Uji Nyalimu di 5 Lokasi Wisata Ekstrem Indonesia

Kamu suka berwisata ke destinasi alam yang indah? Kamu menyukai tantangan? Bagaimana kalau keduanya digabungkan yaitu mencoba petualangan menantang di destinasi-destinasi alam yang indah. Indonesia punya lokasi wisata yang seperti itu. Coba saja uji nyalimu ke lokasi wisata ekstrem Indonesia berikut ini.

 

Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Ketinggiannya 3.676 meter dari permukaan laut dengan puncaknya bernama Mahameru. Keindahan luar biasa gunung berapi yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Malang ini menjadikannya salah satu gunung yang paling diminati untuk dijadikan tujuan wisata.

Sebagai gunung tertinggi di Jawa, Gunung Semeru cukup berbahaya apabila didaki hingga ke puncak. Para pendaki dibatasi mendaki hingga ke Pos Kalimata demi keamanan. Untuk mendaki Gunung Semeru, para pendaki bahkan diharuskan membuat surat bermeterai dan surat yang menyatakan kondisi bahwa pendaki sedang sehat.

 

Gua Jomblang, Yogyakarta

Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang terletak di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gua ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah. Runtuhan tersebut membentuk lubang atau dalam bahasa Jawa disebut luweng sedalam 80 meter dengan diameter mulut gua 50 meter.

Pengunjung yang berani turun ke dalam gua pada pagi hingga siang hari bisa melihat sinar matahari dari langit menembus hingga ke dalam luweng. Sinar matahari membentuk tiang cahaya serta menyinari gua yang gelap gulita. Indah banget.

 

Pantai Timang, Yogyakarta

Pantai Timang terletak di wilayah yang sama dengan Gua Jomblang yakni di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terkenal akan kekstremannya sehingga syuting variety show Korea Selatan Running Man pun pernah dilakukan di daerah ini. Ikon paling terkenal pantai ini adalah kereta gantungnya.

Kereta gantung dengan panjang 98 meter dan ketinggian 9-11 meter dibuat menjadi penghubung Pantai Timang dengan Pulau Timang. Kereta ini dikerek memakai sistem katrol menggunakan tenaga manusia. Sekali naik kereta ini biayanya antara 150 ribu sampai 200 ribu rupiah. Kalau merasa kemalahan, kamu bisa uji nyali berjalan di jembatan gantung dengan biaya 100 ribu rupiah.

 

Lembah Harau, Sumatera Barat

Nah, kalau Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat ini cocoknya untuk lokasi panjat tebing. Dalam perjalanan menuju ke sana, dari jauh sudah terlihat tebing-tebing yang terbuat dari bebatuan granit. Itulah lokasi pemanjatannya. Karena kecuraman tebingnya, lokasi ini lebih cocok bagi pemanjat tebing yang sudah profesional.

 

Sungai Alas, Aceh

Kalau kamu suka wisata arung jeram atau berkayak uji keberanianmu dengan melakukannya di Sungai Alas. Sungai terpanjang di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini arusnya deras dan punya belokan-belokan yang tajam. Hutan pekat lebat Taman Nasional Gunung Leuser yang mengelilingi sungai menjadikan adrenalin kala mengarungi sungai semakin terpacu.

 

Dari 5 lokasi wisata ekstrem Indonesia di atas, menurut kamu yang mana yang paling menantang?

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply