Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Mandiri E-Money

Seiring kemajuan teknologi, sekarang kamu sudah enggak perlu lagi menyimpan uang tunai banyak-banyak di dalam dompet. Kalau mau belanja atau naik transportasi umum cukup gunakan kartu-kartu pengganti uang tunai, contohnya seperti e-money yang dikeluarkan Bank Mandiri.

Jangan keliru dengan kartu kredit Mandiri atau Mandiri debit lho ya. Untuk membeli dan menggunakan Mandiri e-money kamu enggak harus punya rekening di Bank Mandiri. Yuk, bareng-bareng kita mengenal lebih dalam produk yang satu ini.

Gaya Hidup Cashless dengan Mandiri E-Money
via bankmandiri.co.id

 

Apa itu Mandiri e-money?

Mandiri e-money merupakan produk uang elektronik yang dikeluarkan Bank Mandiri. Produk ini sudah ada sejak tahun 2009 dengan nama Mandiri Prabayar atau e-toll. Dulu penggunaannya memang terbatas untuk membayar biaya masuk tol tapi perkembangan teknologi keuangan menjadikan Mandiri e-money kini bisa digunakan untuk transaksi lainnya.

 

Cara menggunakan Mandiri e-money

Mandiri e-money sudah dilengkapi dengan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) sehingga transaksi bisa kamu lakukan cukup dengan mendekatkan atau menempelkan kartu ke mesin pembaca. Ketika kamu tempel atau dekatkan, saldo akan berkurang secara otomatis sesuai dengan nominal transaksi.

Saat transaksi kamu enggak perlu memberikan tanda tangan atau memasukkan PIN sehingga seperti sudah disebut di atas, uang elektronik ini bisa dimiliki nasabah Bank Mandiri ataupun bukan. Ingin memberikan Mandiri e-money ke orang lain? Boleh-boleh saja.

Sebagai produk keluaran bank terbesar di Indonesia, sudah jelas jangkauan Mandiri e-money sangat luas. Kamu bisa menggunakannya sebagai alat pembayaran transaksi di minimarket, supermarket, ongkos transportasi Transjakarta, Transjogja, Batiksolo Trans, kereta commuter line, jalan tol, hingga vending machine khusus e-money. Selain itu kamu juga bisa membayar tagihan rutin seperti tagihan listrik, telepon, TV kabel, dan cicilan mobil menggunakan e-money.

 

Pembelian dan isi ulang Mandiri e-money

Pembelian Mandiri e-money mirip dengan membeli voucer fisik pulsa. Harganya bervariasi tergantung saldo yang ada di dalamnya atau desain khusus yang dikeluarkan bank. Kamu bisa mendapatkannya bukan cuma di kantor cabang Bank Mandiri tetapi juga di minimarket seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, Circle-K, dan Hypermart. Sementara untuk isi ulang kamu bisa melakukannya di kantor cabang Bank Mandiri, Mandiri ATM berlogo e-money, ATM Link, aplikasi Mandiri Online, dan toko ritel seperti Indomaret atau Alfamart.

Batas penyimpanan maksimal uang elektronik ini adalah Rp 1 juta. Tenang saja tidak ada biaya administrasi atau biaya bulanan atas uang yang kamu masukkan. Walau begitu, untuk isi ulang pada mesin yang tidak dimiliki Bank Mandiri seperti ATM Bersama, atau mesin EDC selain EDC Mandiri akan dikenakan biaya tertentu.

Kartu ini enggak ada batasan masa berlakunya, tapi Bank Mandiri bisa sewaktu-waktu menutupnya. Baca syarat dan ketentuannya di sini.

 

Sesudah membaca uraian di atas sudah makin kenal kan dengan produk uang elektronik ini? Kamu biasanya gunakan untuk transaksi apa sih Mandiri e-moneymu?


 

Leave a Reply