Mengajarkan Anak Belajar Menabung dengan TabunganKu dari Bank Mandiri

Menabung merupakan salah satu langkah sederhana yang bisa kita terapkan supaya keuangan bisa lebih terencana. Tapi walaupun sederhana, menabung terbilang belum terlalu memasyarakat. Dari data yang dikeluarkan World Bank Global Findex tahun 2014, baru 36% penduduk usia dewasa di Indonesia yang punya rekening tabungan.

Pemerintah bersama kalangan perbankan terus berusaha menaikkan angka penduduk dengan rekening tabungan tersebut. Salah satunya dengan mengeluarkan produk tabungan yang syaratnya mudah dan enggak ribet. Di Bank Mandiri produk yang seperti itu adalah TabunganKu.

 

A post shared by nidi🎀cheryl (@nemonidi) on

 

Setoran awal yang ringan

Untuk membuka TabunganKu Bank Mandiri kamu hanya perlu melakukan setoran awal Rp 20 ribu plus uang ganti biaya meterai Rp 6 ribu. Sementara untuk dokumen persyaratan pembukaan rekening baru yang diperlukan hanya Kartu Tanda Penduduk (KTP). Nasabah yang membuka rekening TabunganKu akan mendapatkan buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening. Setelahnya, kamu bisa menambah saldo rekening minimum Rp 10 ribu dan kelipatannya.

Kalau kamu merasa kurang afdol cuma punya buku tabungan saja tanpa ada kartu ATM, bisa kok dapat yang paket buku tabungan plus kartu. Hanya saja setoran awal yang perlu kamu lakukan jumlahnya lebih besar, yakni Rp 500 ribu. Nantinya kamu akan menerima Kartu TabunganKu. Kartu tersebut layaknya kartu ATM yang dapat digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM Bank Mandiri manapun.

 

Berbunga dan bebas biaya administrasi

Keuntungan lain TabunganKu adalah nasabah berhak mendapatkan bunga simpanan setiap hari yang dihitung berdasarkan saldo harian. Tentunya hal ini lebih menarik dan lebih baik dibanding menyimpan uang di celengan.

Selain itu dengan saldo minimal di rekening Rp 20 ribu, kamu enggak akan kena biaya administrasi bulanan. Syaratnya rekening tersebut harus aktif, yakni ada transaksi keluar dan masuk. Kalau rekeningmu pasif selama 6 bulan berturut-turut maka akan kena biaya administrasi Rp 2 ribu per bulan.

 

Produk tabungan untuk belajar menabung

Dengan syarat pembuatan rekening yang mudah dan setoran awal yang ringan, TabunganKu dari Bank Mandiri ini cocok sekali dijadikan sarana belajar menabung bagi anak-anak. Kalau kamu ingin membukakan rekening bagi anak, adik, atau keponakanmu yang masih kecil, dokumen persyaratannya bisa menggunakan KTP-mu.

TabunganKu dari Bank Mandiri ini juga punya syarat dan ketentuan yang membatasi nasabah agar tidak sering-sering menarik uang dari rekening. Penarikan dana tabungan minimal Rp 100 ribu per transaksi dapat dilakukan sekali dalam sebulan di kantor cabang Bank Mandiri ataupun ATM secara gratis. Tapi kalau nasabah menarik dana lebih dari sekali dalam sebulan akan kena biaya Rp 5 ribu. Jadi memang lebih baik menarik dana hanya dilakukan sekali dalam sebulan.

 

Tertarik membuka rekening TabunganKu untuk digunakan pribadi atau untuk mengajarkan budaya menabung dan mengatur keuangan pada anak ? Segera datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dan dapatkan manfaatnya.


 

Leave a Reply