5 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Solo Traveler

Solo traveling atau melancong sendirian bisa jadi cara yang seru untuk berwisata. Walau begitu, enggak semua orang cocok dengan cara seperti ini. Butuh skill tertentu agar pelancong dapat survive selama bertualang. Apa saja kemampuan yang wajib dimiliki solo traveler? Simak di bawah ini.

 

1. Mengambil keputusan sendiri

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Solo Traveler
via pexels.com

Kalau kamu berniat solo traveling kemampuan utama yang kamu perlukan adalah mengambil keputusan sendiri. Mulai dari destinasi mana yang ingin kamu tuju, transportasi yang digunakan, bujet yang akan dikeluarkan, dan semacamnya.

Setiap keputusan yang kamu ambil menentukan perjalananmu ke depannya. Kalau ada masalah, kamu harus siap menghadapi konsekuensinya.

 

2. Mengenali risiko keamanan

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Solo Traveler
via pexels.com

Solo traveling jelas risiko keamanannya lebih besar dibanding pergi berdua, bertiga, atau beramai-ramai. Untuk itu kamu harus selalu waspada dan tidak terlena apabila berkenalan dengan orang baru dalam perjalananmu. Cari tahu nomor kontak yang bisa kamu hubungi saat keadaan darurat. Jauhi daerah-daerah rawan kejahatan. Di sisi lain, jangan gara-gara terlalu waspada kamu jadi lupa kalau kamu itu sedang berlibur.

 

3. Menaklukan ketakutan

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Solo Traveler
via pexels.com

Bagaimana nanti kalau tidak tahu jalan? Bagaimana nanti kalau ketemu orang jahat? Bagaimana kalau nanti enggak bisa berkomunikasi dengan penduduk lokal? Dan masih banyak lagi ketakutan yang bisa muncul saat berniat solo traveling.

Kunci menaklukan ketakutan adalah informasi dan pikiran yang jernih. Kalau sudah punya dua hal tersebut, yakin deh semua ketakutan tidak beralasan bisa kamu halau dari kepala.

 

4. Mengepak barang secara ringkas

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Solo Traveler
via pexels.com

Kalau wisata beramai-ramai harus saling tunggu-tungguan, sewaktu solo traveling kamu bisa loncat tempat sana loncat tempat sini dengan bebas. Tempat yang kamu kunjungi juga bisa jadi lebih banyak.

Untuk memudahkan pergerakanmu dari satu kota ke kota lain tentulah kamu perlu punya kemampuan mengepak barang secara ringkas. Selain itu kamu juga enggak perlu capek pindah-pindah membawa banyak tentengan.

 

5. Beradaptasi dengan orang dan lingkungan baru

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Solo Traveler
via pexels.com

Aktivitas solo traveling bisa kesepian karena kamu enggak punya rekan untuk diajak ngobrol. Bagaimana caranya supaya engggak kesepian? Ajak ngobrol orang-orang yang kamu temui selama perjalanan. Kamu akan menemukan banyak hal baru yang menambah pengetahuan. Kamu juga bisa lebih mengenal dan mengerti orang lain dengan cara hidup dan cara pandang yang berbeda denganmu.

 

Apa kamu pernah jalan-jalan, wisata, atau bertualang sendirian? Kalau pernah, cerita-cerita dong pengalamanmu sewaktu menjadi solo traveler. Tuliskan di kolom komentar.


 

Leave a Reply