5 Resep Herbal untuk Menjaga Kondisi Tubuh Saat Musim Hujan

Saat musim hujan udara jadi lebih lembap. Tubuh juga lebih rentan terserang penyakit. Pada saat-saat seperti itu kamu perlu lebih awas dalam menjaga kesehatan. Kalau perlu coba buat resep herbal untuk menjaga kondisi tubuh. Berikut contoh resep herbal yang bisa kamu buat.

 

1. Madu dan lemon

5 Obat Herbal untuk Musim Hujan
via pixabay.com

Saat musim hujan, banyak orang rentan terserang flu dan batuk. Kombinasi madu dan lemon berguna untuk meredakan masalah tenggorokan serta melegakan pernapasan. Selain itu madu dan lemon juga ampuh untuk menjaga kondisi serta memberikan energi bagi tubuh.

Cara membuat: Panaskan air sampai mendidih. Setelah mendidih, tunggu beberapa saat hingga suhunya suam-suam kuku. Masukkan madu organik lalu aduk rata. Tambahkan perasan jeruk lemon ke dalam air madu tersebut. Air madu lemon siap kamu minum.

 

2. Susu dan Jahe

5 Obat Herbal untuk Musim Hujan
via pixabay.com

Susu yang mengandung banyak protein serta jahe yang punya efek menghangatkan tubuh merupakan kombinasi yang pas diminum saat musim hujan. Tubuh jadi lebih hangat dan berenergi sehingga tidak gampang terserang penyakit.

Cara membuat: Haluskan seruas jahe. Panaskan susu segar di atas api sedang. Masukkan satu sendok teh jahe yang sudah dihaluskan tersebut ke dalam panci berisi susu yang dipanaskan. Tambahkan gula sesuai selera. Aduk-aduk sampai susu menggolak dan berbusa. Matikan api, lalu tuang susu ke dalam gelas. Susu jahe siap untuk menghangatkan tubuhmu.

 

3. Bawang Putih

5 Obat Herbal untuk Musim Hujan
via pixabay.com

Hidung yang penuh lendir pasti membuat kamu susah beraktivitas dengan nyaman. Salah satu cara untuk mengencerkan lendir serta melegakan pernapasanmu adalah dengan menghirup uap air yang telah dicampur dengan bawang putih.

Cara membuat: Panaskan air di dalam panci hingga mendidih. Masukkan bawang putih yang sudah dihancurkan ke dalam panci berisi air mendidih tersebut. Tunggu beberapa saat, matikan api, lalu tutup panci dengan kain tipis. Hirup uap yang keluar secara perlahan.

 

4. Daun Basil

5 Obat Herbal untuk Musim Hujan
via pixabay.com

Daun basil mengandung anti radang sehingga bermanfat untuk meredakan nyeri serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kalau perubahan cuaca menimbulkan reaksi alergi pada tubuhmu, kamu dapat menggunakan daun basil untuk meredakannya sebab daun ini juga mengandung senyawa anti gatal.

Cara membuat: Hancurkan beberapa lembar daun basil lalu oleskan ke daerah yang gatal. Diamkan selama satu jam lalu cuci dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali sehari.

 

5. Susu dan Kunyit

5 Obat Herbal untuk Musim Hujan
via pixabay.com

Kalau enggak punya jahe kamu dapat menggunakan kunyit sebagai alternatif. Kombinasi susu dengan kunyit berguna untuk meredakan gangguan pernapasan dan pencernaan, meningkatkan sirkulasi darah, serta mencerahkan kulit.

Cara membuat: Masukkan setengah sendok teh kunyit yang sudah dihaluskan ke dalam susu segar. Didihkan selama 10 menit. Tambahkan merica bubuk. Setelah mendidih, tiriskan. Susu kunyit hangat bisa segera kamu minum.

 

Itu tadi beberapa contoh resep herbal untuk menjaga kondisi tubuh saat musim hujan. Bagaimana dengan kamu? Kamu punya enggak ramuan khusus untuk disantap atau diminum saat musim hujan?


 

Leave a Reply