3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui untuk Mengatasi Fase Plateau dalam Berolahraga

Apakah kamu saat ini sedang menjalani program penurunan berat badan atau penambahan massa otot? Waspadalah terhadap fase plateau dalam berolahraga. Pada fase ini, kamu akan seolah-olah merasa mentok. Walau sudah menambah porsi latihan, penurunan berat atau penambahan massa otot tidak terjadi seperti yang kamu harapkan.

Tenang saja, asal tahu caranya, fase yang bikin frustasi ini bisa diatasi kok. Kuncinya, pelajari hal-hal tentang fase plateau dalam berolahraga supaya kamu bisa sukses mencapai target.

 

1. Gejala

via maxpixel.freegreatpicture.com

Seperti apa sih rasanya mengalami fase plateau? Cermati hal-hal berikut untuk memastikan kamu benar-benar mengalami fase plateau atau cuma kurang pas melakukan porsi latihan.

Gejala orang yang mengalami fase plateau dalam berolahraga antara lain energi berkurang, tidak ada peningkatan porsi olahraga dalam dua kali latihan, tidak ada peningkatan massa otot dalam 2 minggu, dan nafsu makan berkurang.

 

2. Penyebab

via maxpixel.freegreatpicture.com

Kenapa kita bisa mengalami fase plateau? Olah raga adalah kegiatan yang mendorong ambang batas fisik kita sehingga fisik berubah dan kondisi tubuh dapat meningkat. Namun caranya tergolong tidak mudah. Saat berolahraga kita memberikan tekanan pada tiap otot-otot yang ada di tubuh.

Fase plateau adalah cara tubuh membiasakan agar tidak terus menerus kepayahan setiap kali mendapat tekanan sewaktu kita berolahraga. Kalau kita tidak memodifikasi latihan, tidak merencanakan asupan nutrisi yang tepat dan mencermati keadaan tubuhmu, atau berlatih berlebihan di awal, kamu akan cepat mengalami fase plateau.

 

3. Cara menangani

via pixabay.com

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melewati fase plateau ini. Secara umum ada tiga hal yang bisa kamu lakukan, yaitu istirahat, mengubah latihan, dan mengubah asupan nutrisimu.

Pertama, istirahat. Istirahat amat penting sebab otot terbentuk ketika kita beristirahat setelah berolahraga. Tubuh memperkuat atau menebalkan otot untuk menggantikan jaringan tubuh yang rusak ketika mengalami tekanan fisik sewaktu berolahraga. Jadi, setiap 6 atau 8 minggu sekali beristirahatlah selama seminggu. Jangan berolah raga sama sekali. Selain itu, berikan tubuh tidur yang cukup setiap hari.

Kedua, modifikasi latihanmu. Kalau sebelumnya kamu selalu melakukan set latihan yang sama, coba ganti pola latihanmu. Misalnya, kalau sebelumnya kamu melatih semua otot kecil dan otot besar dalam sehari, coba sekarang selang-seling dalam sehari. Kalau sebelumnya kamu lebih menekankan olah raga dalam sekali waktu, coba pecah latihanmu beberapa kali dalam sehari. Buat tubuhmu terus berusaha untuk beradaptasi.

Ketiga, ubah asupan nutrisimu. Kalau sebelumnya kamu mengkonsumsi makanan tinggi protein, coba ubah dengan makanan yang seimbang antara protein, karbohidrat dan sayuran dalam jumlah kalori yang tepat. Bisa jadi kamu mengalami fase plateau karena tubuh memerlukan variasi nutrisi yang masuk.

 

Demikian tadi sedikit penjelasan mengenai fase plateau dalam berolahraga. Kalau kamu punya pengalaman menghadapi fase plateau seperti ini boleh lho disampaikan di kolom komentar.


 

Leave a Reply