7 Tips Menjadi Travel Blogger yang Sukses

Siapa coba yang enggak suka dibayar untuk jalan-jalan? Mungkin itu sebabnya sekarang ini banyak orang yang tertarik untuk jadi travel blogger. Kalau kamu salah satunya, simak tips menjadi travel blogger yang sukses di bawah ini.

 

1. Buat konten yang informatif

via pixabay.com

Saat menceritakan perjalanan traveling-mu, jadikan tulisanmu bermanfaat bagi orang lain. Jangan cuma sekadar cerita pengalaman tapi berikan juga informasi yang rinci mulai dari harga tiket masuk objek wisata, jam bukanya, pilihan akomodasi di destinasi tujuan, moda transportasi yang tersedia, dan sebagainya. Tulis dengan bahasa yang santai namun tetap sesuai dengan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) agar orang nyaman sewaktu membacanya.

 

2. Lakukan hal yang menarik

via pixabay.com

Semua orang suka cerita yang seru dan enggak membosankan. Untuk menjadi traveler blogger yang sukses kamu wajib punya banyak stok cerita seru. Bagaimana caranya? Lakukanlah hal yang menantang, mempesona, dan sensasional di destinasi tujuan. Misalnya menyusuri isi gua, main bungee jumping, atau mencicipi terjun dari ketinggian ribuan meter. Walau begitu tetap ingat adab dan keamanan saat melakukan hal-hal tersebut ya.

 

3. Masukkan beberapa foto dan atau video

via pixabay.com

Agar tulisanmu tambah menarik dan orang lebih mudah menyimak cerita perjalananmu, masukkan beberapa foto ke dalam tulisan. Boleh juga dalam bentuk video. Kalaupun enggak sempat memotret selama di sana, kamu bisa mengambil foto tersebut dari internet namun pastikan kamu menyertakan keterangan sumber fotonya ya.

 

4. Rajin berkunjung ke blog orang lain

via pixabay.com

Jangan malas main-main ke blog orang lain atau yang biasa disebut dengan blogwalking. Blogwalking punya banyak manfaat, antara lain menambah pengetahuan, kreativitas, teman sesama penulis blog, hingga bisa meningkatkan jumlah pembaca blogmu.

Ketika berkunjung ke suatu blog, kamu dapat memberikan komentar di sana sambil mencantumkan pula alamat blogmu. Dengan begitu orang yang melihat komentarmu bisa mampir ke blogmu.

 

5. Promosikan tulisanmu

via pixabay.com

Selain promosi lewat blog orang lain, kamu juga perlu mempromosikan blogmu lewat semua akun media sosialmu. Sesudah menulis, bagikan link tulisanmu di akun Facebook, Twitter, atau Instagram punyamu. Aktiflah berinteraksi atau mengeluarkan unek-unek supaya media sosialmu terlihat aktif. Kamu juga bisa membagikan postingan orang lain kalau menurutmu postingan mereka menarik dan bermanfaat untuk followers-mu.

 

6. Manfaatkan SEO

via pixabay.com

Sebagai seorang bloger, kamu sebaiknya tahu tentang Search Engine Optimization (SEO). SEO berguna untuk menarik pengunjung mampir ke blogmu. Salah satu tips SEO yang bisa kamu terapkan adalah membuat judul yang spesifik dan jelas. Selain itu kamu juga bisa membuat kata kunci yang tercantum dalam judul tulisan dan permalink tulisanmu.

 

7. Rajin menulis

via wikimedia.org

Semakin banyak tulisanmu, semakin besar kemungkinan orang mampir dan membaca tulisanmu. Untuk itu biasakan rutin menulis, misalnya sebulan menghasilkan 4-10 tulisan. Tentukan juga batas minimum menulismu. Misalnya paling sedikit satu tulisan untuk setiap bulannya. Kalaupun pada bulan tertentu kamu akan merasa malas atau terlalu sibuk, sebisa mungkin tetap sempatkan waktu untuk menulis.

 

Kamu punya tips ampuh lain cara menjadi travel blogger yang sukses? Bagikan di kolom komentar ya.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply