5 Alasan Main Video Game Baik Untuk Kesehatan Jiwa

Masih banyak orang yang menganggap negatif aktivitas main video game. Aktivitas seperti itu dianggap membuang-buang waktu dan hanya dilakukan oleh orang-orang pemalas.

Padahal di beberapa negara, video game sudah menjadi cabang olahraga khusus dan memberi pemasukan yang besar. Bukan itu saja, bila dilakukan dalam waktu yang wajar dan tepat, main video game baik untuk kesehatan mental. Enggak percaya? Simak deh manfaatnya di bawah ini.

 

1. Melatih kemampuan motorik dan refleks

5 Alasan Main Video Game Baik Untuk Kesehatan Jiwa
via pexels.com

Ketika bermain video game, indera penglihatan dan pendengaran benar-benar aktif. Tangan yang memegang joystick atau keyboard juga harus sinkron dengan penglihatan dan pendengaran supaya kamu dapat memainkan game dengan baik.

Sadar tidak sadar, saat bermain video game kamu melatih kemampuan motorik serta refleks. Kalau kamu rajin melatih kemampuan motorik dan reflek, sudah pasti kemampuannya akan meningkat seiring waktu.

 

2. Memberi semangat dan mengurangi stres

5 Alasan Main Video Game Baik Untuk Kesehatan Jiwa
via pexels.com

Sedang tidak bersemangat atau ingin melepas stres? Main video game bisa jadi cara untuk mengisi semangatmu kembali. Visual, suara, dan gameplay video game dirancang khusus untuk menghadirkan keseruan pada orang yang memainkannya.

Pilih saja genre permainan yang kamu suka. Apakah itu permainan puzzle seperti Candy Crush, permainan strategi seperti Civilization, atau genre permainan lainnya.

 

3. Memberikan motivasi dan melatih percaya diri

5 Alasan Main Video Game Baik Untuk Kesehatan Jiwa
via pixabay.com

Bermain video game dapat memotivasi untuk terus berusaha meraih yang kamu inginkan. Naluri kompetitifmu terus terasah. Contohnya saja ketika kamu merasa geregetan berkali-kali gagal di suatu level. Kamu akan terus mencoba dan mencoba sampai level tersebut dapat kamu taklukkan.

 

4. Belajar strategi dan membuat keputusan

5 Alasan Main Video Game Baik Untuk Kesehatan Jiwa
via pixabay.com

Kemampuan motorik dan refleks tanpa dibarengi strategi yang baik pasti ujungnya akan kalah juga. Supaya bisa menang kamu harus dapat berpikir taktis dan kreatif.

Bukan cuma itu, video game juga mendorong kita untuk detail melihat keadaan dan membaca informasi. Enggak jarang kan ada bagian tertentu dalam permainan yang mengharuskan pemain mengumpulkan informasi agar bisa lanjut ke level berikutnya. Di situlah kemampuan analitismu diuji.

 

5. Meningkatkan hubungan sosial

5 Alasan Main Video Game Baik Untuk Kesehatan Jiwa
via pexels.com

Mendorong interaksi satu sama lain adalah alasan lain main video game baik untuk kesehatan mental. Saat main video game dengan teman, keluarga, atau saudara pasti kamu enggak akan diam-diaman saja kan? Pasti ada kalanya kamu atau lawan mainmu berteriak kesal, bersorak gembira, atau iseng menertawakan pihak yang kalah. Sesudahnya kalian bisa tambah akrab.

Itu tadi beberapa alasan main video game baik untuk kesehatan jiwa. Ingat ya, main game-nya jangan sampai lupa waktu dan kewajiban. Apa permainan video game favoritmu?


 

Leave a Reply