5 Hari Belanja Online di Dunia untuk Berburu Diskon Gila-Gilaan

Fenomena belanja online merambah di mana-mana bahkan ke pelosok dunia yang jauh sekalipun. Selain mudah dan praktis, kesediaan barang secara lokal juga bukan lagi jadi hambatan berbelanja. Enggak heran muncul budaya baru yang bahkan mengalahkan hari raya, yakni munculnya hari belanja online di dunia.

Apa saja contoh-contoh hari belanja yang ditunggu-tunggu orang di berbagai belahan dunia? Simak di bawah ini.

 

1. Black Friday

Hari Belanja Online di Dunia
via staticflickr.com

Black Friday jatuh pada hari Jumat minggu keempat bulan November atau satu hari sesudah hari raya Thanksgiving di Amerika Serikat. Inilah hari di mana para pengejar diskon berburu harga terbaik. Harganya yang dipotong gila-gilaan membuat Black Friday sinonim dengan kekacauan karena orang berebut barang-barang murah.

Dulunya pembelian pada Black Friday hanya berlaku untuk pembelian langsung di tempat. Untungnya, karena belanja online semakin menggantikan belanja tradisional, Black Friday kini dapat diakses secara online oleh semua orang di seluruh dunia. Kalau kamu jeli, kamu bisa mendapatkan barang murah bahkan setelah ditambah ongkos kirim luar negeri. Asyik banget, kan? Kamu bisa sekalian menyetok untuk belanja Natal dan akhir tahun.

 

2. Cyber Monday

via staticflickr.com

Cyber Monday jatuh pada hari Senin minggu kelima bulan November atau selang tiga hari dari Black Friday. Pada hari ini orang-orang masih antusias belanja setelah hari raya Thanksgiving berakhir. Biasanya perusahaan-perusahaan masih terus memanfaatkan momentum memberikan penawaran secara online.

Menurut riset, Cyber Monday banyak dimanfaatkan oleh pembeli untuk berbelanja kebutuhan fashion dan kosmetik sehingga penawaran biasanya banyak diberikan untuk barang-barang tersebut. Saking sibuknya, situs belanja sampai bisa lumpuh saat Cyber Monday.

 

3. Click Frenzy

via wikimedia.org

Click Frenzy adalah hari belanja online di Australia yang berlangsung selama 24 jam dan diadakan setiap tahun pada Selasa ketiga bulan November. Pedagang lokal maupun mancanegara boleh bergabung dan membuat penawaran.

Hari belanja online ini punya situs sendiri. Jadi kalau kamu berniat untuk berburu barang-barang luar negeri, kamu bisa mendaftar pada situs resminya di Click Frenzy. Setelah mendaftar kamu bisa mendapatkan akses awal ke penawaran terbaru dan daftar penjual. Mulailah rencanakan segala belanjamu dari situ.

 

4. Singles Day

Hari Belanja Online di Dunia
via wikimedia.org

Ide bisnis memang bisa datang dari mana saja. Jack Ma, pendiri salah satu situs jual beli online terbesar menciptakan Singles Day memanfaatkan ketimpangan populasi di China di mana jumlah laki-laki dan perempuan sangat tidak seimbang.

Idenya, pada Singles Day atau Hari Jomblo yang diadakan setiap 11 November ini, para jomblowan dan jomblowati bisa menghadiahkan pada diri sendiri, tanpa perlu menunggu ada kekasih yang memberikan hadiah tanda cinta. Enggak heran lah ya strategi bisnis Jack Ma ini sukses besar.

Menurut Alibaba, pada tahun 2015 lalu Singles Day mampu meraup keuntungan mencapai 20 miliar dolar AS! Angka ini terus bertambah setiap tahunnya. Satu tips untuk bisa bersaing belanja lawan warga Cina yang jumlahnya miliaran itu, mereka biasanya memenuhi keranjang belanja sebelum hari besar tiba. Mereka baru menyelesaikan transaksi belanja saat Singles Day dimana diskon besar-besaran sudah berlaku.

5. Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional)

via pixabay.com

Nah! Kalau yang ini mungkin kamu sudah tahu. Apalagi kalau kamu penggila belanja online, mungkin tanggal 12 Desember sudah kamu tandai khusus di agendamu. Terinspirasi dari Cyber Monday di Amerika, para ratusan pelaku e-commerce besar di Indonesia berkolaborasi memberikan banyak penawaran menarik satu hari penuh pada tanggal tersebut.

Harbolnas ini diadakan pertama kali pada tanggal 12 Desember 2012. Diskon yang diberikan saat Hari Belanja Online Nasional lumayan banget lho! Beberapa penjual bahkan ada yang berani memberikan diskon sampai 90%.

 

Apa kamu pernah ikut berburu item incaran saat hari belanja online di dunia itu tiba? Pastikan kamu berbelanja sesuai kebutuhan dan melakukan transaksi online dengan aman ya.


 

Leave a Reply