Kopi Wamena, Kopi Istimewa dari Tanah Papua

Indonesia merupakan surga kopi. Dari segi kuantitas, kalau pakai data Kementerian Perindustrian, Indonesia menduduki peringkat ketiga produsen kopi terbesar di dunia. Dengan angka produksi rata-rata 639 ribu ton kopi per tahun, kita cuma kalah dari Brasil, Vietnam, dan Kolombia.

Bagaimana dari segi kualitas? Enggak perlu ditanya lagi. Dalam mindset orang Barat banyak yang menyebut kopi sebagai Java, bahasa Inggris dari Pulau Jawa. Bahkan sekelompok perancang bahasa pemrograman komputer menjadikan Java sebagai nama hasil karya mereka. Inspirasinya apalagi kalau bukan dari kopi.

Walau begitu salah besar kalau beranggapan kopi Indonesia yang enak itu hanya kopi dari Jawa. Tanah air Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke menghasilkan beragam kopi yang kualitasnya setara dengan kopi dari Jawa. Salah satunya adalah kopi Wamena.

 

Ciri & Keistimewaan Kopi Wamena

via pixabay.com

Kopi Wamena merupakan varietas kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi Papua. Tercatat ada dua daerah penghasil utama kopi ini, yakni Lembah Baliem di Kabupaten Jayawijaya, Wamena dan satu lagi Lembah Kamu di Kabupaten Nabire. Perkebunan kopi di sana berada pada ketinggian 1.200 – 1.800 meter di atas permukaan laut.

Istimewanya, para mace dan pace petani kopi Wamena membudidayakan tanaman ini tanpa bantuan pupuk kimia dan pestisida. Semua dilakukan secara alami dan organik. Hasilnya, kopi yang dihasilkan benar-benar terjamin mutunya.

Kopi Wamena punya ciri derajat kekentalannya tinggi, tingkat keasamannya rendah sehingga nyaman di lambung, serta memiliki nuansa rasa khas. Kamu akan menemukan nuansa rasa cokelat, buah, ataupun rempah di tiap seruputnya.

 

Tantangan Pengembangan Kopi Wamena

via pegbintangkab.go.id

Petani kopi di Papua berjuang melawan keterbatasan. Banyak tanaman kopi yang tidak sempat dipanen karena kurang tenaga untuk mengerjakannya. Sesudah panen pun, pengolahannya tidak maksimal karena terkendala keterbatasan teknologi pengolahan. Permasalahan ini semakin komplet oleh susah dan mahalnya membawa hasil tanaman kopi untuk dijual kepada pedagang.

Bila semua permasalahan tersebut berhasil diatasi yang senang bukan cuma petani kopi saja. Taraf hidup mereka bisa meningkat sementara kamu penggemar kopi bisa mencicipi kopi Wamena dengan harga yang lebih terjangkau. Asyik banget kan…

Leave a Reply