Baru Pertama Kali Traveling ke Luar Negeri? Ini 7 Hal yang Harus Kamu Perhatikan

Pernahkah kamu bermimpi traveling berkeliling dunia? Kalau akhirnya kamu punya kesempatan traveling ke luar negeri, pasti ada rasa deg-degan tersendiri waktu mempersiapkannya. Kamu tentu enggak mau momentum pertama kali traveling ke luar negeri malah membuatmu kapok dan trauma untuk pergi lagi.

Untuk itulah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa tips aman bagi kamu yang pertama kali traveling ke luar negeri. Simak panduannya di bawah ini.

 

Siapkan dokumen perjalanan seperti paspor dan visa

via pixabay.com

Paspor adalah kartu identitas yang sifatnya internasional sementara visa adalah izin dari negara tujuan sehingga kamu diperbolehkan masuk ke dalam negara tersebut. Untuk masuk ke semua negara butuh paspor tapi tidak semua negara butuh visa. Negara-negara Asia Tenggara dan beberapa negara lain di dunia tidak mensyaratkan visa kalau kamu berkunjung ke sana untuk tujuan wisata beberapa lama.

Kalau kamu belum memilikinya, sebaiknya segera persiapkan dari sekarang. Selain mengurus paspor dan visa cukup makan waktu lama, saat memesan pesawat terbang kamu juga harus menyertakan nomor paspor dan visa.

 

Siapkan tiket penerbangan sejak jauh-jauh hari

via pixabay.com

Jangan pernah membeli tiket pesawat terlalu mendadak. Selain harganya mahal, kamu juga tidak bisa menjamin ketersediaan kursinya. Tentu kamu tidak mau dong perjalanan liburan tertunda gara-gara kehabisan tiket?

Dengan mempersiapkan tiket pesawat sejak jauh-jauh kamu bisa lebih berhemat serta lebih siap merencanakan hal-hal lainnya.

 

Contek rencana perjalanan orang yang sudah sering traveling

via pixabay.com

Bagi orang yang pertama kali ke luar negeri pasti belum punya gambaran jelas mengenai seperti apa dan mau apa di negara tujuannya. Ada baiknya kamu mencontek rencana perjalanan orang-orang yang sudah sering traveling. Kamu bisa membaca buku panduan wisata seperti Lonely Planet, membaca blog perjalanan wisata, atau menonton vlog traveling.

Jangan cuma contek rencana perjalanannya saja, perkirakan juga kira-kira berapa biaya yang harus kamu keluarkan saat berada di negara tersebut. Dengan begitu kamu bisa mempersiapkan segala keperluan finansial di sana.

 

Tukar rupiah di Indonesia saja

via pixabay.com

Menurut penuturan orang-orang Indonesia yang sudah sering traveling ke luar negeri, menukar mata uang rupiah kita di negara lain sering bikin makan hati. Money changer di luar negeri sering sekali menolak rupiah. Jadi sebaiknya kamu sudah menukarkan rupiah ke mata uang negara yang kamu tuju di Indonesia. Saat di sana nanti, kamu tidak perlu repot lagi mencari money changer.

 

Belajar bahasa Inggris

via pixabay.com

Kemampuan berbahasa Inggris mutlak kamu kuasai sebelum berangkat ke luar negeri. Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa pengantar tingkat internasional walau masih banyak juga sih orang-orang yang tidak bisa berbahasa Inggris.

Saat belajar bahasa Inggris enggak perlu sampai belajar tata bahasa yang kompleks. Pelajari saja percakapan sederhana agar memudahkanmu saat berkomunikasi dengan orang lain di negara tujuan.

 

Pesan akomodasi dari Indonesia

via pixabay.com

Saat sampai di negara tujuan di mana nanti kamu akan menginap dan bermalam? Sebaiknya akomodasi entah berupa hotel atau penginapan sudah kamu siapkan sejak dari tanah air. Saat sampai di negara tujuan kamu tidak perlu repot ke sana ke mari mencari penginapan lagi.

 

Bawa bekal makanan untuk mengantisipasi perbedaan rasa

via pixabay.com

Bagi kamu yang beragama Islam coba cari tahu apakah negara tujuanmu tersebut banyak menyajikan makanan halal atau tidak. Jika tidak, cobalah membawa bekal makanan dari Indonesia supaya kamu tidak kesulitan mencari makanan halal.

Atau bagi kamu yang memiliki perbedaan selera dengan negera tersebut, tidak ada salahnya membawa bekal agar liburanmu tidak mengecewakan.

 

Sekarang ini kesempatan untuk traveling ke luar negeri semakin mudah dan harga tiketnya pun bisa dapat yang murah. Praktikkan tips di atas agar liburanmu tidak mengecewakan.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Riski Saputra. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply