahan kecil seperti mengubah ruangan kerja. Ingin perubahan yang lebih punya dampak? Ambil tantangan-tantangan baru dalam bekerja. Tantangan atau penugasan baru akan memacu adrenalin sehingga kamu bekerja lebih antusias.

Cermati posisi pekerjaanmu saaat ini untuk menemukan tanggung jawab baru yang bisa memberimu tantangan. Ambil inisiatif untuk meminta atasanmu untuk melibatkanmu. Jangan hanya menunggu untuk dilibatkan. Kalau atasanmu mengabaikan permintaanmu, pasang telinga untuk mengetahui kalau ada posisi baru atau proyek menarik yang muncul.

 

4. Tingkatkan keahlianmu

via maxpixel.freegreatpicture.com

Daniel Pink, dalam bukunya Drive: The Surprising Truth About What Motivates Us menyebutkan keinginan untuk jadi ahli atau pakar di bidang tertentu merupakan salah satu motivasi utama dalam hidup kita, termasuk dalam bekerja.

Jadi, bagaimana caranya menguasai keahlian untuk pekerjaan yang kamu lakukan? Jangan pernah berhenti belajar. Cari tahu perkembangan terbaru mengenai bidang kerjamu. Kuasai teknik atau keterampilan baru yang menunjang pekerjaamu.

 

5. Buat komunitas

via staticflickr.com

Studi menunjukkan bahwa pertemanan di kantor bisa meningkatkan produktivitas pegawai dan tentu saja meningkatkan kecintaan terhadap pekerjaan. Komitmen pegawai meningkat 35 persen ketika terjalin relasi positif satu sama lain.

Bagaimana memanfaatkan fakta ini sebagai cara untuk mencintai pekerjaan? Jadikan kantormu sebagai tempat yang nyaman untuk bersosialisasi. Buat komunitas di mana kamu bisa melakukan hobimu atau belajar keahlian baru bersama-sama.

Misalnya, kalau kamu suka musik, kamu bisa mencari teman-teman kantor yang punya ketertarikan sama dan membentuk band kantor. Kalau lebih suka kegiatan fisik, bisa memulai kelompok berlari atau bersepeda ke kantor.

 

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mencintai pekerjaan ketika rasa bosan dan jenuh mulai muncul. Kalau kamu sendiri apa yang biasanya kamu lakukan untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh seperti itu?


 

Leave a Reply